• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Unlock Aplikasi Google Play Store

Posted on Rabu, 03 Oktober 2012 - 19.13 with 2 comments

Sering kali kita mendapat peringatan dari google play store bahwa aplikasi yang kita jumpai di google play store tidak bisa kita unduh sebab aplikasi tersebut tidak compatible dengan perangkat kita, padahal sebenarnya aplikasi tersebut compatible dengan perangkat android kita namun aplikasi tersebut tidak tersedia untuk layanan google play store di negara kita. Bagaimana cara agar kita dapat download aplikasi dari negara lain di google play store tanpa adanya batasan tersebut? Mari kita bahas bersama tips droid tentang unlock google play store.

Terkadang kita kecewa karena aplikasi yang bagus namun tidak dapat kita download dikarenakan tidak tersedia layanan di negara kita, sebagai contohnya jika anda ingin mencari aplikasi Movie by Flixster, anda cari dengan menggunakan perangkat android anda pasti anda tidak temukan jika negara anda tidak mempunyai layanan untuk download aplikasi ini, dan juga ketika kita cari dengan menggunakan komputer atau laptop akan ditemukan namun anda tidak bisa download walau dengan menggunakan cara download apk pada google play store dengan PC atau Laptop seperti yang telah saya bahas pada artikel yang lalu, seperti gambar dibawah ini:
Namun jangan berkecil hati, karena saat ini kita tetap dapat download aplikasi yang tidak tersedia di negara kita dengan menggunakan aplikasi unlocker.

Banyak sekali aplikasi unlocker untuk google play store yang dapat kita jumpai, diantaranya:
4.Dan lain-lain

Bagaimana logika kerja dari aplikasi di atas?

Logika kerja dan fungsi aplikasi di atas, untuk membuat code carrier palsu, sehingga kartu SIM kita dikenali google market sebagai carrier dr negara lain. Option carriernya bisa dipilih di menu aplikasinya, ada T Mobile US, ada carrier dari china, dan lain-lain. Sifatnya tidak permanen, bisa di restore setelah pemakaian.
Mari kita mulai pembahasannya dengan menggunakan dua diantara beberapa aplikasi yang ada, tentu saja aplikasi tersebut mempunyai fitur yang lebih dibanding yang lain
Fungsi atau kegunaan Market Unlocker ini adalah memberikan kita akses tak terbatas ke aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak tersedia/tidak dapat di akses dari negara tertentu pada Google Play dan Amazon. 

Requirments:

-HH harus sudah di Root
-Sudah install Google Play (Android Market)
-Install Amazon Appstore (optional)
-Install app di internal memori agar dapat auto unlock

Fitur:

-Merubah provider dengan sekali click
-Merubah provider otomatis setelah reboot atau flight mode
-Akses market via proxy, support HTTP/Socks4/5 proxy
-Support Amzone diluar area US

Pemakaian dasar: 

Supaya dapat bekerja pada Android Market 2.x, ON-kan tombol "Enable Unlocker" kemudian masuk ke Market. 

Pada Google Play atau Android Market 3.x: 

1.Pindah ke Flight Mode
2.Aktifkan Market Unlocker dan auto unlock (secara default, kita akan memilih operator Verizon, kita bisa menukarnya di tab market)
3.Pergi ke Setting --> Applications --> Manage Applications --> All --> Play Store, dan click "Clear Data". 
4.Reboot HH 
5.Matikan flight mode dan Aktifkan wifi/3G/mobile data 
6.Tunggu google service tersinkronkan, atau refresh pada gmail 
7.Buka Google Play atau Android Market.
8.Anda kini dapat download aplikasi yang terkunci


Fungsi atau kegunaan Market Enabler ini hampir sama dengan market unlocker, jadi saya tidak akan jelaskan lebih lanjut tentang fungsi market enabler 


Requirments:

-HH harus sudah di Root
-Sudah install Google Play (Android Market)

Pemakaian dasar:

1.Install market enabler, setelah itu jalankan
2.Pada bagian Interface utama, pilih "save current settings" (SANGAT PENTING, perhatikan gsm.sim.operator.numericnya sebagai contoh pada gambar gsm.sim.operator.numericnya : 51010 <-- merupakan salah satu code provider di Indonesia, hal ini penting untuk merestore kembali ke default setting )

3.Setelah itu masuk ke menu Setting List

4.Pilih salah satu operator yang anda ingin ganti, setelah itu klik dan tahan sampai muncul popup opsi dan pilih "Fake This Provider Now"
5.Pastikan code provider telah berubah, setelah itu tutup market enabler
6.Setelah itu silakan masuk ke google play store : perhatikan perubahan tampilan marketnya

Catatan:

Market Enabler tadi biasanya membuat setting DATA anda (operator bawaan anda) akan tidak berfungsi. Setelah anda membuka Android Market dan melihat aplikasi yang berbayar, untuk mengaktifkan kembali setting data untuk operator default anda, buka kembali aplikasi MarketEnabler dan pilih "restore settings". Dan setting data anda sudah bisa dipakai kembali. 
Jika anda menggunakan ROM Cyanogen Mod dan mengalami masalah dengan market enabler, anda dapat melihat caranya di sini.
Tambahan:
Karena market unlocker atau market enabler telah dihapus keberadaannya pada play store, maka jika anda tidak menemukan, anda dapat langsung menuju pada forum XDA.
Judul Unlock Aplikasi Google Play Store
Deskripsi Sering kali kita mendapat peringatan dari google play store bahwa aplikasi yang kita jumpai di go...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

2 komentar:

  1. izin nanya gan...
    samsung galaxi s ane kaga bisa masuk ke anroid market or google play, kenapa ya gan...

    opsinya selalu force close....

    mohon petunjuk

    BalasHapus
  2. Coba di clear cache terlebih dahulu setelah itu buka lagi, jika masih force close coba anda reset tapi jangan lupa untuk backup data anda terlebih dahulu sebelum reset

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger