• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tutorial Install Eclipse

Posted on Jumat, 05 Oktober 2012 - 20.48 with No comments

Jika anda ingin mengembangkan aplikasi android, saya sarankan anda menggunakan aplikasi bernama eclipse. Untuk menginstall eclipse perlu beberapa langkah. Aplikasi Android ditulis dengan bahasa Java, menggunakan Java Core Libraries. Aplikasi Android dijalankan di atas VM bernama Dalvik Virtual Machine.

Pada tutorial ini, akan dijelaskan langkah-langkah membuat aplikasi Android mulai dari instalasi perangkat-perangkat lunak yang diperlukan sampai dapat menjalankan program Hello World pada Android device.

Proses instalasinya dibagi dalam beberapa tahap :
- Install Java
- Download dan Install Android SDK dan Emulator
- Install Eclipse
- Install the ADT Plugin untuk Eclipse
- Membuat Aplikasi "program pertama"

Install Java

Sebelum memulai langkah-langkah instalasi Eclipse dan Android SDK pastikan komputer Anda telah terinstal Java SE Development Kit (JDK) yang bisa diunduh di sini. Setelah itu install java pada komputer anda. (untuk saat ini versi terbaru 7, namun anda tetap dapat menggunakan versi 6 atau 7 tersebut).

Download dan Install Android SDK dan Emulator

Langkah-langkah instalasi Android SDK:
1.Download file Android SDK (ukuran kurang lebih 32 MB) di sini

2.Pada halaman tersebut akan ada dua pilihan installer. Jika Anda pilih yang .zip maka tidak perlu melakukan instalasi (cukup di-uncompress). Sedangkan jika Anda pilih yang recommended dalam bentuk .exe, maka nantinya Anda akan melakukan instalasi dengan mengeksekusi file .exe tersebut. Keduanya memiliki isi/file yang sama, tidak ada perbedaan.

3.Untuk tutorial ini akan lebih mudah jika Anda mendownload versi Android SDK yang berekstensi .zip. Dengan demikian Anda hanya tinggal meng-uncompress file .zip tersebut.

4.Hasil uncompress file .zip tersebut adalah sebuah folder dengan nama android-sdk-windows. Letakkan/pindahkan folder tersebut dimanapun agar mudah diakses. Misalnya di dalam folder eclipse yang sudah ada sebelumnya.


5.Pastikan Anda terhubung ke internet. Eksekusi file  SDK Manager.exe, kemudian klik button Update All untuk melakukan update library secara otomatis hingga selesai. Proses ini akan memakan waktu lama apabila Anda ingin memasang semua library untuk berbagai jenis tipe Android OS, karena jika semuanya terinstal kurang lebih akan memakan 2GB harddrive Anda. 


Catatan:

Sebenarnya ada cara lain agar Anda tidak perlu melakukan update via online, yaitu secara offline. Caranya yaitu dengan melakukan copy paste seluruh folder dan file android-sdk-windows milik orang lain yang sudah berhasil terinstall, atau dapat juga mencari di google bagaimana cara menginstall android SDK secara offline, pada artikel ini saya tidak sertakan tutorial secara offline karena saya menginginkan agar anda dapat membuat aplikasi tidak hanya pada ginger bread namun dapat digunakan di ice cream sandwich juga, atau anda dapat mencarinya langsung di sini

Install Eclipse

1.Buka situs eclipse download kemudian download file eclipse classic, jika anda ingin memilih versi terbaru maka anda tinggal klik windows 32bit atau windows 64bit, sesuaikan dengan OS Windows anda
Namun jika anda ingin memilih eclipse versi lama, anda dapat klik tulisan Eclipse Classic 3.*.*
2.File hasil download berbentuk .zip, kemudian uncompress file tersebut dengan tools-tools seperti WinRar.
Setelah diekstrak, maka akan dihasilkan folder eclipse, kemudian pindahkan folder tersebut di harddrive / lokasi yang mudah diakses
Catatan:
Eclipse tidak memerlukan instalasi. Dalam folder eclipse akan ditemukan file eclipse.exe. Untuk membuka program eclipse tersebut cukup dilakukan eksekusi file eclipse.exe tersebut. Klik file eclipse.exe maka aplikasi akan berjalan seperti gambar berikut ini;

Install the ADT Plugin untuk Eclipse

Selanjutnya yaitu melakukan install plugin ADT Eclipse. Pastikan komputer telah terkoneksi dengan internet. 
1.Klik menu Help -> Install New Software
2.Klik Add pada sudut kanan atas dialog
3.Pada dialog Add repository.
4.Masukkan name "ADT Plugin", lalu  masukkan URL 
https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/
5.Setelah itu klik OK. (kemungkinan agak perlu sedikit waktu)
Catatan:
Jika anda mengalami masalah saat mengunduh plugin, coba ganti https dengan http. Jika muncul warning, klik bahwa kita mempercayai paket yang diunduh.
6.Pada dialog Available Software, pilih checkbox Developer Tools (otomatis android DDMS dan android development kit akan tercentang jika anda mencentang developer tools), kemudian klik Next dan Next. Tunggu hingga selesai dan klik button Finish.
7.Setelah selesai proses, restart Eclipse Anda.
Setelah merestart eclipse selanjutnya kita harus menkonfigure ADT agar di kenali oleh eclipse dengan mengarahkannya ke direktory android yang telah kita download di langkah yang pertama

Langkah menghubungkan Eclipse dengan Android SDK :

1.Buka Eclipse, kemudian masuk ke menu Window -> Preferences, lalu klik Tab Android

2.Pada dialog tersebut klik button Browse, kemudian arahkan ke path/lokasi folder android-sdk-windows Anda.


3.Klik Apply, maka akan muncul beberapa macam library yang siap digunakan, seperti tampak pada gambar berikut.

4.Klik OK 

Menambahkan Platform Android dan komponen lainnya.

Caranya :
1.Jalankan SDK Manager.exe (pada direktori C:\android-sdk-windows).

2.Pada bagian Available Package, centang SDK Platform Android *** (yang dikehendaki anda).


3.Klik Install Selected untuk mengunduh kemudian pada kotak dialog selanjutnya klik install.


Setidaknya kita harus menginstall 1 platform agar dapat mengembangkan aplikasi Android. Tergantung untuk Android versi berapa anda ingin mengembangkan aplikasi. Anda dapat mencentang platform lain dan komponen lain (Documentation, Samples, USB Driver, Google APIs) untuk diunduh. 


Meskipun hal ini direkomendasikan, namun tidak wajib. Jika tersedia API yang lebih baru dari yang anda miliki, set nilainya ke yang paling baru. Biasanya API yang levelnya lebih tinggi mendukung API yang di bawahnya namun belum tentu sebaliknya. Pada satu dua kasus saja (dengan kata lain jarang sekali), cocok ke bawah (backward compatible) tidak dipertahankan.


Jika kotak “Choose Package to Install” muncul secara automatis, pastikan anda mencentang hanya yang anda perlukan. Anggapannya (default-nya), semua platform akan tercentang. Mengunduh semua platform akan memakan waktu yang lama.


Membuat AVD (Android Virtual Device)

Setelah proses install flatform selesai selanjutnya kita harus membuat AVD terlebih dahulu, caranya:
-Klik menu windows -> Android SDK and AVD Manager.
-Pastikan prosess download platform sudah selesai karena dalam proses pembuatan AVD ini memerlukan minimal satu buah platform. AVD mendefinisikan system image dan setting device yang digunakan Emulator
-Pilih Virtual Device (sebelah kiri atas) kemudian klik New (sebelah kanan atas)
-Isi kolom nama dan pilihlah kolom Target

Sampai disini semua proses install android di windows xp sudah selesai, dan Anda sudah siap melakukan uji coba membuat aplikasi Android menggunakan Eclipse.

Langkah selanjutnya adalah membuat project baru dan menjalankannya 

Membuat aplikasi "program pertama" (contoh apk termudah)

Pada tahap selanjutnya kita akan membuat project android “program pertama”
1. Dari Eclipse, pilih File > New > Project.
2. Pilih Android Project dan klik Next.
3. Isikan field-field dengan nilai berikut:
◦ Project name : Program Pertama
◦ Application name : ProgramPertama
◦ Package name : com.program.pertama (atau namespace pribadi anda)
◦ CreateActivity : ProgramPertamaActivity
4.Centang versi platform pada Build Target, misal: Android 2.2
5.Kemudian isikan data sebagaimana gambar di atas lalu tekan Finish. Pastikan Minimum SDK nya (saran saya jangan terlalu tinggi). ini terkait dengan masalah kompatibilitas. Umumnya sih yang digunakan adalah SDK 8.
6.Setelah itu, perhatikan pada bagian kiri Eclipse pada Package Explorer. Pada Package Explorer akan kita temukan folder ‘ProgramPertama’ yang telah kita buat di awal tadi.  Perhatikan gambar.
7.Langkah selanjutnya adalah, klik dua kali src>com.program.pertama>ProgramPertamaActivity.java kemudian edit kodenya hingga seperti ini.
8.Setelah OK, simpan perubahan yang dilakukan kemudian jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+F11. Ini dia hasilnya.
Catatan:
Pilihan Android Project pada langkah nomor 2 hanya ada bila plugin ADT untuk Eclipse terpasang dengan sukses.
Berikut penjelasan dari masing-masing isian:
• Project Name
Ini adalah nama proyek Eclipse: nama direktori yang akan berisi berkas-berkas proyek.

• Application Name

Ini adalah judul aplikasi anda: nama yang akan muncul pada perangkat Android.

• Package Name

Ini adalah namespace paket (mengikuti aturan yang sama untuk paket dalam bahasa pemrograman
Java) dimana semua kode sumber (sourcecode) anda diletakkan. Nama ini juga menjadi nama paket di
mana stub Activity akan dihasilkan.

Nama paket Anda harus unik terhadap semua paket yang terinstall pada sistem Android, oleh karena itu,penting untuk menggunakan gaya penulisan yang sesuai standar untuk aplikasi Anda. Contoh di atas menggunakan “com.example” namespace, dimana namespace dicadangkan untuk dokumentasi contoh.

Ketika Anda mengembangkan aplikasi sendiri, Anda biasanya menggunakan namespace sesuai dengan nama perusahaan/organisasi Anda.

• Create Activity

Ini adalah nama untuk class stub yang akan dihasilkan oleh plugin. Ini akan menjadi sebuah sub kelas dari kelas Android Activity. Sebuah Activity adalah sebuah kelas yang dapat menjalankan dan melakukan pekerjaan. Activity dapat membuat UI jika mau, tetapi tidak diharuskan. Activity hampir selalu digunakan sebagai dasar untuk aplikasi sebagaimana direkomendasikan oleh checkbox, tetapi bersifat optional.

• Min SDK Version

Nilai ini menentukan tingkat API minimum yang dibutuhkan oleh aplikasi Anda. Biasanya API yang levelnya lebih tinggi mendukung API yang di bawahnya namun belum tentu sebaliknya. Pada satu dua kasus saja (dengan kata lain jarang sekali), cocok ke bawah (backward compatible) tidak dipertahankan. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk mempelajari tentang API Level pada Android.

Berikut video yang mungkin bisa membantu jika anda malas membaca artikel saya yang panjang ini (baru kali ini saya bikin artikel sepanjang ini -.-" )
Judul Tutorial Install Eclipse
Deskripsi Jika anda ingin mengembangkan aplikasi android, saya sarankan anda menggunakan aplikasi bernama e...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger