• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

UnBrick Android

Posted on Kamis, 11 Oktober 2012 - 19.25 with 6 comments

Istilah Brick sudah tidak asing lagi bagi anda pengguna android, Bagi yang belum mengetahui,apakah arti brick dalam android? Seberapa besar peluang brick? Langkah apa yang harus saya tempuh ketika Brick? Mari kita share bersama tentang cara mengatasi ketika HH dalam posisi brick.


Dalam meng-unbrick Device ada beberapa macam cara, berdasarkan jenis devicenya kemungkinan caranya berbeda namun secara logika kerja sama, brick terjadi sebagian besar dikarenakan tidak dapat mengakses bootloader secara sempurna, biasa disertai indikasi yang berbeda pula seperti bootloop(restart terus menerus), blank screen(layar hitam tidak ada respon), HH tidak menyala dan sebagainya

Brick dibagi menjadi dua hal yaitu Softbrick (brick terjadi karena software yang rusak) dan Hardbrick (brick terjadi karena ada kerusakan pada hardware)

Penanganan brick pada android (sebagian besar logika kerja sama):
>>Jika softbrick, langkah aman yang dapat anda lakukan (standart teknisi) anda flash ulang firmware bawaan(untuk softbrick), untuk bagian ini saya tidak menjelaskan secara detail bagaimana anda me-flash ulang karena tiap device cara berbeda (Samsung-odin, LG-KDZ tools, Sony Ericsson-SE FlashTool, HTC-Micro Box, dan sebagainya) namun saya yakin anda pasti bisa

>>Jika anda seorang expert, anda dapat mengedit dan mencari penyebab terjadi brick(pada umum di bootloader dikarenakan ada suatu kesalahan sehingga perangkat anda tidak bisa melakukan booting dengan sempurna)

>>Dapat juga dengan tools alternatif seperti contohnya one click unbrick (untuk device vendor samsung)

Requirement:
  1. pastikan Java sudah terinstal di PC kita, jika belum ada, bisa install disini
  2. download one-click-unbrick tool disini kemudian extract
Proses:

1.Copy file OneClick.jar ke folder
OneClick\heimdalloneclick\resources\HeimdallPackage.
2.Klik kanan oneclickloader.exe dan di run as administrator

3.Setelah proses installasi selesai, muncul OneClickUnbrick interface
4.Hubungkan HH dengan PC dan klik button unsoft brick, proses unbrick segera berjalan (pastikan USB driver sudah terinstall/untuk mengunduh driver anda bisa melihat di situs official vendor)


>>Jika ternyata android anda mengalami hardbrick (dengan indikasi tidak bisa menyala atau dicharge), maka anda dapat melakukan cara ini:
1.Cabut battery, SIM/UIM card, microSD
2.Koneksikan kabel USB dengan komputer/laptop(disarankan, dengan alasan masih bisa menyala walaupun listrik padam)
3.Tekan tombol sesuai android anda (contohnya ada beberapa yg menggunakan tombol vol down,ada juga tombol vol up dan down)
4.Jika terlihat kedipan,maka ada harapan untuk hidup lagi, pastikan baterai penuh dan lakukan flash ulang(disarankan firmware bawaan)
5.Jika tidak terlihat tanda tersebut maka ada kemungkinan anda harus meneliti hardware baik chipsetnya atau komponen lain(jika ingin lebih mudah,biasa teknisi vendor pada official service center, langsung mengambil langkah "ganti mesin")
Catatan:
-Perlu diingat,kondisi barang setelah ganti mesin tidak sesempurna sebelum ganti, walaupun mesin tersebut baru. 
-Artikel ini saya buat dengan menggunakan perangkat samsung, untuk perangkat dengan vendor lain ada kalanya cara tersebut berbeda. 
-Jika brick dikarenakan perangkat keras yang rusak, cara tersebut kemungkinan tidak dapat anda gunakan untuk unbrick perangkat sebelum anda melakukan pengantian komponen perangkat yang rusak. 
-Gunakan cara ini jika anda telah melakukan flash ulang ROM ketika perangkat anda brick, namun tidak kunjung kembali normal. 
-Untuk perangkat lain, anda bisa mencari caranya pada mesin pencari google atau menuju pada list phone unbrick pada forum XDA yang dapat anda baca di sini.
Judul UnBrick Android
Deskripsi Istilah Brick sudah tidak asing lagi bagi anda pengguna android, Bagi yang belum mengetahui,apakah arti brick dalam android? Seberapa bes...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. gan, kalo hh g kedetek di kompie gmana?G bisa ya pk oneclick?
    Hh ane matot g tw knp, kmren mw flash pk ulang pk kdz updater, trnyata gagal. Hh ane matiin, pas mau diidupin lg eh g nyala2 lg, kl itu softbrick/hardbrick?
    Thx

    BalasHapus
  2. Coba colokin charger, kl masih ada respone berarti softbrick, kl kaga ada respone 70% hardbrick
    Kl softbrick, flash ulang

    BalasHapus
  3. hardbrick masih ada kmungkinan nyala lg g c gan, kl dbawa ke service centre?

    BalasHapus
  4. Sudah anda check ulang n yakin hardbrick? Sebaiknya anda bawa perangkat anda pada teknisi atau service center. Hardbrick beberapa kasus bisa diperbaiki namun beberapa diantaranya harus ganti perangkat keras (biasanya ganti board)

    BalasHapus
  5. gan hh saya klu charge masih respon cuma ga mau hidup, trs saya coba unblick failed d. yg saya mau naya
    itu driver OMAP4430 itu pa d? tq

    BalasHapus
  6. Kl masih mau respone, coba flash ulang aja
    Mungkin ga idup karena system bermasalah

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger