• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mengenal ClockworkMod Recovery / CWM Android

Posted on Jumat, 23 November 2012 - 22.22 with 53 comments

Bagi anda yang hobi custom perangkat android anda. CWM atau clockwork mod tentu sudah tidak asing lagi. Pada artikel tips droid ini, mari kita berbagi bersama mengenal tentang CWM pada android.

Pada artikel sebelumnya tips droid telah berbagi bersama tentang melakukan custom agar perangkat android anda optimal. Mari kita mulai berbagi tentang CWM.

Apakah ClockworkMod?
ClockworkMod Recovery adalah recovery sekunder untuk perangkat Android yang dibuat oleh Koush. Hal ini didasarkan dari citra pemulihan eclair. Fitur termasuk backup Nandroid, adb shell, advance update.zip (ignore asserts and signature checks) , dan file browser untuk memilih update.zip. ClockworkMod juga dikenal sebagai CWM, clockwork dan CW recovery.

Tentang Android Recovery

Hampir sebagian besar perangkat android menyertakan konsol pemulihan yang pada dasarnya dalam partisi pada memori internal perangkat dan dapat dipanggil pada saat boot. Pemulihan stock hampir semua perangkat android menyediakan pilihan dasar yang memungkinkan anda untuk mengembalikan pada setting awal pabrik / factory reset namun tidak semua dapat memulihkan sistem operasi pada ROM format zip, oleh karena itu pemulihan custom akan berguna pada saat anda membutuhkan pemulihan sistem operasi tersebut.

Sebuah pemulihan custom pada dasarnya menggantikan pemulihan stock dengan salah satu yang memungkinkan anda melakukan semua yang dapat anda lakukan dengan pemulihan stock, ditambah beberapa fitur lebih banyak pilihan untuk memberi kontrol lebih banyak pada perangkat anda. Dengan pemulihan custom, anda dapat menginstal ROM resmi dan tidak resmi serta pembaruan lainnya termasuk aplikasi, tema, kernel menggunakan file zip, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.


Pengantar ClockworkMod
Recovery ClockworkMod adalah salah satu pemulihan yang paling banyak digunakan android custom yang tersedia untuk perangkat android. Ini adalah pemulihan yang dibutuhkan untuk AOKP, AOSP, CM7, CM9, CM10 dan lainnya. ClockworkMod recovery dikembangkan oleh Koushik Dutta (juga dikenal sebagai Koush - seorang developer Android ROM Manager.


Metode Install CWM
Metode 1: Rom Manager
ROM Manager adalah cara asli dan resmi untuk menginstal clockworkMod recovery dengan file .zip. Unduh "Manajer Rom" dari play store klik gambar di bawah ini.

Metode 2: Update.zip 
Anda dapat menemukan dan download update.zip ini sendiri, letakkan di telepon di / sdcard / dan boot ke recovery. 

Metode 3 (beberapa model): Flash

Untuk beberapa model dengan flash atau mengunakan kernel dengan built in Clockwork ROM Kebanyakan dibuat untuk perangkat yang kompatibel termasuk kernel dengan built in CWM Dengan metode ini anda tidak perlu file update.zip atau Manajer Rom lagi.

Boot ke ClockworkMod
Sebagai contoh pada perangkat android yang paling banyak digunakan pengguna android yaitu Samsung, anda dapat memasukkan pemulihan dengan menyalakan perangkat Anda dan pada saat menyalakan perangkat android tekan tombol 'Volume Down' atau tombol 'Volume-Up' dan tombol 'Power' untuk menghidupkan perangkat, hal ini tergantung pada perangkat yang anda gunakan, terkadang tiap perangkat berbeda cara pemanggilan recovery tersebut, terkadang ada yang harus menyertakan dengan menekan tombol 'Home'. Untuk melihat tutorial install dan boot ke CWM, anda dapat langsung klik pada situs tertaut di bawah ini


Fitur CWM
1.Reboot system now
Reboot / restart perangkat android anda.

2.Apply update from sdcard
Hal ini dapat digunakan untuk instalasi dari setiap update resmi atau tidak resmi, ROM, kernel, tema, dll yang diinstal dalam format zip dari recovery, update.zip. File zip telah ditempatkan pada SD card (yaitu tidak dalam sub-folder). Setelah memilih opsi ini akan memunculkan konfirmasi untuk memastikan bahwa pilihan anda benar.

3.Wipe data/factory reset
Pilihan ini menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache. Memilih opsi ini sama seperti anda melakukan factory reset dari menu setting > privacy > factory reset. Semua aplikasi, setting dan data pada perangkat akan ter-reset seperti ketika anda pertama kali install ROM (untuk custom ROM) atau seperti ketika anda membeli perangkat baru (untuk stock ROM). Opsi ini tidak akan reset memory external anda.

4.Wipe cache partition
Membersihkan cache partisi pada perangkat untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan / data user. Hal ini sering digunakan sebelum menginstal ROM, aplikasi baru, kernel atau mod serupa melalui recovery.

5.Install zip from sdcard
Opsi ini memungkinkan anda untuk install file dengan format zip, namun tidak harus bernama update.zip dan tidak harus terletak pada root sd card. Setelah anda pilih opsi ini maka akan muncul beberapa opsi lagi, untuk penjelasan lanjut akan tips droid jelaskan pada gambar terkait di bawah ini.
5.1.Apply sdcard update.zip
Ini pada dasarnya sama dengan 'apply update from sdcard' pilihan menu utama. 
5.2.Choose zip from sdcard
Memungkinkan anda menginstal file zip (dengan nama apapun) dari setiap lokasi pada kartu SD Anda. File bisa untuk ROM, kernel, aplikasi, tema atau mod asalkan itu dalam flashable reocvery format zip. Ini adalah pilihan yang paling banyak digunakan untuk memasang ROM yang telah Anda download dan disalin ke kartu SD Anda. 
5.3.Toggle signature verification
Ternyata verifikasi tanda dan mematikan. Ketika verifikasi tanda aktif, anda tidak akan dapat menginstal custom ROM yang belum ditandai oleh para pengembang (custom ROM yang tidak ditandai). Mematikan itu melompat cek verifikasi tanda dan hasil dengan instalasi. 
5.4.Toggle script asserts
Jarang digunakan pilihan ini oleh sebagian besar pengguna recovery. Ini hanya mengubah skrip untuk menegaskan script tersebut akan aktif atau nonaktif. Jika anda tidak tahu tentang ini (tips droid tidak melakukan test pada opsi ini), yang terbaik adalah tidak untuk mengubah pilihan ini. 
5.5.+++++Go Back+++++
Membawa Anda kembali ke menu utama.
6.Backup and Restore 
Tidak perlu diragukan lagi, opsi ini merupakan salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery, fitur backup dan restore juga dikenal sebagai cadangan Nandroid yang memungkinkan Anda untuk mengambil data dan file dari seluruh memori internal telepon anda termasuk semua partisi, dan simpan di kartu SD. Ketika anda pilih opsi ini, maka akan muncul beberapa opsi yang akan tips droid jelaskan pada gambar di bawah ini.

6.1.Backup Data data + dbdata + cache
Membawa backup Nandroid, seperti dijelaskan di atas, baik data, dbdata dan cache. 
6.2.Restore Data
Memungkinkan anda memulihkan cadangan diambil sebelumnya. Ketika anda memilih opsi ini, akan menyajikan anda dengan daftar backup yang ada dari kartu SD yang dapat anda pilih dari untuk restorasi. 
6.3.Backup ALL
Hampir sama seperti backup data, namun opsi ini akan melakukan backup secara keseluruhan. 
6.4.Restore ALL (Be careful!)
Memulihkan data secara keseluruhan, opsi ini harap anda perhatikan secara lebih hati-hati dalam melakukan pemulihan. 
6.4.1.Advance Restore
Tergantung dari CWM baik versi maupun perangkat. Biasa pilihan ini muncul pada 'advance restore', namun terkadang muncul pada 'restore all'. Pilihan ini mirip dengan pilihan Restore tetapi sekali cadangan telah dipilih untuk dipulihkan, pilihan ini memungkinkan anda untuk memilih apa bagian itu untuk mengembalikan. Anda dapat memilih untuk mengembalikan boot, sistem, data, cache dan sd-ext partisi. 
6.5.+++++Go Back+++++
Membawa Anda kembali ke menu utama.
7.Mounts and Storage
Memungkinkan anda untuk melakukan tugas pemeliharaan pada semua partisi internal dan eksternal dari perangkat android anda. Setelah anda pilih opsi ini maka anda kembali akan dihadapkan beberapa pilihan lagi. Pilihan tersebut perhatikan gambar di bawah ini.

7.1.Mount/unmount /system, /data, /cache, /sdcard or /sd-extOpsi ini memungkinkan anda beralih antara pemasangan atau melepas partisi ini tersebut sesuai pilihan anda. Sebagian besar pengguna tidak perlu mengubah pilihan ini. 
7.2.Format boot, system, data, cache, sdcard or sd-extIni memungkinkan anda langsung memformat salah satu partisi. Berhati-hatilah dengan pilihan ini jika anda melakukan format pada salah satu partisi akan mengakibatkan kehilangan semua data pada perangkat android anda, terutama boot dan partisi sistem. Memformat partisi sistem akan menghapus ROM anda dan meninggalkan ponsel anda tanpa sistem operasi dan jika anda gagal partisi boot mungkin akan mengakibatkan brick pada perangkat anda kecuali anda mengembalikan atau flash ulang sebelum reboot perangkat anda. 
7.3.Mount USB storageMemungkinkan anda mengaktifkan USB mode penyimpan massal untuk kartu SD anda dari pemulihan sehingga anda dapat terhubung ke komputer anda melalui USB dan mentransfer file ke / dari itu tanpa harus meninggalkan pemulihan. 
7.4.+++++Go Back+++++Membawa Anda kembali ke menu utama.
8.Advanced
Bagian ini berisi beberapa pilihan sebagian besar pengguna tidak akan membutuhkan, meskipun ini sebenarnya sering dan cukup berguna, terutama wipe Dalvik cache, yang diperlukan sebelum instalasi pada sebagian ROM.
8.1.Reboot RecoveryMemungkinkan anda secara langsung dan cepat reboot dari recovery segera kembali ke recovery lagi. Ini adalah pilihan berguna untuk beberapa back-to-back instalasi yang membutuhkan perangkat untuk setidaknya satu kali booting antara mereka.
8.2.Wipe Dalvik CacheMemungkinkan anda untuk menghapus cache untuk mesin virtual Dalvik (custom-built virtual Java machine untuk Android). Ini diperlukan sebelum instalasi ROM sebagian dan pada kesempatan lain juga, untuk memperbaiki beberapa masalah.
8.3.Wipe Battery StatsMenyeka statistik penggunaan baterai disimpan dan efektif recalibrates baterai. Berguna dalam berbagai skenario saat Android tidak menunjukkan tingkat baterai yang benar.
8.4.Report ErrorDalam kasus kesalahan, fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan log  sehingga anda dapat melakukan koreksi ketika terjadi suatu kesalahan pada operasi pemulihan ClockworkMod pada kartu SD yang nanti dapat laporan dari android menggunakan Manajer ROM.
8.5.Key TestMemungkinkan anda menekan salah satu tombol perangkat keras untuk melihat apakah mereka (perangkat keras) benar berfungsi, dan untuk melihat kode kunci mereka (perangkat keras).
8.6.Partition SD CardOpsi ini memberikan anda sebuah cara untuk partisi kartu SD Anda dengan benar untuk digunakan dengan ROM yang mendukung data2ext (sangat berguna untuk perangkat yang memiliki memori internal rendah yang memungkinkan partisi pada kartu SD untuk digunakan sebagai internal  penyimpanan data yaitu sebagai partisi / data). Setelah opsi ini dipilih, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih ukuran untuk partisi / sd-ext serta partisi opsional / swap pada kartu SD, dan kemudian akan secara otomatis memformat untuk anda, meninggalkan ruang yang tersisa untuk penggunaan normal kartu SD. Pilihan ini akan menghapus semua data dari kartu SD Anda jadi gunakan dengan hati-hati!
8.7.Fix PermissionsPerbaikan izin file untuk partisi memori internal kembali ke default. Hal ini sangat berguna sebagai memperbaiki beberapa kesalahan dan force close yang mulai muncul setelah aplikasi yang diinstal dan memperbaiki akses yang mengacaukan hak akses file penting.
8.8.+++++Go Back+++++Membawa Anda kembali ke menu utama.
9.Power off
Mematikan perangkat android anda.

10.+++++Go Back+++++
Membawa Anda kembali ke menu utama.

Beberapa yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan install dari CWM:
•Periksa baterai, jangan terlalu rendah karena ketika anda melakukan flash dan baterai anda habis akan menyebabkan brick pada perangkat anda.
•Terkadang beberapa perangkat memerlukan unlocking bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi (Stock Android Devices Only).
•Device anda sudah dalam posisi rooting.
•Jangan lupa untuk tetap melakukan backup sebelum anda memulai melakukan mod pada perangkat android anda.

Sumber referensi:
Beberapa artikel di internet, buku dan hasil uji coba pada perangkat android
Judul Mengenal ClockworkMod Recovery / CWM Android
Deskripsi Bagi anda yang hobi custom perangkat android anda. CWM atau clockwork mod tentu sudah tidak asi...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

53 komentar:

  1. keren...
    sangat mendetail infonya

    Kunjungan balik dari Yuk Belajar Android

    salam android

    BalasHapus
  2. Wkwkwkwk..... thx gan atas kunjunganny
    Ane kunjungi balik blog ente dech :D

    BalasHapus
  3. min.... tau gx dimana donlot merruk kernel dan cara installnya....?

    buat galaxy young

    BalasHapus
  4. Ini baru postingan (y) berguna bngt bang info nya ;;) drtd googling ksna ksni ga nemu :"" baru ini postingan yg pas bngt buat ane :O :O

    BalasHapus
  5. punya ku bisa dibackup tapi gak bisa direstore......
    bagaimana ya??katanya gakbisa buka recovery.log nya

    BalasHapus
  6. permisi....om-om sekalian...mau tanya ni..........ada gak ya zip unu=tuk stock rom...seperti GT-S5360_LXKL3_CWMROM.ZIP...TAPI FILE nya udh gk ad lagi.....tolong bantu ya omm

    BalasHapus
  7. Search di google, XDA, samfirmware atau kaskus lounge thread gan

    BalasHapus
  8. nice blog :)
    min, mo nanya
    ne kan sy make CM 10 nah pas proses upgrade sy lupa ga wipe dalvik. pertanyaany ada yg ngaruh ga ma hh sy, coz ngrsa kurang puas krna nglewatin step itu?

    BalasHapus
  9. Wipe dalvik fungsiny unt bersihkan dvirtual java
    jd selama hh anda dpt brjalan lancar, tp step ini jg Ъќ bgt masalah koq :-)

    BalasHapus
  10. ok thx
    tambah sukses ya min.

    BalasHapus
  11. ok...makasih,kalau clockwodmod,bsa gk di galaxy y.

    BalasHapus
  12. @Amir: Anda bisa mencarinya pada XDA atau kaskus pada thread gal Y dengan bantuan mesin pencari google

    @Anonim: Thx bro :)

    BalasHapus
  13. tolong bantu tablet saya (advan T1C rooted) setelah melakukan wipe data / factory reset dan wipe cache recovery mode mengapa semua sistem dan aplikasi yang selalu keluar notifikasi paksa tutup dan tidak bisa masuk ke akun dan secara otomatis close balas via email ya gan sopian71@gmail.com

    BalasHapus
  14. ROM apa yg ente pake gan? Stock ROM? Habis di apain koq FC smua? Ada yg crash itu

    BalasHapus
  15. Ga tau lah aneh ini saya ga apa2n gan saya cuma masuk recovery original trus saya lakukan itu malah fc semua
    Ada ga ya custom rom original nya advan t1c dalam bentuk update.zip mau dikembaliin ke asal
    Terpaksa Untuk saat ini saya pake rom epad ersys merk action krn rom ori ga fungsi semua cuma bugs dibagian sdcard jadi kebaca di sdcard2

    BalasHapus
  16. kemungkinan ada yang tidak bisa di wipe pada recovery, mungkin file tersebut (bawaan tersebut) vital dan tidak tersimpan secara sempurna dan ketika anda wipe dalam artian hapus file penting tersebut ikut terhapus dan muncul fc

    coba anda backup rom dari jenis yg sama (pinjam teman) kemudian anda recover, atau lebih baik lagi kl anda bawa ke service center

    BalasHapus
  17. thanks banget gan dah dijelaskan panjang lebar..
    nice tutorial.. :)

    BalasHapus
  18. gan cara flashing clockword mod ,dengan benar,step by step ya, supaya hp ane ga ,kena trouble kaya yg diatas2 itu,
    thx gan mga tmbah,sukses,

    BalasHapus
  19. Kl unt recovery berdasarkan device gan, ada yg melalui pc
    Untuk lanjutnya agan bisa mencari tutorial sesuai dengan device agan di forum android, seperti kaskus atau android-indonesia atau dapat juga melayangkan mention ke twitter @droidindonesia

    BalasHapus
  20. wah mantep sekali artikelnya sangat jelas.. namun yg mau saya tanyakan adalah kalo gagal flashing tulisannya error instalation aborted status 0 artinya apa ya?

    BalasHapus
  21. Pake perangkat apa gan? Itu ada yg error waktu instal/flash, ada beberapa penyebab, salah satunya kemungkinan file yg unt flash corrupt :)

    BalasHapus
  22. Pake Galaxy Tab 2 P3100 Saat hendak flash script apps2sd darktremor

    BalasHapus
  23. updater yg di .zip file itu yg error mungkin gan,coba download ulang dari situs yg lain gan. Kl agak ribet, silakan decompres file terus updater nya di edit, compres kemudian sign pake apktool

    BalasHapus
  24. min ko ane install zip dari cwm instalation aborted mulu ya?

    BalasHapus
  25. Itu biasa terjadi karena beberapa hal:
    1.File rusak
    2.Script updater di file .zip salah/tidak cocok
    3.File tdk cocok (tp yg ini jarang terjadi)
    4.dll :D

    BalasHapus
  26. [tanya]Min, tablet ane Orly v30 ga bisa masuk CWM jadi gimana cara installnya? ada cara flash pake adb ga min?

    Thanks infonya, lengkap dan detil...

    BalasHapus
  27. Unt tablet orly ane minta maaf gan, ane blm pernah pakai jadi ga brani kasi tutornya, ane kl blm pernah pakai ga brani kasi tutor dng alasan takut jadi sesat ntar tutornya :)
    Coba kunjungi thread kaskus atau android-indonesia atau twitter @droidindonesia, mungkin admin atau anggota tersebut ada yg udah pakai

    BalasHapus
  28. Salam knal all... ane mw nnya ni all.. knp ya s3 mini ane gak bsa conek ke odin.. yg tw ksh tw dong

    BalasHapus
  29. Pastikan terlebih dahulu perangkat anda terkoneksi pada pc atau laptop, jika anda menggunakan windows silakan deteksi pada system properties, apakah driver dari perangkat anda sudah terinstall pada pc atau laptop. Pada umumnya tidak terkoneksi dikarenakan hal tersebut, selain beberapa faktor lain seperti permasalahan pada kabel usb dll :)

    BalasHapus
  30. min, tau link buat download kdz file LG c660 g?
    udah gugling tp g dpt2, kmren wktu udah di backup trus instal cusrom, lancar jaya tp krn bug-nya annoying bgt jd kmbali ke stockrom, dan mau instal cusrom yg lain pas mau reboot, eh malah stuck di logo LG,,, please help me min... :'(

    BalasHapus
  31. Mantap nih artikelnya, jd ngerti cmw skarang.

    BalasHapus
  32. Mohon pencerahannya, saya punya MITO T720, sekarang kondisinya bootloop, dan tidak bisa masuk ke CWM, malah yang muncul seperti ini https://www.dropbox.com/s/t9sbvsun92p4d3a/IMG01583-20130803-0733.jpg
    hanya muncul => recovery mode, menu yang lain tidak ada....
    Bagaimana caranya melakukan instalasi CWM untuk androit di MITO T720.
    Terima kasih

    BalasHapus
  33. Waduh dengan sangat menyesal ane ga bisa bantu jawab unt mito t720 tablet, soalnya ane blm pernah coba gan.

    Ane ga brani kasi tutorial di blog ini jika ane blm test, takut sesat hasilnya kan kasian yg baca blog ane ntar :)

    Maaf bgt gan, unt yg satu ini ane blm berani unt jawab sampai ada yg jadi tester n berhasil :)

    BalasHapus
  34. Pake box Volcano masalahnya beres gan....

    BalasHapus
  35. Nah cocok ada yg bantu pencerahan :)
    Makasih gan atas infonya

    BalasHapus
  36. Min,,, tolong share cwm yg cocok buat HH ,, Polytron w2500 smpai skarang masih bootlop nih, gara2 instal cwm mnggunakan mobileuncle tool, contac> abdill657@gmail.com

    BalasHapus
  37. Ane blom pernah pakai W2500 gan, maaf banget ane ga brani komentar jika ane blm pernah pegang HH itu sendiri, takutnya ntar saran ane malah sesat.

    Mungkin agan bisa tanyakan pada subforum android di kaskus atau XDA
    Di kaskus adanya yg W2400 silakan menuju di sini
    Semoga cepet sembuh gan HH nya

    BalasHapus
  38. makasih, sangat membantu sekali artikelnya :)

    BalasHapus
  39. cara kembali ke android recovery gmna gan,,tanpa odin...puyeng gue ga da pake cwm recovery ga da APPLY UPDATE FROM SD CARDnya

    BalasHapus
  40. misi gan,,, ada CWM untuk Mito t720 gan.? thnks

    BalasHapus
  41. sy install cwm dan sudah muncul keterangan complete...namun sy lgsg reboot now tnapa muncul screen cwm seperti diatas....skrg samin sy ngga bisa masuk...berhenti di tampilan logo samsung...mohon pencerahannya...trims

    BalasHapus
  42. Min mau nanya kok saya tekan Apply update from sdcard kok hasilnya aborted yaa ? pencerahannya min

    BalasHapus
  43. Kenapa Android Saya Kok Masuk Ke CWM Recovery Mode Terus Ya ?
    Meskipun Dah Di Reboot Juga ? Itu Kenapa Ya ?

    BalasHapus
  44. gan mau nanya ni.
    kalau gagal pas wipe data / reset solusinya gimana gan??

    BalasHapus
  45. mantap bgt artikelnya... thx

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger