• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Cara Kerja SIM Card

Posted on Sabtu, 22 September 2012 - 20.54 with 10 comments

Hampir sebagian besar android menggunakan sim card atau r-uim card untuk jalur komunikasinya. Bagaimana cara kerja dari sim card tersebut? Dalam artikel ini saya hendak berbagi kepada pembaca tips-droid tentang cara kerja sim card.

Apakah SIM Card?

SIM Card atau Subscriber Identity Module Card adalah sebuah device yang memiliki chip memori portabel yang digunakan dalam beberapa model telepon selular. SIM Card juga dapat memudahkan untuk beralih ke telepon baru hanya dengan menggeser SIM dari telepon lama dan memasukan pada perangkat yang baru.

SIM Card dapat menyimpan informasi seperti nomor telepon, pesan teks , dan data lain. Dapat dianalogikan seperti hardisk kecil yang dapat mengaktifkan telepon secara otomatis saat ditancapkan pada sebuah perangkat.

Ukuran SIM Card
Ukuran SIM Card pertama kali adalah 85,60 mm x 53,98 mm x 0.76 mm (Saat ini masih sering digunakan), karena perkembangan zaman, kartu ini semakin dibuat lebih kecil, tetapi hanya lebar dan panjangnya saja yang berubah. Menjadi 25 mm x 15 mm.

Jika android anda hanya mendukung micro SIM Card, anda dapat mengubah SIM Card anda menjadi micro SIM Card dengan cara:
1. Menggunakan Micro SIM Cutter
2. Memotong dengan cara manual

Teknologi SIM Card
Simcard terdiri dari sebuah kotak dengan dimensi tertentu biasanya adalah 1 cm persegi dan berbasis emas pembalut, hal ini digunakan karena emas adalah konduktor yang paling baik di bumi.
Gambar di atas adalah menjelaskan tentang proses fabrikasi pada SIM Card. Biasanya digunakan dalam beberapa industri tertentu misalnya salah satunya adalah industri telekomunikasi. karena metode ini dapat dikembangkan menjadi “Cryptographic smard card”. Computer security merupakan hal yang sangat berpengaruh pada kegunaan simcard ini dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

SIM Card terdapat 3 sumber listrik untuk mengoperasikan sim card ini, yaitu   5 v, 3 v, 1.8 v. (ISO/IEC 7816-3 klas A, B, dan C.) SIM Card pertama di buat pada tahun 1998, dengan kartu Munich smart Giesecke & Devrient menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan nirkabel Finlandia Radiolinja.

SIM Card beroperasi seperti otak digital dari ponsel. Kapasitas encoding dan validasi SIM Card memungkinkan anda untuk mencegah ponsel anda dari yang dirampok atau kesalahan penanganan dan TTE anda - TTE dari yang eavesdroped. 
Selain itu SIM Card memiliki mikroprosesor yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan data. Memori tambahan dimasukan untuk memberikan fitur seperti pesan singkat yang disimpan pada SIM Card, sehingga SIM Card dapat menyimpan data pribadi, informasi penagihan dan ID pengguna dapat dipertukarkan antara ponsel. Oleh karena itu, anda bisa mendapatkan panggilan pribadi mudah masih sambil membuat penggunaan telepon orang lain hanya dengan memasang SIM Card anda yang unik dalam ponsel android. Beberapa operator ponsel diletakkan di pasar ponsel dalam kondisi terkunci yang terkunci di dalamnya dengan SIM Card atau operator spesifik tertentu. Jika ponsel android anda telah dikunci oleh operator, maka anda tidak dapat menggunakan berbagai SIM Card dengan kecuali atau jika tidak, anda dapat membuka ponsel anda.

Jika SIM Card anda negara tertentu, maka kemungkinan besar bahwa hal itu dapat beroperasi hanya di negara yang telah berasal. Sebuah U. eksplisit S SIM Card dapat menawarkan cakupan dibatasi bepergian melalui Asia. 

Sebagian besar SIM Card terbatas pada wilayah tertentu atau negara memiliki voice mail sehingga pemanggil dapat meninggalkan anda dengan pesan dalam kasus ponsel android anda dimatikan atau jika tidak terjangkau.

Tambahan:
Simcard menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Ki, Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya. 
Sebuah Mobile Phone SIM Card Backup perangkat memungkinkan pengguna untuk data SIM cadangan membantu anda untuk tidak pernah khawatir tentang kehilangan informasi penting.

Sistem operasi SIM Card
Sistem operasinya ada 2 jenis yaitu, Kartu asli dan kartu java. 
-SIM Card asli didasarkan pada bawaan produk, software vendor tertentu sedangkan kartu java merupakan subset dari bahasa pemograman yang ditunjukan untuk embedded device.  
-Kartu java memungkinkan SIM Card berisi pemrograman dan hardware yang bisa diinstal terus.
Bagian SIM Card:
VCC : Power supply input

RESET : Either used itself (reset signal supplied from the interface device) atau merupakan kombinasi dengan sirkuit kontrol reset internal (optional use by the card). Jika internal reset telah ada maka supply tegangan di Vcc wajib dipakai, ini juga merupakan sinyal frekuensi yang memicu atau mengatur ulang semua proses sinkronisasi.

CLOCK : Clocking or timing signal (optional use by the card). Sinyal frekuensi clock yang sedang melakukan sinkronisasi ke data digital untuk membuat sinyal data dalam rangka mentransfer atau mengirim dan menerima informasi data.

GND : Ground (reference voltage).

VPP : Programming voltage input (deprecated / optional use by the card).

I/O : Input or Output for serial data to the integrated circuit inside the card


Dalam tata letak Simcard Konektor Interface terhubung langsung ke Simcard Kontrol Circuit. 

Simcard Kontrol Circuit adalah:
Salah satu menghasilkan frekuensi CLOCK yang memicu penyimpanan data Simcard, setelah Simcard sekarang sedang dipicu, maka maka sekarang mengirimkan informasi data ke prosesor aplikasi untuk memulai proses dengan. Prosesor aplikasi adalah salah satu yang mengumpulkan semua data informasi dari memori Simcard, memulai dan mengaktifkannya, jika semua informasi dalam status yang diinginkan. 
Ketiga baris tertentu dari sinyal arus terkait dalam rangkaian menunjukkan bagaimana sinkronisasi sedang diterapkan. Jika salah satu garis yang memotong proses pengiriman dan penerimaan akan rusak, dan akan mengakibatkan masalah masalah Simcard. Power Supply Voltage melalui Simcard juga tetap stabil dinyatakan kurangnya voltase tidak akan mengaktifkan Simcard untuk bekerja. 
Alur kerja dari bagian sim card ini adalah:
Dari Konektor simcard > Emif Simcard > Ic Power
ini berlaku untuk semua ponsel android maupun ponsel non android.
Pin penting pada SIM Card harus kita perhatikan karena semua pin tersebut harus dalam keadaan tersambung satu sama lainnya sesuai dengan jalur yang dilalui, kecuali jalur NC atau not connected yang tidak terkoneksikan.

Jika SIM Card rusak atau hilang?
Jika SIM Card anda rusak atau hilang, anda dapat melakukan penggantian dengan cara menghubungi pihak operator yang anda gunakan. Pada operator tertentu tidak ditarik beban biaya untuk penggantian (namun terkadang ditarik beban biaya namun relatif murah) dan biasanya setelah kartu diganti maka pulsa anda akan ter-reset menjadi 0 untuk pra bayar, namun untuk pasca bayar, pulsa yang telah anda pakai tetap.

Sumber: dari berbagai artikel yang saya cari di google dan beberapa penambahan dari buku.
Judul Cara Kerja SIM Card
Deskripsi Hampir sebagian besar android menggunakan sim card atau r-uim card untuk jalur komunikasinya. Bag...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

10 komentar:

  1. Keren gan, kunjungi & komen di http://ilmu-android.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Terima kasih udah kunjung blog ane :D

    BalasHapus
  3. Hmmm......keknya aq kenal ma yg barusan komentar ini...koq ada bau2 panda ye :P

    BalasHapus
  4. wiihh.... baru nemu artikel kyagni... nambah lgi informasi tntang teknologi :-D thank dh sharing

    BalasHapus
  5. Sama2 gan, terima kasih jg udah brkenan berkunjung dblog saya dan berkenan follow @droidindonesia dtwitter :-)

    BalasHapus
  6. siiiip banget . menambah ilmu

    BalasHapus
  7. rumit jg ya komponen sm kinerja dari sim card, padahal bentuknya kecil.
    begitu jg dgn micro sd bentuknya jg chip

    BalasHapus
  8. Terima kasih gan sudah berkenan berkunjung di blog ane :D

    BalasHapus
  9. klo andromax i bisa gak?

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger