• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Develope Augmented Reality Android

Posted on Selasa, 08 Januari 2013 - 22.50 with No comments

Augmented reality akhir-akhir ini mulai dikembangkan untuk berbagai kegunaan, mulai dari sarana pembelajaran, periklanan, medis, militer dan masih banyak lagi lainnya. Pada artikel tips droid yang sebelumnya yang berjudul "Pengenalan Augmented Reality Android" telah dikenalkan kepada pembaca tips droid dan follower @droidindonesia. Pada artikel ini tips droid kembali ingin berbagi kepada anda cara membuat aplikasi augmented reality sederhana untuk android.

Artikel ini adalah request dari @ndahsiindah. Sebenarnya banyak sekali software yang dapat anda gunakan untuk membuat aplikasi augmented reality pada android sebagai contohnya  Vuforia, Wikitude, Layar, Junaio, Metaio, dan NyarToolkit, namun pada artikel ini mari kita berbagi beberapa di antaranya.

Augmented reality android dengan NyARToolkit
Yang dibutuhkan:
Hardware
1.Perangkat android minimal android froyo.
2.PC / laptop dengan processor minimal Pentium 4 dan Ram 1 Gb, rekomended Core 2 Duo dengan Ram 2Gb.
3.Kabel data untuk melakukan koneksi antara perangkat android dan pc.

Software
1.Install Eclipse2.Install NyARToolkit
3.Install aplikasi olah grafik baik 2D maupun 3D

Cara install:
1.Download library NyARToolkit pada link di atas.
2.Setelah selesai, ekstrak hasil download anda dengan menggunakan winzip / winrar, kemudian anda import pada eclipse melalui File >> Import.
3.Pada menu import, pilih General, kemudian pilih menu Exiting Project into Workspace.
4.Klik Next, kemudian browser file NyarToolkit yang sudah anda ekstrak tadi. dan jangan lupa, untuk memberi tanda cek list Copy Project Into Workspace, selanjutnya klik Finish dan setelah anda selesai maka anda akan memperoleh full library.
5.Untuk menjalankan library, klik kanan library Nyartoolkit paling atas, sebagai contoh: NyARToolkit_Android_v3.0.0-1os2.1 lalu pilih Run As > Application Android.
6.Ketika dijalankan, aplikasi virtual device tidak akan menampilkan apapun, hanya gambar kotak hitam, dengan latar gambar catur, hal tersebut tidak masalah, itu dikarenakan AVD tidak punya fasilitas support ke Kamera.
7.Untuk install pada device android anda, koneksikan android anda dengan kabel data USB, kemudian tunggu sampai Eclipse mendeteksi android anda. saat android anda sudah terdeteksi, jalankan lagi Run Application, nanti secara otomatis AR android anda akan terinstall di Device Android anda. Tunggu sampai proses instalasi selesai, nanti secara otomatis kamera akan muncul di android anda, arahkan kamera anda di Marker Kanji atau Hiro, yang merupakan default marker NyARToolkit, maka akan muncul augmented reality pada perangkat anda.
8.Setelah anda mengetahui cara install, anda dapat memulai project sesuai dengan keinginan anda, jika anda binggung anda dapat mencari tutorial pada mesin pencari google dengan kata kunci "tutorial nyartoolki for android" atau tutorial sesuai dengan project yang anda kerjakan. Dapat juga mengembangkan beberapa source code yang telah di share secara bebas, sebagai contoh di sini. Jika anda binggung dengan bahasa pada situs tersebut, anda dapat translate dengan google translate widget yang telah di sediakan oleh situs tersebut pada sisi kanan.

Beberapa situs yang dapat anda jadikan rujukan dalam membuat augmented reality untuk android baik marker maupun markerless dapat anda cari pada mesin pencari google, saya akan membantu anda dalam keyword pencarian tersebut:
1.LINK
2.LINK
3.LINK
4.LINK
5.LINK
Judul Develope Augmented Reality Android
Deskripsi Augmented reality akhir-akhir ini mulai dikembangkan untuk berbagai kegunaan, mulai dari sarana p...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger