• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Pengenalan Augmented Reality Android

Posted on Senin, 15 Oktober 2012 - 22.29 with 12 comments

Augmented reality, merupakan teknologi yang akhir-akhir ini menjadi trend tersendiri, sebelumnya telah saya bahas ketika saya masih menjadi support admin pada @droidindonesia. Banyak sekali follower droid indonesia yang merespone tentang augmented reality pada android. Pada kesempatan ini saya kembali membahas tentang augmented reality setelah sebelumnya saya telah membahas pada artikel kecanggihan android yang dapat anda baca di sini. Mari kita berbagi bersama.

Pada artikel ini saya akan menuliskan pengenalan augmented reality pada android. Namun dikesempatan lain, saya akan berbagi bagaimana cara membuat sebuah aplikasi augmented reality sederhana pada android, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih karena anda telah membaca dan mengunjungi blog tips droid ini.

Apakah Augmented Reality?
Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif.

Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, realitas tertambah juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.

Milgram dan Kishino (1994) merumuskan kerangka kemungkinan penggabungan dan peleburan dunia nyata dan dunia maya ke dalam sebuah kontinuum virtualitas. Sisi yang paling kiri adalah lingkungan nyata yang hanya berisi benda nyata, dan sisi paling kanan adalah lingkungan maya yang berisi benda maya.
Dalam realitas tertambah, yang lebih dekat ke sisi kiri, lingkungan bersifat nyata dan benda bersifat maya, sementara dalam augmented virtuality atau virtualitas tertambah, yang lebih dekat ke sisi kanan, lingkungan bersifat maya dan benda bersifat nyata. Realitas tertambah dan virtualitas tertambah digabungkan menjadi mixed reality atau realitas campuran.
Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam. (sumber: wikipedia)

Sejarah Augmented Reality
Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig, seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll. Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari Harvard University. Augmented reality dengan input berupa sensor GPS diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS, and VR technologies, pada tahun 1994.

Pada tahun 1996, [11]    Rekimoto dalam karya ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk pertama kalinya. Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library pertama kali diluncurkan oleh Kato


Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.


Prinsip Kerja Augmented Reality

Sistem Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana. Camera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Mengenal Lebih Lanjut Augmented Reality

Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality
Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya. 

Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata


Metoda Augmented Reality

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Aplikasi augmented ini berjalan dengan memindai tanda atau yang lebih sering disebut sebagai marker. Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z. 
Markerless Augmented Reality
Salah satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode "Markerless Augmented Reality", dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. 


Apakah Markerless AR dalam menjalankan aplikasi tidak melakukan pemindaian marker? Sekalipun dinamakan dengan markerless namun aplikasi tetap berjalan dengan melakukan pemindaian terhadap object, namun ruang lingkup yang dipindai lebih luas dibanding dengan marker AR. Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia Total Immersion, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.

1. Face Tracking

Dengan menggunakan alogaritma yang mereka kembangkan, komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan benda-benda lainnya.

2. 3D Object Tracking

Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.

3. Motion Tracking

Pada teknik ini komputer dapat menangkap gerakan, Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.

Penerapan Augmented Reality
Dengan menggunakan Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata, tidak seperti Virtual Reality yang bertujuan menggantikan persepsi dunia dengan yang buatan, Augmented Reality memiliki tujuan untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia sekitarnya. 

Menjadi sebagian virtual dan nyata, teknologi antarmuka baru Augmented Reality yang mampu menampilkan informasi yang relevan ini sangat membantu dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan hiburan.


Augmented Reality memiliki banyak keuntungan dibandingkan Virtual Reality karena pengguna dapat melihat dan menyentuh benda-benda digital dan dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Sehingga augmented reality sering diterapkan pada berbagai bidang terutama bidang pendidikan, dunia militer, kedokteran dan juga dijadikan solusi dalam promosi bisnis.


Contoh Augmented Reality Android
Pada artikel pengenalan augmented reality android, saya akan mencoba memberikan contoh 3 game augmented reality yang dapat anda download dengan klik URL atau gambar yang terkait

iButterfly Indonesia

Game menangkap kupu-kupu dengan shake android anda ketika kupu-kupu tepat pada target
Dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini
My Dragonfly
Merupakan game karya salah satu vendor android yaitu samsung, cara bermain sama seperti iButterfly namun yang ditangkap adalah capung. Untuk download silakan klik gambar di bawah ini
monstAR
Merupakan permainan mirip dengan tamagochi yang di support oleh salah satu operator di indonesia yaitu indosat. Untuk download anda dapat klik gambar di bawah ini atau menuju ke situs official di sini
AR pada play store
Selain ketiga aplikasi tersebut, banyak pula app augmented reality yang dapat anda peroleh pada play store, silakan klik gambar di bawah ini

Demikianlah artikel mengenai pengenalan augmented reality pada android, untuk teknik pembuatan aplikasi augmented akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Terima kasih telah berkunjung pada blog tips droid.
Judul Pengenalan Augmented Reality Android
Deskripsi Augmented reality, merupakan teknologi yang akhir-akhir ini menjadi trend tersendiri, sebelumnya ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

12 komentar:

  1. Kupu2 sama capung udah mainin tuh...
    Kalau yg monstar blm... Itu bisa buat semua operator ya??

    BalasHapus
  2. pas register mydragon fly gagal trs , username invalid :/

    BalasHapus
  3. kemungkinan ada username tersebut telah digunakan
    cobalah untuk menggunakan username yang lain :)

    BalasHapus
  4. min, blh mnta contactnya gak...? ane mw ngasih project augmented reality nih, kirim ke email yak, toro_margen1987@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Via G+ aja gan, untuk G+ sudah saya sync dengan blog ini koq, di kolom about me sebelah kiri bawah :)

    BalasHapus
  6. hai, kalau mau kenalan dengan augmented reality lebih jauh, silahkan main ke forumnya di facebook yuk, search "augmented reality forum indonesia" :)disana bisa tanya jawab banyak tentang augmented reality..

    BalasHapus
  7. Ok gan, makasi masukannya yg sangat berguna ini :D

    BalasHapus
  8. sama-sama gan.. btw ada kompetisi augmented reality juga untuk mobile android.. ada infonya di www.artxasia.com .. seru tuh kalau semua nya bisa ikutan ;D

    BalasHapus
  9. bos, itu selain my dragonfly support ama arc s gak??

    BalasHapus
  10. Kliatanny support gan unt all device

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger