• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Transfer File Dengan WiFi Android

Posted on Senin, 01 Oktober 2012 - 18.22 with No comments

Sering kali kita bertukar file dengan teman, untuk melakukan pertukaran pada umumnya kita menggunakan fitur bluetooth pada android kita, namun bluetooth memiliki keterbatasan pada jarak dan kecepatan transfer. Bagaimana caranya melakukan transfer dengan fitur wifi pada android kita? Mari kita berbagi bersama pada artikel tips droid kali ini.


Artikel ini merupakan request dari @gheadifalara, teman twitter saya yang hendak melakukan transfer data dengan ukuran yang relatif besar. Dapat anda bayangkan jika anda lupa membawa kabel usb dan harus melakukan transfer file yang berukuran besar, dengan menggunakan bluetooth akan memakan waktu yang cukup lama dan mengharuskan perangkat anda harus dekat dengan perangkat yang hendak anda transfer.

Sebelum melangkah lebih jauh, seperti artikel pada tips droid yang lain, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang bluetooth dan wifi, sehingga kita bisa membandingkan mana yang terbaik.

Bluetooth vs WiFi
Untuk mempersingkat waktu pengertian tentang bluetooth dapat anda baca di sini dan pengertian tentang WiFi dapat anda baca di sini.

Jangkauan
Jangkauan wi-fi adalah cukup tinggi, sekitar 100 meter dari simpul jaringan nirkabel. Bluetooth, di sisi lain memiliki jarak sekitar 10 kaki. (dengan catatan tergantung dari jenis wifi dan bluetooth)
Jenis Jaringan
Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network), sedang dalam kasus bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network).
Tingkat keamanan
Tingkat keamanan pengiriman data untuk bluetooth lebih aman dibandingkan wifi. Namun bluetooth sendiri memiliki kekurangan karena rentan terhadap penyebaran virus.
Persamaan WiFi dengan Bluetooth:
-Merupakan teknologi tanpa kabel
-Wifi dan bluetooth beroperasional dari frekuensi 2,402 – 2,483 GHz, sehingga bila Bluetooth dan Wi-Fi beroperasi pada saat yang sama di tempat yang sama, maka tidak menghapus kemungkinan akan terjadi crash.
Kelebihan Bluetooth:
-Bisa transfer file dengan gratis, tanpa perlu biaya download. 
-Biaya murah dan Konsumsi daya lebih rendah dibanding WiFI. 
-Perangkat mudah digunakan, karena tanpa perlu dikonfigurasi terlebih dahulu.
-Dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke handphone dan sebaliknya. 
-Memiliki fitur-fitur keamanan : Enkripsi data, Autentikasi user , Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec) , Output power control. 
-Dapat menembus rintangan dan penghalang seperti dinding. 
-Tidak memerlukan kabel atau kawat. 
-Dapat digunakan sebagai penghubung modem.
Kekurangan Bluetooth:
-Kecepatan transfer bluetooth tidak selalu sama, tergantung dari perangkat yang mengirim dan yang menerima. 
-Ketika melakukan transfer file, tidak jarang selain mendapatkan file lain semisal virus. 
-Keamanannya terkadang sering tidak menditeksi virus sehingga dalam proses transfer data si penerima data menerima data yang sudah terserang virus. 
-Hanya dapat menghubungkan maksimum 7 perangkat, walaupuan dalam kenyataannya hanya 2 perangkat yang terhubung sedang yang lain harus menunggu. 
-Menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar sehingga apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan. 
-Terkadang terjadi kegagalan pengiriman atau penerimaan.
Kelebihan WiFi:
-Wilayah cakupan amat luas, kecuali di daerah tertentu yang tidak dapat dijangkau. 
-Lebih reliable dalam arti lebih sedikit kegagalannya dibandingkan metode akses darat. 
-Produk WiFi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan. 
-Jaringan WiFi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client station seperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnya seperti pengguna pindah di sekeliling sebuah gedung atau area. 
-Kecepatan transfer lebih tinggi
Kekurangan WiFi:
-Point-to-pointer wireless LAN harus dalam keadaan tidak terhalang apa pun, baik itu pepohonan maupun gedung agar dapat dipakai. 
-Tingkat sekuritas lemah, mudah di hack (penyadapan, injection, jamming, hijacking, access control,dsb) 
-Bila ada medan elektromagnetik dalam frekuensi yang sama saling berdekatan akan terjadi interferensi.
sumber: berbagai artikel di internet

Cara transfer file dengan wifi pada android
Beberapa cara untuk melakukan transfer dengan menggunakan media wifi. Namun pada artikel tips droid kali ini saya hanya membahas beberapa saja, diantaranya:

1.Menggunakan aplikasi wifi file transfer
Caranya cukup mudah, anda download aplikasinya dengan klik gambar di bawah ini, kemudian masukan URL yang diberikan pada android yang anda install aplikasi tersebut pada web browser pada PC atau perangkat lain yang terkoneksi dalam satu jaringan.
PRO Version
Caranya:
1.Download dan install aplikasi wifi file transfer di atas
2.Koneksikan android anda dan PC atau perangkat yang hendak anda transfer pada satu jaringan wireless (wlan)
3.Buka aplikasi wifi file transfer dan klik tombol start
4.Anda akan mendapatkan alamat url (contoh pada gambar http://192.168.1.100:1234)
5.Masukan alamat tersebut pada web browser pada PC atau perangkat yang anda koneksikan
6.Lakukan transfer file.

Catatan:
-untuk melakukan koneksi tersebut harus dalam satu jaringan wireless (wlan)
-tidak memerlukan koneksi internet untuk melakukan transfer file melalui wifi
-untuk yang trial version, hanya dibatasi transfer sebesar 4MB
Permasalahan yang sering terjadi jika anda tidak terkoneksi:
-Pastikan android dan perangkat anda dalam satu jaringan WLAN. 
-Pastikan port yang tertulis pada aplikasi wifi file transfer tidak dalam posisi digunakan oleh perangkat android maupun perangkat yang hendak anda gunakan untuk melakukan pertukaran file. 
-Pastikan wifi pada kedua perangkat tidak mengalami permasalahan dan dapat berjalan lancar.
2.Dapat juga menggunakan remote android pada PC yang telah saya tulis caranya pada artikel tips droid sebelumnya di sini.

3.Menggunakan aplikasi file xplorer yang dilengkapi tranfer file melalui jaringan wireless seperti contohnya aplikasi file expert, dan ES File Xplorer atau menggunakan alternatif wifi file transfer yang dapat anda cari di sini.
Judul Transfer File Dengan WiFi Android
Deskripsi Sering kali kita bertukar file dengan teman, untuk melakukan pertukaran pada umumnya kita menggunakan fitur bluetooth pada android kita, ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger