• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Arti Status Error Code Android

Posted on Kamis, 13 September 2012 - 22.04 with 8 comments

Sering kali kita menjumpai sebuah peringatan error dalam bentuk kode angka. Namun kita terkadang tidak mengetahui arti dari kode tersebut sehingga kita tidak mengetahui permasalahan dan bagaimana solusi terhadap error tersebut. Pada artikel tips droid ini saya hendak mencoba untuk berbagi bersama dengan anda tentang arti dari error code tersebut.

Apakah anda sering menjumpai sebuah peringatan seperti gambar di bawah ini? 
Bagaimana solusi anda ketika menjumpai error dengan kode angka seperti gambar tersebut? Mari kita berbagi tentang arti error codes pada android. Saya akan membantu anda untuk mencari arti error tersebut dari beberapa sumber di internet baik wikipedia, forum, blog dan sumber lainnya.

HTTP status codes (biasa terjadi pada  web browser dan aplikasi yang mempunyai dasar web browser seperti misalnya pada google play store)
Sumber: Wikipedia

1xx Informational 
Permintaan diterima, proses berkelanjutan. Kelas ini menunjukkan kode status respon sementara, hanya terdiri dari Line Status dan header opsional, dan diakhiri oleh sebuah baris kosong. Sejak HTTP/1.0 tidak mendefinisikan setiap kode status 1xx, server tidak harus mengirim respon 1xx ke klien HTTP/1.0 kecuali dalam kondisi eksperimental.

100 Continue
Ini berarti bahwa server telah menerima "header" permintaan, dan bahwa klien tersebut harus dilanjutkan untuk mengirim permintaan "body" (dalam hal permintaan yang "body" perlu dikirim, misalnya, permintaan POST). Jika permintaan pada "body" besar, maka akan mengirimnya ke server ketika permintaan telah ditolak berdasarkan "header" yang tidak sesuai dan tidak efisien. Untuk meminta server memeriksa apakah permintaan itu bisa diterima didasarkan pada "header" permintaan itu sendiri, klien harus mengirimkan dan mengubah menjadi: 100-terus sebagai "header" dalam permintaan awal dan memeriksa apakah 100 Lanjutkan kode status diterima di respon sebelum terus (atau menerima 417 Harapan Gagal dan tidak melanjutkan).

101 Switching Protocols
Ini berarti pemohon telah meminta server untuk beralih protokol dan server mengakui bahwa ia akan melakukannya.

102 Processing (WebDAV; RFC 2518)
Sebagai permintaan WebDAV mungkin berisi banyak sub-permintaan yang melibatkan operasi file, mungkin diperlukan waktu lama untuk menyelesaikan permintaan tersebut. Kode ini menunjukkan bahwa server telah menerima dan memproses permintaan tersebut, tetapi tidak mendapatkan respon belum tersedia. Hal ini mencegah klien dari waktu keluar dan dengan asumsi permintaan itu hilang.

2xx Success
Informasi kode status menunjukkan aksi yang diminta oleh klien diterima, dipahami, disetujui dan diproses dengan sukses.

200 OK
Standar respon untuk permintaan HTTP sukses. Tanggapan sebenarnya akan tergantung pada metode permintaan yang digunakan. Pada permintaan GET, respon akan berisi suatu entitas sesuai dengan sumber daya yang diminta. Dalam permintaan POST respon akan berisi Entitas yang menggambarkan atau mengandung hasil dari tindakan.

201 Created
Permintaan tersebut telah dipenuhi dan menghasilkan sumber daya baru yang diciptakan.

202 Accepted
Permintaan tersebut telah diterima untuk diproses, tetapi proses tersebut belum selesai. Permintaan mungkin atau tidak mungkin akhirnya ditindaklanjuti, karena akan menjadi batasan saat memproses sebenarnya terjadi.

203 Non-Authoritative Information (sejak HTTP/1.1)
Server berhasil memproses permintaan, tetapi mengembalikan informasi yang mungkin dari sumber lain.

204 No Content
Server berhasil memroses permintaan, tetapi tidak mengembalikan konten apa pun.

205 Reset Content
Server berhasil memproses permintaan, tetapi tidak mengembalikan konten. Tidak seperti respons 204, respons ini mengharuskan pemohon mereset tampilan dokumen.

206 Partial Content
Server memberikan hanya sebagian dari sumber daya karena sundulan jarak yang dikirim oleh klien.
Header" digunakan oleh berbagai tool seperti wget untuk memungkinkan melanjutkan download yang terputus, atau split download ke dalam aliran simultan.

207 Multi-Status (WebDAV, RFC 4918)
Isi pesan berikut adalah pesan XML dan dapat berisi sejumlah kode respon terpisah, tergantung pada berapa banyak sub-permintaan dibuat.

208 Already Reported (WebDAV; RFC 5842)
Bagian dari DAV telah disebutkan dalam jawaban sebelumnya untuk permintaan ini, dan tidak diikutsertakan lagi.

226 IM Used (RFC 3229)
Server telah memenuhi permintaan "GET" untuk sumber daya, dan respon merupakan representasi dari hasil dari satu atau lebih contoh-manipulasi diterapkan pada contoh saat ini.

3xx Redirection
Klien harus mengambil tindakan tambahan untuk menyelesaikan permintaan tersebut. Kode status menunjukkan bahwa tindakan lebih lanjut harus dilakukan oleh agen pengguna untuk memenuhi permintaan tersebut. Tindakan yang diperlukan dapat dilakukan oleh agen pengguna tanpa interaksi dengan pengguna jika dan hanya jika metode yang digunakan dalam permintaan kedua adalah "GET" atau "HEAD". Agen pengguna tidak harus secara otomatis mengarahkan permintaan ulang lebih dari lima kali, sejak pengalihan tersebut biasanya menunjukkan infinite loop.

300 Multiple Choices
Menunjukkan beberapa pilihan untuk sumber daya yang klien dapat ikuti, misalnya, dapat digunakan untuk menyajikan pilihan format yang berbeda untuk daftar file video, dengan ekstensi yang berbeda, atau disambiguasi kata rasa.

301 Moved Permanently
Ini dan semua permintaan yang akan anda kerjakan harus diarahkan ke URI yang diberikan.

302 Found
Ini adalah contoh dari praktik yang bertentangan dengan standar. Spesifikasi HTTP/1.0 (RFC 1945) yang dibutuhkan klien untuk melakukan redirect sementara (frase yang menggambarkan asli "Dipindahkan sementara"), tetapi browser populer diimplementasikan 302 dengan fungsionalitas dari "303 See Other". Oleh karena itu, HTTP/1.1 menambahkan kode status 303 dan 307 untuk membedakan antara dua perilaku. Namun, beberapa aplikasi Web dan kerangka kerja menggunakan kode status 302 seolah-olah itu adalah 303 sebagai rujukan.

303 See Other (since HTTP/1.1)
Respon terhadap permintaan tersebut dapat ditemukan di bawah URI lain menggunakan metode "GET". Ketika diterima sebagai tanggapan atas "POST" (atau PUT / DELETE), harus diasumsikan bahwa server telah menerima data dan redirect harus diterbitkan terpisah dengan pesan "GET".

304 Not Modified
Menunjukkan sumber daya belum diubah sejak diminta terakhir. Biasanya, klien HTTP menyediakan sebuah "header" seperti "If-Modified-Since header" untuk memberikan waktu terhadap yang membandingkan. Menggunakan ini menghemat bandwidth dan pengolahan ulang pada server dan klien, karena hanya data header yang harus dikirim dan diterima dibandingkan dengan keseluruhan halaman yang kembali diproses oleh server, kemudian dikirim lagi menggunakan lebih banyak bandwidth dari server dan klien .

305 Use Proxy (since HTTP/1.1)
Banyak klien HTTP (seperti Mozilla dan Internet Explorer) tidak benar menangani tanggapan dengan kode status, terutama untuk alasan keamanan.

306 Switch Proxy
Tidak lagi digunakan aslinya yang berarti "permintaan berikutnya harus menggunakan proxy yang ditentukan."

307 Temporary Redirect (since HTTP/1.1)
Dalam hal ini, permintaan tersebut harus diulang dengan URI lain, namun, permintaan selanjutnya masih dapat menggunakan URI asli. Berbeda dengan 302, metode permintaan tidak boleh berubah saat penerbitan kembali permintaan yang asli. Misalnya, permintaan "POST" harus diulang menggunakan permintaan "POST" lain.

308 Permanent Redirect (experimental Internet-Draft)
Permintaan, dan semua permintaan selanjutnya harus diulang menggunakan URI lain. 307 dan 308 (seperti yang diusulkan) paralel perilaku 302 dan 301, tetapi tidak memerlukan metode HTTP untuk berubah. Jadi, misalnya, mengirimkan formulir ke sumber daya secara permanen yang diarahkan dapat berjalan terus dan lancar.

4xx Client Error
Kode status ini dimaksudkan untuk kasus di mana klien tampaknya telah keliru. Kecuali ketika menanggapi permintaan "HEAD", server harus mencakup suatu entitas yang berisi penjelasan tentang situasi kesalahan, dan apakah itu merupakan kondisi sementara atau permanen. Kode-kode status yang berlaku untuk semua metode permintaan. Agen pengguna harus menampilkan setiap entitas termasuk kepada pengguna.

400 Bad Request
Permintaan tidak dapat dipenuhi karena sintaks yang buruk.

401 Unauthorized
Mirip dengan 403 Terlarang, tetapi khusus untuk digunakan ketika otentikasi  yang mungkin gagal atau belum diberikan. Respon tersebut harus meliputi bidang "WWW-Authenticate header" yang berisi aturan yang berlaku untuk sumber daya yang diminta. Lihat otentikasi akses dasar dan akses otentikasi Digest.

402 Payment Required
Pemesanan yang digunakan untuk penggunaan selanjutnya. Tujuan awal adalah bahwa kode ini dapat digunakan sebagai bagian dari beberapa bentuk digital cash atau skema micropayment, tapi hal itu tidak terjadi, dan kode ini biasanya tidak digunakan. Sebagai contoh penggunaannya, ketika aplikasi berbayar pada play store, layanan menghasilkan kesalahan 402 ("httpStatusCode: 402" di log android Console) jika account tidak melakukan pembayaran dengan benar / menunggak.

403 Forbidden
Permintaan yang berasal dari permintaan hukum, tapi server menolak untuk menanggapinya Tidak seperti respon 401 tidak sah, otentikasi akan membuat perbedaan.

404 Not Found
Sumber yang diminta tidak dapat ditemukan tetapi mungkin tidak tersedia lagi di masa mendatang. Permintaan selanjutnya oleh klien diperbolehkan.

405 Method Not Allowed
Permintaan terbuat dari sumber daya menggunakan metode permintaan tidak didukung oleh sumber daya yang ada, misalnya, menggunakan "GET" pada formulir yang memerlukan data yang akan disajikan melalui "POST", atau menggunakan "PUT" pada sumber daya "read-only".

406 Not Acceptable
Sumber daya yang diminta hanya mampu menghasilkan konten tidak dapat diterima menurut "Accept header" yang dikirim dalam permintaan tersebut.

407 Proxy Authentication Required
Klien harus terlebih dahulu mengotentikasi dirinya dengan proxy.

408 Request Timeout
Server timeout menunggu permintaan Menurut W3 spesifikasi HTTP:. "Klien tidak akan menciptakan permintaan dalam kurun waktu  yang di tentukan sehingga server siap menunggu agar Klien MUNGKIN mengulangi permintaan tanpa modifikasi pada setiap waktu."

409 Conflict
Menunjukkan bahwa permintaan tidak dapat diproses karena konflik dalam permintaan, seperti konflik penyuntingan.

410 Gone
Menunjukkan bahwa sumber daya yang diminta tidak tersedia lagi dan tidak akan tersedia lagi. Ini harus digunakan bila sumber daya sengaja dihapus dan sumber daya harus dibersihkan. Setelah menerima kode status 410, klien tidak harus meminta sumber daya lagi di masa depan. Klien seperti mesin pencari harus menghapus sumber daya dari indeks mereka. Kebanyakan kasus penggunaan tidak memerlukan klien dan mesin pencari untuk membersihkan sumber daya, dan "404 Tidak Ditemukan" dapat digunakan sebagai gantinya.

411 Length Required
Permintaan tidak sesuai dengan panjang isi yang diperlukan oleh sumber daya yang diminta.

412 Precondition Failed
Server tidak memenuhi salah satu prasyarat bahwa pemohon memakai permintaan tersebut.

413 Request Entity Too Large
Permintaan lebih besar dari kapasitas server, sehingga server tidak mampu untuk memproses.

414 Request-URI Too Long
URI yang diberikan terlalu panjang untuk server untuk diproses.

415 Unsupported Media Type
Entitas permintaan memiliki tipe media yang server atau sumber daya tidak dukung. Sebagai contoh, klien upload gambar sebagai gambar / svg + xml, tetapi server mengharuskan gambar menggunakan format yang berbeda.

416 Requested Range Not Satisfiable
Klien telah meminta untuk sebagian dari file, tetapi server tidak dapat menyediakan bagian itu. Sebagai contoh, jika klien meminta bagian dari file yang terletak di luar akhir file.

417 Expectation Failed
Server tidak dapat memenuhi persyaratan bidang "Expect request-header".

418 I'm a teapot (RFC 2324)
Kode ini didefinisikan pada tahun 1998 sebagai salah satu "IETF April Fools' jokes", dalam "RFC 2324", "Hyper Text Coffee Pot Control Protocol", dan tidak untuk dilaksanakan oleh server HTTP yang sebenarnya. Namun, implementasi yang diketahui memang ada.

420 Enhance Your Calm (Twitter)
Dikembalikan oleh Twitter Search dan Trends API ketika klien sedang dalam tingkat terbatas. Layanan lain mungkin ingin menerapkan kode 429 Terlalu Banyak Permintaan respon gantinya.

422 Unprocessable Entity (WebDAV; RFC 4918)
Permintaan tersebut adalah "well-formed" tetapi tidak dapat diikuti karena kesalahan semantik.

423 Locked (WebDAV; RFC 4918)
Sumber daya yang sedang diakses terkunci.

424 Failed Dependency (WebDAV; RFC 4918)
Permintaan gagal karena kegagalan permintaan sebelumnya.

425 Unordered Collection (RFC 3648)
Didefinisikan dalam draft "WebDAV Advanced Collections Protocol", tetapi tidak hadir dalam "Web Distributed Authoring and Versioning (WebDAV) Ordered Collections Protocol".

426 Upgrade Required (RFC 2817)
Klien harus beralih ke protokol yang berbeda seperti TLS/1.0.

428 Precondition Required
Server asal memerlukan permintaan untuk menjadi bersyarat. Dimaksudkan untuk mencegah hilang update yang masalah, di mana klien "GETs" pada sumber daya itu, telah dimodifikasi, dan menempatkan kembali ke server, ketika sementara pihak ketiga telah dimodifikasi di server, yang mengarah ke konflik. Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

429 Too Many Requests (approved Internet-Draft)
Pengguna telah mengirim terlalu banyak permintaan dalam jumlah waktu tertentu. Ditujukan untuk digunakan dengan skema pembatasan. Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

431 Request Header Fields Too Large
Server tidak bersedia untuk memproses permintaan tersebut karena baik sebagai kolom header individu, atau semua bidang header kolektif, terlalu besar. Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

444 No Response (Nginx)
Sebuah ekstensi pada Nginx HTTP server. Server mengembalikan tidak ada informasi kepada klien dan menutup koneksi (berguna sebagai pencegah malware).

449 Retry With (Microsoft)
Sebuah ekstensi pada Microsoft. Permintaan harus dicoba setelah melakukan tindakan yang sesuai.

450 Blocked by Windows Parental Controls (Microsoft)
Sebuah ekstensi Microsoft. Kesalahan ini diberikan ketika Windows Parental Controls diaktifkan dan memblokir akses ke halaman web tertentu.

499 Client Closed Request (Nginx)
Sebuah ekstensi pada Nginx HTTP server. Kode ini diperkenalkan untuk login kasus ketika koneksi ditutup oleh klien sementara HTTP server memproses permintaan tersebut, membuat server tidak dapat mengirim header HTTP kembali.

5xx Server Error
Server gagal untuk memenuhi permintaan tampaknya sah. Kode status respon dimulai dengan digit "5" menunjukkan kasus di mana server adalah menyadari bahwa ada kesalahan pada atau sebaliknya tidak mampu melakukan permintaan tersebut. Kecuali ketika menanggapi permintaan "HEAD", server harus mencakup suatu entitas yang berisi penjelasan tentang situasi kesalahan, dan menunjukkan apakah ini adalah kondisi sementara atau permanen. Demikian pula, klien harus menampilkan setiap entitas termasuk kepada pengguna. Kode-kode respon berlaku untuk metode apapun permintaan.

500 Internal Server Error
Sebuah pesan kesalahan generik, diberikan bila tidak ada pesan yang lebih spesifik sesuai.

501 Not Implemented
Server tidak mengenali metode permintaan, atau tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi permintaan tersebut.

502 Bad Gateway
Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima respon tidak valid dari server hulu.

503 Service Unavailable
Server saat ini tidak tersedia (karena kelebihan beban atau sedang maintenance). Umumnya, ini adalah keadaan sementara.

504 Gateway Timeout
Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan tidak menerima respon yang tepat waktu dari server hulu.

505 HTTP Version Not Supported
Server tidak mendukung versi protokol HTTP digunakan dalam permintaan.

506 Variant Also Negotiates (RFC 2295)
Isi dari "content negotiation" yang merupakan hasil permintaan dari "a circular reference".

507 Insufficient Storage (WebDAV; RFC 4918)
Server tidak dapat menyimpan representasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan tersebut.

508 Loop Detected (WebDAV; RFC 5842)
Server terdeteksi pengulangan secara terus menerus saat memproses permintaan (dikirim sebagai pengganti 208).

509 Bandwidth Limit Exceeded (Apache bw/limited extension)
Kode status sementara digunakan oleh banyak server, tidak ditentukan dalam RFC.

510 Not Extended (RFC 2774)
Ekstensi permintaan lebih lanjut yang diperlukan server untuk memenuhinya.

511 Network Authentication Required (approved Internet-Draft)
Klien perlu mengotentikasi untuk mendapatkan akses jaringan. Dimaksudkan untuk digunakan untuk mencegat proxy yang digunakan untuk mengontrol akses ke jaringan (misalnya "captive portal" yang digunakan untuk meminta perjanjian untuk Persyaratan Layanan sebelum memberikan akses internet secara penuh melalui hotspot Wi-Fi). Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

598 Network read timeout error
Ini kode status tidak ditentukan dalam RFC, tapi digunakan oleh beberapa [yang] proxy HTTP untuk sinyal jaringan membaca batas waktu di belakang proxy ke client di depan proxy.

599 Network connect timeout error
Ini kode status tidak ditentukan dalam RFC, tapi digunakan oleh beberapa [yang] proxy HTTP untuk sinyal jaringan menghubungkan batas waktu di belakang proxy ke client di depan proxy.

Nandroid Error Code. 
Sumber: Beberapa forum android
0 - Bad phone number

14 - Tampaknya terjadi ketika menerapkan format rom.tgz. Ekstensi terlalu banyak pada akhir (Sebagai contoh rom.tgz.tgz, Seharusnya Rom.tgz) Hal ini juga bisa disebabkan oleh exracting a. Rom.tgz. File-file perlu ditinggalkan sebagai file. Rom.tgz.

21 - Nama file dari folder tersebut memiliki ruang di dalamnya. (Contohnya: nandroid / sampel rom, perlu nandroid / samplerom)

25 - rom adalah dalam subfolder terlalu banyak. (Contohnya: nandroid / samplerom / samplerom, perlu menjadi nandroid / samplerom)

28 - rom tersebut rusak.

31 - sdcard telah menjadi korup. Format melalui android melalui PC Anda  atau disebabkan format tidak benar.

34 - Terjadi ketika melakukan backup dan tidak ada cukup ruang pada sdcard tersebut. Hapus beberapa file untuk membuat ruang dan mulai lagi.

35 - Nama untuk cadangan terlalu banyak karakter. Cukup ganti namanya.

38 - Error karena media player yang tidak teridentifikasi

67 - Data call failure

97 - SMS Error Class 2.

101 - Market Error 101 Download Failed.

128 - Data call failure

492 - Error yang disebabkan karena kesalahan pada system

941 - Update error, gagal update

2128 - Malfungtion operator selular


Catatan:
Jika anda menemukan error code lainnya, kami menghimbau anda untuk mengkomentari artikel ini, dan saya akan menambahkan list error code pada artikel ini (atau membantu anda untuk mencarikan solusinya).
Judul Arti Status Error Code Android
Deskripsi Sering kali kita menjumpai sebuah peringatan error dalam bentuk kode angka. Namun kita terkadang ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

8 komentar:

  1. bos, ane mau install apk dari gplay store tapi 'due to an error 403' terus nih.. kenapa ya? apa yg harus ane lakuin?

    BalasHapus
  2. Servernya ga memperbolehkan itu, kl server ya mo gmana lagi ga bisa berbuat apa2 :D

    BalasHapus
  3. maksudnya server nya gak memperbolehkan tuh gimana bos??
    terus gimana?? gak guna lagi donk HH ane..

    BalasHapus
  4. Betul dari server kemungkinan file tersebut sudah dihapus, melanggar aturan IT sehingga di blokir, ada pemblokiran dari pihak operator atau mungkin anda mengalami permasalahan (seperti contohnya di banned)

    Sebaiknya menghubungi teknisi terdekat, sebab jika saya jelaskan di sini maka akan panjang secara penjelasan

    BalasHapus
  5. waduh,, kyanya parah bgt deh.. padahal HH ane gak buat ngapa2in koq, wajar2 aja penggunaannya..
    maksudnya teknisi dsini itu yg ngerti msalah android apa serber..???

    BalasHapus
  6. Bukannya parah, cuma sebaiknya anda bawa pada service center terlebih dahulu saja, sebenarnya ga parah, namun jika saya jelaskan disini maka akan panjang sekali :)

    BalasHapus
  7. galaxy pocket , suka error gan...
    kaya bug gt.....
    dan harap cek ke *#9900# gan...
    cb cek aj gan....

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger