• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Perlukah Overclock Android ?

Posted on Senin, 10 September 2012 - 22.26 with 4 comments

Istilah "overclock" sering kali kita jumpai, baik istilah dalam komputer, Android maupun istilah dalam perangkat yang memiliki prosesor, Apakah Overclock itu? Kegunaan overclock? Keuntungan dan kerugian overclock terhadap perangkat android Anda? Kalau ada istilah overclock,maka muncul istilah undervolt,apakah undervolt itu? Apakah undervolt sama dengan kebalikan overclock(underclock)? Mari kita share bersama dengan membahas satu persatu tentang overclock.

Apa arti overclock?
Overclock artinya maksa prosesor untuk jalan diatas kemampuanya, artinya bisa terjadi hal2 atau kerusakan pada devicenya jika anda kurang teliti dalam overclocking.
Sifat terbuka dari Android telah memungkinkan untuk beberapa pengembangan aplikasi yang menarik, serta beberapa modding yang cukup kompleks. Salah satu proyek yang paling populer untuk penggemar Android adalah untuk overclock CPU pada perangkat. Overclocking ponsel Android memerlukan apa yang disebut akses root. Artinya pengguna telah menambahkan izin untuk OS yang memungkinkan modifikasi berat dan instalasi custom ROM.

Apakah overclock itu aman?
Jawabnya: relative dalam artian, aman atau tidaknya ada di dalam diri kita sendiri, sampai sejauh mana kita bisa menilai titik maksimal device yang kita gunakan. Kalau kita maksa melebihi kemampuan maksimal dan terus dipaksa, akibatnya bisa kerusakan permanen di hardwarenya. Resiko dari overclock itu sendiri adalah, ketidak stabilan sistem dan kerusakan hardware ataupun software berawal dari ketidakstabilan itu.

Titik stabil tiap device berbeda? Kok si A bisa Overclock sampe 800 dan masih stabil sementara saya cuman 700 sudah tidak stabil?
Buat yg biasa overclock PC, inget kan, di PC itu ada pilihan untuk naikin voltase kalo udah ga stabil, di hp apakah ada fitur tersebut? Perlu diingat, kemampuan overclock tiap hp itu beda karena banyak faktor2 yg mempengaruhi, mulai dari awal produksi sendiri, OS, firmware dan pendukung lainya, seperti motherboard hp, ram yg bisa jalan di bus brapa dan lain2.

Pada HH android A bisa Overclock sampai titik tertentu dan stabil?
Suatu vendor pasti sudah trial and error atau meneliti atau memang minta batch produksi khusus dari pabrik chipnya supaya dia bisa minta prosesor yg bisa aman di Overclock (contoh lain, pada AMD athlon XP 1700+ dengan kode JIUHB bisa di overclock sampe stara pentium 4 3,6GHZ sementara batch lain ga bisa padahal sama2 1700+) Jadi jangan disama ratakan HH dari vendor yang sama bisa overclock proccesornya maka yg lain pasti bisa, kecuali anda tahu pola produksi yang sama.

Overclock bisa bikin software ama hardware rusak (atau memperpendek umur hardware) ?
Perlu diingat, overclock itu bisa membuat sistem tidak stabil, mulai dari hardware sampai software, kalau hardware bakalan ada efek kenaikan suhu ama lebih boros daya, sementara software , jalur data nya bisa tidak lancar. Secara logika, ketika HP lagi prosesing data trus tiba2 restart dikarenakan pengaturan overclocking yang salah, maka softwarenya bisa rusak, atau ketika sedang mengontrol hardware tiba2 restart, aplikasi penterjemah bahasa hardwarenya bisa rusak. ( sekali lagi, ini bisa terjadi kalau dipaksa jalan di atas titik maksimal)

Keuntungan dan kerugian dalam overclocking?
Keuntungan>>Jika Anda telah menempatkan semua keraguan dan memutuskan untuk overclock CPU ponsel Anda. Keuntungan yang anda peroleh adalah peningkatan kinerja. Sistem operasi Android yang sebelumnya lamban sedikit, setelah overclock dapat memberikan telepon Anda menjadi sedikit lebih cepat, selain itu User Interface Android akan menjadi lebih halus, dan aplikasi jauh lebih cepat.

Jika Anda mengatur untuk overclock, ada manfaat penting untuk menyadari, dengan bantuan aplikasi root seperti SetCPU, Anda dapat menggunakan profil untuk benar-benar underclock CPU Anda saat ponsel tidak digunakan. Android melakukan hal ini secara default, namun pengguna harus akses kecepatan clock memungkinkan mereka untuk mengatur itu jauh lebih rendah, sering serendah 125MHz untuk Droid dengan 1GHz + overclock.
Kerugian>>Jika anda memaksa overclock tidak sesuai dengan kemampuan maka dapat menyebabkan perpendek usia dari device, pemperboros baterai, membuat device menjadi lebih cepat panas, bahkan lebih parah lagi ketika anda memacu sampai batas titik maximal, hal ini akan merusak hardware anda bahkan tidak jarang menjadi hardbrick dan ada pula beberapa yang menyebabkan device berjalan namun IMEI hilang (jika terjadi silakan di unbrick saja)

Apakah Undervolt itu?
undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama sekali, yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.

Undervolting tidak sama dengan underclocking
Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda.Prosesor pada android umumnya memakai voltase standard
yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip. Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi (otomatis menambah tinggi temperatur cpu sering terjadi ketika android anda terlalu banyak memproses aplikasi). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Tekad saya untuk overclock sudah bulat, Bagaimana cara overclock itu?
Ada berbagai cara untuk overclock:
1.Menggunakan cara manual seperti contohnya install custom kernel yang telah di set overclock, underclock atau undervolt
Custom Kernel adalah salah satu kunci untuk melakukan overclocking, tetapi selain untuk overclock, kernel melakukan lebih banyak dari sekedar memungkinkan Anda untuk overclock. Custom Kernel juga sering memiliki fitur tambahan yang meningkatkan atau memodifikasi berbagai aspek ponsel Anda. 
Kernel menangani hal-hal seperti kecepatan CPU dan tegangan, dan custom kernel dapat memiliki tabel CPU dimodifikasi yang memungkinkan untuk kecepatan jauh melampaui spesifikasi asli CPU. Untuk memulai overclocking, semua yang Anda butuhkan adalah sebuah kernel overclocking-enabled, tapi itu penting untuk memilih yang benar. Untuk memilih yang benar sesuai, saran saya, Anda mengunduh dari forum android dan Anda lihat review terlebih dahulu dengan pengguna yang telah mencoba agar perangkat Anda tidak rusak. Penggunaannya juga relatif mudah, anda tinggal install kernel tersebut (biasa caranya juga tersedia pada forum yang develope custom kernel tersebut)

2.Menggunakan aplikasi untuk overclock

Berbagai macam aplikasi yang tersedia di play store untuk mendukung overclock dan underclock(menurunkan,lawan dari overclock), salah satu aplikasi yang umum dipakai adalah SETCPU v3.0.7 dapat anda unduh dengan klik gambar di bawah ini.
Sebelum melangkah lebih jauh maka sebaiknya anda kenali terlebih dahulu interface dari aplikasi setCPU
Cara yang akan ditempuh:  
1.Rubah profile setcpu ke ondemand
2.masuk ke setting profile(paling atas sebelah main)
3.Klik enable,Sebagai contoh di galaxy mini:
-battery < 50% max 600 min 122
-temp > 50 derajat celcius max 245 min 245
-screen off max 245 min 345
Berikut ini adalah video setCPU:

note:kalo mau lebih hemat kecilkan max prosesornya, dan jika Anda hendak main game HD baru naikkan lagi dan rubah profile ke performance, untuk semua device namun diatas saya mencontohkan pada galaxy mini, jika anda menggunakan device lain, maka pengaturan tidak jauh berbeda dengan itu
Ini adalah contoh quadrant benchmark android saya yang semula 2000an menjadi 4000an (ada pula yang sampai 5000 tp saya berani,takut brick (test dengan perangkat saya, optimus 2x))
Sekali lagi saya ingatkan, ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu kepada senior atau teknisi kepercayaan anda sebelum anda melakukan overclock, karena dapat menyebabkan kerusakan secara fisik pada perangkat Anda. DWYOR.
Judul Perlukah Overclock Android ?
Deskripsi Istilah "overclock" sering kali kita jumpai, baik istilah dalam komputer, Android m...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

4 komentar:

  1. wah ... blog anda mantap pisan artikelnya.
    tidak asal sharing apps/apk-nya.
    ada ulasannya dulu... apalagi pemakai pemula seperti saya.
    sekali lagi,.. mantap.

    BalasHapus
  2. Nice to hear that
    Makasih dah kunjung n mmpercayakan blog saya unt djadikan tutor gan :)
    Indahny berbagi dengan sesama :)

    BalasHapus
  3. Wah Terimakasih atas ilmunyah telah di bagi-bagi dan cukup detail terimaksih banyak

    BalasHapus
  4. Sama2 bro
    Terima kasih juga telah berkenan berkunjung di blog ane :D

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger