• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Cara Mengetik Cepat Dengan Swype

Posted on Selasa, 11 September 2012 - 20.42 with 6 comments

Sering kali kita salah ketik dikarenakan layar touch screen yang sensitif atau mungkin kita ingin mengetik dengan cepat namun sering kali kita harus mengkoreksi tulisan kita karena kita klik tombol huruf sebelah huruf yang kita kehendaki, android menawarkan sebuah fitur yang bernama swype. Swype sudah tidak asing lagi, karena beberapa dari ROM android sudah terpasang sebagai native keyboard. Namun apakah swype itu? Mari kita berbagi bersama tentang swype.

Apakah swype itu?
Swype input teks merupakan cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk memasukkan teks pada layar manapun. Dengan satu jari bergerak terus-menerus atau gerak stylus di layar keyboard, teknologi paten memungkinkan pengguna untuk memasukkan kata-kata lebih cepat dan lebih mudah daripada metode input data lainnya-di lebih dari 40 kata per menit.(Sumber)

Bagaimana cara menggunakan swype?
Cara penginputan teks di mana saat mengetikkan satu kata, pengguna tidak perlu menekan tombol keypad satu persatu. Contohnya, ketika mengetik kata 'Smile', maka pengguna cukup memulai dari huruf S dan tanpa melepaskan keypad menelusuri huruf M,I,L, dan berakhir di huruf E. Aplikasi ini dirancang untuk bekerja di berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, konsol game, kios, televisi, layar virtual dan banyak lagi.

Saya jelaskan lebih detail penggunaan swype sebagai berikut:
Penggunaannya cukup simple, contoh gampangnya jika anda ingin mengetikan kata “cepat” bila menggunakan keyboard virtual biasa, maka anda harus mengklik huruf c + e + p +a + t, namun bila menggunakan swype maka teknokerz hanya perlu menggeser jari dimulai dari huruf “c“ lalu berurutan ke huruf berikutnya tanpa harus mengangkat jari dari layar. Dengan cara ini, anda bisa lebih cepat lagi dalam pengetikan sebuah kata. Kelebihan dari swype lainnya adalah anda tidak harus 100% akurat menyentuh tombol huruf-huruf yang dilewati, karena Program keyboard android dapat memprediksi kata yang ingin ditulis. 
Untuk dapat menggunakan swype, selain harus menginstall program keyboard-nya, pengguna juga harus menginstall kamus kata-kata swype. Bila tidak diinstall kamus, maka program swype tidak dapat memprediksi kata-kata yang akan ditulis. Misalnya pengguna hanya menginstall kamus Bahasa Inggris dan tidak menginstall kamus Bahasa Indonesia, maka saat hendak menulis kata “cepat” hasil kata yang tertampil kemungkinan besar bukan kata “cepat”, namun hasil kata yang ditampilkan adalah kata dalam Bahasa Inggris, atau kemungkinan sistem tidak dapat memprediksi kata yang ingin ditulis. 
Walau memiliki kelebihan, nyatanya masih banyak yang memilih untuk menggunakan keyboard virtual biasa walaupun pada handphone atau perangkat elektronik yang dimiliki telah dilengkapi dengan swype. Dua alasan utama yang dikemukakan, yang pertama adalah harus belajar lagi untuk menggunakannya dan yang kedua, swype justru kurang nyaman untuk digunakan. 
Anda yang mengatakan kurang nyaman, pada umumnya adalah yang sering menyingkat kata-kata, misalnya seperti kata “cepat” tetepai dalam penulisannya menjadi “cpt”, kata “dengan” di tulisnya “dgn”, dll. Kata-kata singkatan itu secara default tidak terdaftar dalam kamus swype, walaupun kata-kata tersebut bisa ditambahkan ke kamus, namun karena terlalu singkat (hanya terdiri dari 3 huruf atau kurang), sering kata yang muncul atau yang diprediksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disisi lain, banyak pengguna yang merasakan terbantu dengan aplikasi swype, khususnya bagi mereka yang menggunakan handphone berlayar kecil dan sering melakukan kesalahan bila menggunakan keyboard virtual biasa.
Jika anda masih binggung mengenai penggunaannya, anda dapat melihat lebih lengkapnya di sini

Bagaimana cara mendapatkan swype?
Swype biasanya langsung terpasang sebagai bawaan dari ROM android anda, namun beberapa ROM tidak menyertakan swype sebagai native keyboard, jika anda ingin mencoba, jangan khawatir karena saya akan mencoba berbagi aplikasi swype kepada anda, (khusus halaman ini saya tidak memasang iklan adf.ly dikarenakan adanya kebijaksanaan tertentu sehingga memutuskan saya untuk tidak memasang iklan)

Untuk pengguna dengan bahasa indonesia, berikut daftar swype yang sudah diinject bahasa Indonesia:
1. Swype for WVGA854 device (Resolusi layar 854×480) DOWNLOAD

2. Swype for WVGA device (Resolusi layar 800×480) DOWNLOAD, kalau bermasalah, coba yang ini DOWNLOAD

3. Swype for QVGA device (Resolusi layar 320×240) DOWNLOAD

4. Swype for WSVGA device (Resolusi layar 1024×576/600) DOWNLOAD

5. Swype for HVGA device (Resolusi layar 480×320) DOWNLOAD

6. Swype for WQVGA device (Resolusi layar 432×240) DOWNLOAD

7. Swype for qHD device (Resolusi 960×540) DOWNLOAD

Bagaimana jika android saya sudah memilik swype?
Beberapa ROM menyertakan swype sebagai bawaan keyboard atau native keyboard, namun tidak support bahasa lain selain bahasa inggris, jika anda ingin menggunakan versi indonesia, maka langkah yang harus anda tempuh:
Cara I:
Jika anda telah install custom recovery, silakan instal file di bawah ini via custom recovery
1. Pastikan anda mengetahui bagaimana cara masuk ke recovery mode, sangat direkomendasikan untuk yang sudah rooting dan menginstall clockwork mod recovery. saya belum pernah mencoba untuk yang belum rooting.
2. Download file di atas. Copy file zip hasil download ke sdcard di luar, jangan dimasukan folder.
3. Masuk recovery, dan install file zip hasil download dan restart.
4. Masuk ke setting > Language and Keyboard. Beri tanda centang pada Swype. pilih input method swype. Kemudian masuk ke swype setting, pilih language, dan pilih bahasa Indonesia. Balik ke home.
5. Sekarang coba buka message > new message
6.Tekan dan tahan di kolom Type to compose, nanti keluar input methode, dan pilih swype, tunggu loading beberapa saat, dan akan tampil keyboard swype dan ada tutorial untuk belajar penggunaan keyboard swype, disarankan untuk yang baru menggunakan swype, silakan ikuti saja tutorialnya.
7. Selesai.  
Cara II:
Hapus swype yang lama, hapuslah dengan Titatium Backup, wipe data > uninstall kemudian reboot, dan terakhir install swype di bawah ini
untuk HVGA (320×480) Download
untuk WVGA (480×800) Download
untuk WVGA854 (480×854) Download
untuk WQVGA Download
untuk QVGA Download
untuk qHD Download
Untuk pengguna dengan bahasa inggris :
Jika anda pengguna dengan bahasa inggris, anda dapat menggunakan swype dengan mengunduhnya di sini  
Judul Cara Mengetik Cepat Dengan Swype
Deskripsi Sering kali kita salah ketik dikarenakan layar touch screen yang sensitif atau mungkin kita ing...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. wah keren om, makasih ya

    BalasHapus
  2. sama2 :)
    makasi juga dah sudi mampir di blog saya

    BalasHapus
  3. Salam Kenal gan..makasi ya untuk share nya..sukses gan..

    BalasHapus
  4. salam kenal kembali
    makasih juga dah kunjung blog ane :D

    BalasHapus
  5. Dulu sy pake swype tp sekarang pake Swiftkey X yg menurut sy bs prediksi lbh baik. Gmn cr uninstal Swype? krn di App Manager ga ada. Tp di menu pilihan Keyboard (metode masukan) ada.
    Begitu jg dgn Symbols Keyboard Free yg mau sy hapus tp ga tau uninstalnya gmn. Trims

    BalasHapus
  6. Swype bawaan gan? Kl bawaan dari firmware harus pada posisi root, coba anda tengok pada system>app disana letak apk yg bawaan firmware

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger