• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Image 9.png Android

Posted on Senin, 01 Oktober 2012 - 19.21 with No comments

Jika anda seorang pengembang aplikasi android, tentu tidak asing lagi file image dengan ekstensi .9.png. Terkadang beberapa aplikasi android menggunakan file image dengan ekstensi .9.png ini. Pada artikel ini saya hendak berbagi pada anda tentang image dengan ekstensi .9.png.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang image dengan ekstensi .9.png, maka kita bahas terlebih dahulu tentang arti dari .9.png dan satuan ukur dalam .9.png.

Apakah .png?
PNG (Portable Network Graphic) salah satu format citra gambar yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut. Secara umum PNG dipakai untuk citra gambar dalam web. Citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF).

File PNG bisa bekerja baik pada gambar dengan pemisahan warna jelas maupun bergradasi. File PNG terbagi atas PNG-8 dan PNG-24. Untuk PNG-8 dapat mengkompresi gambar dengan ukuran file lebih kecil daripada GIF. Sedangkan PNG-24 menyimpan file dengan ukuran yang lebih besar. PNG-24 biasa digunakan untuk gambar foto ataupun bergradasi, karena gambar yang dihasilkan akan lebih tajam. Kelebihan lainnya, PNG mendukung gambar transparansi seperti pada .GIF.

Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF: Channel Alpha (transparansi). Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:”brightness”). Penayangan citra secara progresif (progressive display) Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik. (sumber: potter )

Apakah .9.png?
Merupakan sebuah file dimana merupakan turunan dari .PNG dalam satu file PNG di gunakan untuk beberapa ukuran. Atau lebih mudahnya image yang ukurannya dinamis. Dimana ukuran tersebut ditentukan dari pacth yang di berikan dalam file tersebut. Penggunaannya ditujukan untuk menghemat ukuran file. Sehingga penggunaan image statis menjadi seminimal mungkin untuk memperkecil ukuran file suatu aplikasi.

Permasalahan pada .9.png
-Perangkat Android datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, sering sehingga sangat sulit bagi pengembang untuk merancang aplikasi yang terlihat besar pada semua ukuran layar dan berbagai orientasi. Untuk mengatasi tantangan ini, grafik NinePatch bisa sangat diperlukan. Pada artikel ini, kita membahas apa format NinePatch grafis, cara kerjanya, dan kapan harus menggunakannya.

-Terkadang jika kita mengedit apk atau membuat aplikasi android, kita mengalami suatu permasalahan dalam compilasi aplikasi dikarenakan kita lupa menggunakan file image dengan ekstensi .9.png, oleh karena itu dalam artikel maxiandroid ini saya hendak berbagi kepada anda tentang pengeditan image dengan ekstensi .9.png

Apa NinePatch?
Android mendukung Graphics NinePatch untuk skala gambar yang terkendali. Grafis NinePatch hanya grafis PNG yang memiliki patch, atau daerah gambar, didefinisikan untuk skala dan peregangan di daerah yang tepat, bukan skala gambar keseluruhan sebagai satu unit, yang sering mengaburkan detail grafis. Umumnya, patch pusat transparan atau solid, dengan bagian tepi dengan tetap tetap, bagian tepi lainnya yang ditetapkan untuk meregangkan, dan sudut-sudut dengan tetap tetap.

Ilustrasi gambar di bawah ini akan menjelaskan bagaimana sebuah gambar (dalam hal ini, sebuah persegi) dibagi menjadi sembilan patch.
Kapan Kita Gunakan Graphics NinePatch?
Grafis yang dapat merenggang dapat digunakan di mana saja di aplikasi Anda di mana ukuran grafik dapat bervariasi, terutama berguna untuk:
-Tombol latar belakang (dimana string teks berbagai ukuran) 
-Frames (di mana gambar dari dalam harusnya datang dalam berbagai ukuran dan rasio aspek) 
-Setiap kali Anda menggunakan ditarik dengan setidaknya satu dimensi diatur untuk wrap_content
Mengedit Graphic NinePatch (edit graphic pada apk)
Untuk mengedit graphic NinePatch grafis dari file PNG menggunakan Draw 9-patch tool, lakukan langkah berikut:
-Buka / decompile apk yang hendak anda edit dengan menggunakan cara pada artikel maxiandroid yang lalu yang dapat anda baca di sini.
-Buka folder res/drawable (ldpi, mdpi, hdpi atau folder lain yang berisi graphic)
-Edit gambar yang hendak anda edit dengan menggunakan aplikasi editor graphic seperti adobe photoshop atau aplikasi olah graphic lainnya.
-Setelah anda selesai melakukan pengeditan, simpan gambar tersebut dalam format .png
-Buka aplikasi "9-patch.bat" yang berada dalam Android SDK / direktori "tools". (refrensi: android development)
-Drag file PNG ke dalam panel kiri (atau menggunakan File->Buka NinePatch)
-Klik tombol "Show Patch" kotak centang di bagian bawah sebelah kiri.
-Tetapkan Skala patch Anda tepat (lebih tinggi untuk melihat hasil lebih jelas).
Untuk menetapkan panduan patch yang horisontal, klik di sepanjang tepi kanan grafis Anda. 
Untuk menetapkan panduan patch yang vertikal, klik di sepanjang tepi atas grafis Anda.
-Jika Anda perlu menghapus panduan patch, tekan Shift dan klik pada pixel panduan (hitam).


-Simpan grafis Anda dengan ekstensi .9. Png (misalnya, maxiandroid.9.png).

Jika anda ingin membuat file graphic dengan ekstensi .9.png anda dapat menemukan tutorialnya di sinidi sini dan di sini.
Judul Image 9.png Android
Deskripsi Jika anda seorang pengembang aplikasi android, tentu tidak asing lagi file image dengan ekstensi ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger