• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mengenal Superuser Android

Posted on Sabtu, 19 Januari 2013 - 21.58 with 26 comments

Bagi anda yang pernah root perangkat android, aplikasi superuser tidak asing lagi. Apakah superuser tersebut? Pada artikel ini tips droid hendak berbagi kepada anda tentang superuser pada android. Mari kita berbagi bersama.

Android merupakan sistem operasi perangkat bergerak berbasis pengembangan linux, oleh karena itu aktifitas pada android tidak jauh dari linux. Oleh karena itu jika pada linux anda mendapatkan istilah "root" dan "sudo/superuser do", maka pada android anda akan mendapatkan istilah yang sama. Pada artikel sebelumnya tips droid telah berbagi tentang seputar root android dan artikel ini berkaitan dengan artikel tersebut.

Apakah superuser?
Superuser adalah istilah yang digunakan untuk memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem". Jadi buat apa ada Super User jika setiap user dengan mudah menguasai sistem? Bukankah ini berlawanan dengan masalah keamanan? Sebagai contoh: seorang user biasa dapat menjadi SU maka ia dapat mengubah sendiri konfigurasi sistem sesuai keinginan user tersebut.

Apakah superuser pada android?
Superuser pada android menyerupai pada linux, dimana anda akan mendapatkan akses superuser untuk "menguasai sistem". Namun secara awam pada android, superuser dikenal dalam bentuk aplikasi, walaupun berbentuk aplikasi, sebenarnya superuser sendiri lebih bertitik berat pada akses user biasa untuk dapat "menguasai sistem" bukan nama aplikasi tersebut.

Aplikasi superuser adalah aplikasi yang mengelola apakah aplikasi pada perangkat yang telah anda root memiliki akses ke sistem sebagai superuser. Aplikasi yang diberikan su memiliki izin tertinggi untuk dapat memodifikasi hampir semua bagian dari sistem. Aplikasi ini pada awalnya ditulis oleh zinx, dan developer chainsDD mengambilnya dan membuatnya lebih bisa digunakan. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, Superuser.apk dan binary su.

Superuser.apk berjalan sebagai aplikasi lainnya dan memberikan Anda, pengguna, tempat untuk melihat apa aplikasi yang telah diizinkan atau ditolak, serta melihat log apa aplikasi telah menggunakan su saat.

Binary su adalah apa aplikasi lain, jika mereka membutuhkan hak superuser. Biner memeriksa database yang dikelola oleh Superuser.apk untuk menentukan apakah anda telah memberikan hak untuk meminta aplikasi, dan jika tidak memberitahu Superuser.apk untuk menampilkan prompt meminta izin kepada anda.
Aplikasi superuser biasa muncul pra-instal pada setiap ROM yang telah root. Bahkan, tanpa itu, anda tidak memiliki perangkat root sama sekali. Sebaiknya anda tidak menghapus itu, superuser berada pada partisi sistem dengan aplikasi lain yang datang pra-instal pada perangkat Anda. Hal ini dapat diperbarui  jika pengembang ROM tertentu telah menggunakan versi yang sesuai.

Dimanakah saya mendapat aplikasi superuser?
Aplikasi tersebut biasa bersama pada ROM yang telah root, atau anda dapat install / update aplikasi tersebut dari play store, untuk download silakan klik gambar di bawah ini.

Setelah mendapat akses sistem dari aplikasi superuser, apa saja yang bisa saya lakukan?
Setelah anda mendapat akses superuser dan dipermudah mengelola dengan install aplikasi superuser, maka anda dapat menguasai sistem tersebut, mulai dari edit, cut, copy, paste dan sebagainya. Pada artikel ini saya hanya menjelaskan pengenalan superuser. Untuk perintah dan langkah ataupun lainnya yang terkait dengan sistem tersebut dapat anda cari pada mesin pencari google atau artikel lain pada blog ini.

Apakah untuk mendapat akses superuser, saya harus install aplikasi superuser.apk?
Tidak, sebenarnya tidak harus superuser.apk , namun superuser.apk lebih popular digunakan dibanding cara lain. Sebagai contoh anda dapat mengunakan aplikasi superSU yang dapat anda download dengan klik di bawah ini.

Apakah superSU dan apa perbedaan superuser dengan superSU?
SuperSU merupakan alternatif lain aplikasi untuk memperoleh akses superuser selain menggunakan aplikasi superuser seperti yang telah saya jelaskan di atas. Superuser dan supersu secara fungsional sama dan nyaris tidak memiliki perbedaan, namun beberapa pendapat di forum besar android seperti pada android forum, xda dan beberapa lainnya menurut pendapat mereka, supersu memiliki fitur lebih bagus dan lebih cepat dibanding superuser pada versi 4.0 ke atas khususnya pada jelly bean, selain itu supersu memiliki akses lebih pada system yang tidak dimiliki oleh aplikasi superuser, namun secara popularitas superuser lebih terkenal dibanding supersu.

Bagaimana cara install superSU?
Cara install superSU dengan replace superuser menjadi superSU:
1.Download superSU (link ada di atas)
2.Setelah download dan install selesai, buka aplikasi supersu maka secara otomatis supersu minta ijin anda untuk melakukan update binary, klik setuju dan setelah itu akan muncul ijin dari superuser, klik allow dan biarkan update untuk beberapa saat.
3.Setelah update binary selesai, silakan keluar dari supersu. Kemudian masuk pada setting > pengaturan aplikasi. Paksa berhenti aplikasi superuser agar anda dapat uninstall superuser tersebut.
4.Setelah itu masuk pada file manajer yang memiliki akses ke sistem sebagai contoh aplikasi root xplorer atau es file manajer. Klik akses root sistem maka akan muncul permintaan ijin dari supersu untuk akses sistem. Setelah itu masuk pada system/app kemudian temukan superuser.apk lalu hapus file tersebut.
5.Setelah selesai maka icon superuser akan hilang dan akan menjadi supersu. Sebagai contoh tester untuk artikel ini, superuser (sebelum pada gambar sebelah kiri dan replace menjadi supersu pada gambar sisi sebelah kanan)


Bagaimana cara uninstall supersu?
1.Lakukan langkah di atas namun pada supersu digantikan superuser, pada langkah pertama install/update/replace binary supersu dengan binary superuser.

2.Setelah itu kemudian anda install superuser dan hapus supersu dengan cara yang sama seperti di atas.

Beberapa permasalahan yang terkadang ditemui pada superuser dan solusinya
Jika anda mengalami beberapa masalah terkait dengan aplikasi superuser sebagai contoh:
Q: superuser tidak berjalan sebagaimana mestinya.
A: pastikan aplikasi superuser dan binary berjalan, pastikan perangkat anda dalam posisi root sehingga memiliki hak akses, pastikan binary anda update. Jika masih error coba reinstall aplikasi superuser kemudian update binary.

Q: saya mendapat akses superuser namun saya tidak bisa edit/replace/delete aplikasi atau file pada system.
A: jika itu sebuah aplikasi, pastikan aplikasi editor atau file manajer memiliki permohonan ijin pada superuser dan akses sistem, jika sudah pastikan pula aplikasi tersebut tidak berjalan pada background sistem, jika berjalan cobalah untuk tutup paksa aplikasi tersebut terlebih dahulu

Q: ketika saya update binary pada superuser error.
A: jika update gagal, coba untuk clear cache aplikasi superuser dari setting>pengaturan aplikasi>superuser, jika masih gagal coba fix terlebih dahulu dengan aplikasi superuser update fixer, jika masih gagal update atau perangkat anda tidak kompatibel, cobalah update binary secara manual dengan install via cwm, file ada pada situs superuser kemudian anda download file binary terbaru sesuai dengan perangkat anda di sini.

Jika anda masih mengalami masalah selain masalah umum di atas anda dapat mencari solusi pada google atau forum android seperti XDA dapat juga menanyakan pada admin @droidindonesia atau menulis komentar pada blog ini.

Perhatian
Proses uninstall yang salah dapat menyebabkan perangkat anda kembali pada posisi unroot. DWYOR.
Judul Mengenal Superuser Android
Deskripsi Bagi anda yang pernah root perangkat android, aplikasi superuser tidak asing lagi. Apakah superus...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

26 komentar:

  1. Mau tnya dikit gan..kalo android yg udah prnh d root terus krn ada mslh n d reset (kmbali k pngaturan pabrik) apakah hh tsb kmbli unroot?

    BalasHapus
  2. masih root, kecuali ente unroot atau hapus binery n aplikasi superuser atau ente unroot manual :)

    BalasHapus
  3. gan klo msalnya hp ane tombol back am pilihannya gx fungsi setelah root gmna cara ngatas'inya ...
    mohon penjelasan ...
    hp ane samsung galaxy s3mini .

    BalasHapus
  4. Wah ane blm prnh dpt kasus Чǝлƍ kaya ğî†ΰ gan
    Sblm Ъќ fungsi ente tekan code2 sperti *#*# atau mungkin ente install ɑɑpPªª? Mhn lbh detail, Ъќ fungsi stlh root lngsung Ъќ fungsi?

    BalasHapus
  5. gen mau tanya nih. saat buka link2SD nya ada pilihan ext2, ext3, ext4 & FAT32/FAT16 lalu ane pilih FAT32/FAT16, lalu muncul
    link2sd could no obtain root access.
    if you have root access make sure you respond "allow" or "grant" to the superuser request. krn cumang ada pilihan oke ane pilih oke.
    pas ane coba create link mucul not mounted krn cumang ada pilihan oke ane pilih oke, tp g ada perubahan....
    mohon infonya gan.
    terima kasih.

    BalasHapus
  6. Nah pertanyaannya sekarang kembali ke anda, apakah perangkat anda telah dalam posisi root? Karena fitur yang anda pakai membutuhkan akses root system unt akses memerlukan akses dari superuser. Apakah ada aplikasi superuser pada perangkat anda?

    Semoga bisa membantu bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaannya sma gan ane sma anonim .. cuma hp ane sudah diroot dan dapat superusernya tapi kok setiap akses app yang membutuhkan via root ada tulisan danied nya . tapi ada app yang allow gan . cuma kebanyakan app yang daniednya . biar bisa allow gmna gan ? mohon penyerahannya . makasih :)

      Hapus
    2. waktu ada pilihan allow n deny, pilih allow? Truz waktu ROOT langkah sudah benar? Coba update binary dari aplikasi superuser. Kl masih gagal pake superuser coba pake superSU atau superuser yang lain, untuk download bisa di PS, gratis koq. Setelah download superSU, update binary dulu. :)

      Hapus
  7. Saya punya galaxy tab 2 jelly bean masih garansi jika saya pasang superusersu apa garansinya hilang?? Trima kasih

    BalasHapus
  8. Jika anda hanya "install" saja saya rasa tidak menghilangkan garansi
    Garansi akan hilang jika anda "ROOT" perangkat anda, ketika anda ROOT perangkat anda, maka secara default dan otomatis aplikasi superuser akan terinstall di perangkat anda.

    BalasHapus
  9. Kalau di root tapi tidak berhasil, aplikasi hilang. Apa bisa kembali lagi aplikasi yang hilang tersebut? Makasih

    BalasHapus
  10. Aplikasi apa gan yg dimaksud? Superuser? Kl hilang, coba root lagi, SU akan kembali, seandainya pengen ganti aplikasi tersedia macam2 koq sekarang ada superuser dr dev lain seperti supersu dll. Jgn lupa update binary juga

    BalasHapus
  11. bagaimana cara mengupdate binary su lewat cwm?...

    BalasHapus
  12. Silakan menuju thread superuser di XDA kemudian download dan lakukan install manual melalui CWM

    Untuk link thread super user XDA

    BalasHapus
  13. gan,,apa akibatnya bila install superuser di a25 tanpa root?

    BalasHapus
  14. Kl install manual superuser tanpa root ga ada akibatnya gan, tapi ente tetep aja ga bisa akses system seperti layaknya perangkat yang tanpa root (jadi ga ada efek antara pake n tidak pake). Berbeda kl ente udah root perangkat. superuser akan memberi ijin unt akses system :)

    BalasHapus
  15. Tanya gan...beberapa waktu yll..ane install superuser utk merecovery file yg terdelete...karena ane gak mau resiko, ane pengenny mau uninstall superuser tsb... trus caranya gimana gan? dan apa efek jelekny jika dikembalikan sepeeti semula

    BalasHapus
  16. Superuser unt recovery file? Setau ane sich SU berfungsi agar agan bisa melakukan akses ke system. Jadi kl tanpa SU, ente ga bisa cut, copy, paste n edit file yang ada di system

    Kl mau ilangin SU, coba uninstall tp alangkah baiknya kl anda unroot perangkat. Dengan unroot, maka otomatis SU akan ter uninstall :)

    BalasHapus
  17. Maaf gan numpang tany...klo ane mo update supersu v1.30 ke pro cranya gmana ya...trus ane dpt apk v1.30 pro..trus ane mo update dari apk yg ane download tadi tapi di tolak alasan file tidak di ketahui..itu knapa gan..apa hrus update supersu harus byr via playstore...mohon pencerahannya..ty sblymnya

    BalasHapus
  18. Kl mo update manual caranya install dulu superSU nya abis itu buka, pilih "allow" jk keluar pernyataan dr superuser yg laman, setelah itu update binary n telah jadi default superusernya. Setelah itu baru hapus SU yg lama

    Kl superuser sich pake yg free aja gpp koq gan, yg penting update n fungsi unt akses ke system dpt berjalan lancar :)

    BalasHapus
  19. gna klu hp kita udah ada super user trs gi mana cara ngejalanin nya n apa bisa di buat uniinstal aplikasi bawaan pabrik klu bisa gi mana caranya gan

    makasih atas jwban nya

    BalasHapus
  20. Kl SU ada di hp berarti HP udah dalam posisi ROOT (tp bukan berarti SU diinstall manual terus udah ROOT lho gan)
    Masuk pake explorer yg bisa akses system sperti ES File Xplorer atau root xplorer, masuk ke /device/system/app disana app bawaan ada ubah jadi read n write, ntar kl muncul notifikasi akses di "allow" baru bisa delete

    BalasHapus
  21. gan kalu gagl ngerot akibatnya pa?
    mohon di blas

    BalasHapus
  22. apa itu *#9900# bang ???

    BalasHapus
  23. Thank you min..
    Dah ga root lgi hh saya..
    Sblumnya saya udah kya gini tp tida sengaja n ga tau caranya.. Cuma klik ok ok ja..
    Thanks buanget

    BalasHapus
  24. Thanks ming dah ga root lagi.. Jd normal kembli..

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger