• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Remove and Merge Duplicate Contact Android

Posted on Kamis, 25 Juli 2013 - 21.33 with No comments

Phonebook atau kontak merupakan bagian terpenting dalam android, terlebih lagi ketika anda hendak menghubungi rekan atau saudara anda, namun apa yang terjadi ketika kontak anda dipenuhi oleh hal yang tidak penting seperti contohnya nama yang terduplikat, hal ini cukup merepotkan anda dalam mencari kontak yang hendak anda hubungi. Bagaimana cara optimalisasi kontak pada android? Dalam artikel ini saya hendak berbagi kepada anda tentang tips optimalisasi kontak pada android anda.

Apakah Anda lelah terus-menerus menghapus angka yang sama di ponsel Android Anda secara manual mencari setiap nomor dan menghapusnya? 

Mengapa kontak dapat terduplikasi?
Alasan untuk terjadinya duplikat pada kontak anda adalah bahwa Anda disinkronisasikan dengan layanan Gmail, aplikasi jejaring sosial dan lainnya.

Bagaimana solusinya?
Salah satu solusinya ada menyatukan / merge atau menghapus kontak yang terduplikasi tersebut tanpa menghilangkan data kontak yang telah ada. Anda dapat menghapus atau edit kontak anda untuk merge secara manual atau dapat juga menggunakan aplikasi yang tersedia di google play store.

Bagaimana cara kerja aplikasi tersebut?
Aplikasi tersebut mencari dengan keyword yang sama pada kontak anda, biasa keyword berdasar nama, nomor, ataupun email namun beberapa aplikasi yang lain ada juga yang mencari lebih detail seperti messenger dan lain sebagainya.

Beberapa aplikasi biasanya tidak menghapus duplikat kontak, namun hanya menggabungkan (merge) dua atau lebih kontak yang memiliki kesamaan, baik memiliki nama yang sama, nomor telepon yang sama maupun email yang sama, namun ada juga yang menghapus duplikasinya secara manual maupun otomatis.

Apakah nama aplikasi yang terbaik untuk optimalisasi contact?
Beberapa aplikasi tersedia di google play store seperti contohnya contact remover, merge contact, contact analyzer 2 dan beberapa aplikasi lainnya, namun pada artikel ini saya hendak menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang tersedia di play store yang menurut saya terbaik dalam melakukan optimalisasi pada kontak android kita, karena ketika saya mencoba beberapa aplikasi di atas, masih terjadi duplikasi yang tidak terdeteksi, namun ketika menggunakan go contact ex hampir sebagian besar masalah duplikasi dapat teratasi.

Langkah yang ditempuh
1.Download dan install Go Contacts EX atau Go Contact Pro dengan klik gambar di bawah ini.
atau

2.Sebelum menggabungkan kontak, sebaiknya kontak di backup dulu di SD card, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan. Caranya: pernah saya tuliskan pada artikel tips droid yang dapat anda baca pada artikel cara backup data pada android, atau anda dapat menggunakan cara:
Aktifkan aplikasi Go Contacts EX > tekan tombol MENU > klik "Import-Export" > klik "Export to SD card".
3.Setelah selesai anda backup > tekan tombol MENU > klik "Merge" > nanti akan muncul tiga pilihan, yaitu:
Search by Name: Mencari duplikat kontak berdasarkan nama yang sama 
Search by No: Mencari duplikat kontak berdasarkan nomor telepon yang sama 
Search by Email: Mencari duplikat kontak berdasarkan alamat email yang sama
4.Setelah itu anda klik "Merge" untuk mulai menggabungkan.  Jika terdapat lebih dari tiga kontak yang memiliki keyword yang sama, namun hanya dua yang ingin digabungkan, maka Anda dapat menghilangkan tanda centang di kontak yang tidak ingin digabung.

Alternatif lain untuk merge contact:
1.Anda dapat juga menggunakan aplikasi untuk merge contact anda yang terduplikasi dengan aplikasi yang tersedia pada play store.

2.Pada beberapa default contact menyediakan fitur merge contact (sebagai contoh pada default contact samsung). Buka kontak telepon anda dan tekan tombol menu pada perangkat maka akan muncul pilihan "Merge Kontak". Bila anda memilih opsi penggabungan, telepon akan memulai pemindaian seluruh buku alamat Anda dan memberikan hasil dengan daftar rinci yang akan berisi semua kontak duplikat dan membiarkan anda memilih apakah anda ingin menggabungkan semua kontak dengan rincian yang cocok seperti nomor telepon dan alamat email, dll.
3.Dengan memilih akun online untuk melakukan sinkronisasi untuk mengambil kontak yang tersedia, anda dapat mengurangi kemungkinan ponsel anda memiliki duplikat kontak. Buka aplikasi kontak dan tekan pada tombol pilihan untuk menemukan "Accounts" pilihan, lalu sentuh. Anda akan melihat pop up dengan daftar account aktif dari mana telepon Anda semakin dan sinkronisasi data buku alamat.
Catatan:
Terkadang setelah anda merge ada beberapa kontak yang masih terduplikasi, disebabkan oleh sync kontak pada jejaring sosial atau akun anda yang lain, maka langkah yang perlu anda tempuh adalah:
1.Setelah anda melakukan langkah di atas, cobalah check sekali lagi apakah masih ada kontak yang terduplikasi. 
2.Jika masih ada lakukan seperti langkah di atas kemudian anda check lagi, jika masih belum merge dan ada duplikasi dikarenakan sync dari beberapa akun anda yang bersifat read only atau temporary maka langkah yang anda tempuh, backup terlebih dahulu kontak anda. 
3.Setelah anda backup, matikan sync terhadap akun anda dari setting > account & sync settings > matikan centang pada background data. 
4.Kemudian hapus semua kontak anda secara manual. 
5.Restore kontak yang telah anda backup tadi. 
6.Nyalakan kembali sync pada kontak dan sync semua akun anda yang tertaut pada kontak. 
7.Setelah selesai lakukan merge seperti langkah di atas dan pastilah kontak anda menjadi optimal.
4.Jika aplikasi kontak pada ponsel anda menunjukkan kontak email dari Gmail atau lainnya kontak dan anda tidak ingin telepon anda untuk menunjukkan kontak tersebut, anda dapat dengan mudah menghapus kontak tersebut dari daftar. Klik tombol option kontak dan pilih settings, kemudian memeriksa "Only Contacts with Phones". Langkah tersebut akan mengurangi peluang untuk terduplikasinya kontak pada ponsel anda.
5.Jika anda menggunakan fitur sync kontak dengan akun Gmail. Anda dapat mengurangi duplikat kontak di ponsel android anda dengan cara, Login / masuk ke account Gmail anda, klik pada Gmail di pojok kiri atas dan pilih "Contacts". Sekarang Anda dapat melihat semua kontak disinkronisasikan dari telepon Anda, Gmail dan Google+.
Klik pada "More" dan pilih "Find & Merge Duplikat". Gmail akan memindai kontak duplikat dan menunjukkan daftar kontak yang terduplikasi. Klik "Merge" dan semua duplikat kontak Anda akan digabung menjadi satu.
Jika opsi auto sync diaktifkan pada telepon Anda, kontak duplikat akan dihapus dari perangkat anda juga.

6.Anda dapat juga melakukan ekspor kontak anda pada pc / laptop kemudian anda lakukan merge. Selain itu masih banyak cara lagi yang dapat anda lakukan, namun pada artikel ini hanya beberapa cara yang mudah untuk dilakukan saja. Semoga bermanfaat dalam mengurangi duplikasi kontak pada perangkat anda.

Sumber: dari berbagai artikel di internet dan pengalaman pribadi
Judul Remove and Merge Duplicate Contact Android
Deskripsi Phonebook atau kontak merupakan bagian terpenting dalam android, terlebih lagi ketika anda hendak...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger