• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tips Memilih Android Single atau Dual SIM

Posted on Kamis, 13 September 2012 - 21.30 with No comments

Kecenderungan pengguna ponsel di Indonesia memang bisa dikatakan unik, sebagian besar konsumen di Indonesia menggunakan lebih dari satu kartu sehingga hal ini menjadikan peluang usaha dari berbagai vendor untuk menciptakan perangkat dual SIM termasuk perangkat android. Pada artikel ini mari kita berbagi tentang android single SIM dengan android dual SIM.

Setelah sebelumnya segmen ini menjadi pasar buat android lokal, namun beberapa saat ini menjadikan peluang baru bagi vendor global. Meskipun pasar pengguna android dual SIM belum terlalu besar, namun ke depannya bisa jadi hal ini akan menjadi trend menarik melihat kecenderungan pengguna di Indonesia.

Tapi banyak juga yang melihat bahwa pada rentan harga yang sama, android dual SIM kalah kelas dengan android single SIM, sebelum tentukan pilihan, mari kita berbagi pada artikel tips droid ini.

Kemudahan memilih layanan operator
Bagi anda yang punya lebih dari satu kartu, dengan adanya android dual SIM jelas sangat menguntungkan. Hal ini akan memberikan kesempatan anda untuk memilih layanan dari masing-masing operator. Layanan di sini bisa berupa percakapan, pesan atau data. Anda dapat leluasa menggunakan paket layanan yang cocok dan sesuai dengan promo yang sedang dilakukan oleh operator.
Kelengkapan fitur koneksi data
Di sini anda juga perlu memperhatikan kelengkapan sarana koneksi data yang dimiliki, sebelumnya android dual SIM masih sebatas menyajikan koneksi 2.5 G atau 3 G. Namun kini jalur konektivitas makin lengkap dengan tersedianya kanal HSDPA. Pada android dual SIM biasanya kartu pertama digunakan sebagai kartu utama. Di sini jalur data yang digunakan bisa sampai teknologi 3.5 G, sementara slot kartu kedua lebih disiapkan untuk keperluan komunikasi dan jalur datanya sebatas 2.5 G. 
Anda perlu secara cermat memilih paket layanan data yang diberikan operator. Dengan adanya paket layanan data, anda tidak perlu direpotkan dengan segala macam hal tentang layanan data yang terkait dengan koneksi ke jaringan internet. Terlebih lagi perangkat android yang terbilang rakus akan konsumsi data. Dengan adanya dual SIM maka, anda dapat mengoptimalkan segala macam kecanggihan dan aplikasi yang ada dalam android tersebut dengan segala kemurahan layanan paket yang ditawarkan pihak operator.
Perbandingan spesifikasi dengan harga
Sebelumnya android dual SIM belum terdengar gaungnya di pasaran Indonesia, mengingat pasaran android lokal yang bermain pada segmen ini. Tapi sejak adanya vendor global yang mulai memasuki segmen ini, maka popularitas android dual SIM kian meningkat. Hal lain yang dapat digunakan sebagai acuhan pertimbangan adalah mengenai perihal harga. Kesesuaian harga dengan spesifikasi yang dimiliki perangkat. Pada harga yang sama hardware single SIM lebih tinggi spesifikasinya dibanding dengan dual SIM, selain itu disisi fitur pelengkap lainnya dapat juga dijadikan pertimbangan seperti kamera, kapasitas RAM, bahkan sampai jenis layar yang digunakan.
Versi android
Versi android juga menjadi perhatian tersendiri, paling tidak usahakan android yang mengusung versi gingerbread, lebih bagus lagi jika anda mendapatkan versi ICS. Dengan versi android bawaan yang sama, pada umumnya android single SIM lebih murah dibandingkan android dual SIM.
Kapasitas baterai
Titik perhatian lain yang perlu anda perhatikan adalah kapasitas baterai yang dimiliki perangkat, mengingat pada perangkat android memerlukan asupan daya yang relatif besar. Pada perangkat single SIM, pengguna android sering kali mengeluhkan tentang borosnya baterai dan dapat anda bayangkan jika pada dual SIM, ketika signal pada perangkat tidak stabil dapat menjadikan lebih boros, oleh karena itu kapasitas baterai pada dual SIM perlu menjadi perhatian khusus bagi anda yang memiliki perangkat tersebut.
Fitur Tambahan pada perangkat
Pada android dual SIM terkadang memiliki kelebihan dibanding dengan android single SIM, khususnya pada android dual SIM lokal. Disini anda akan mendapatkan fitur yang belum dipunyai android single SIM global. Salah satunya adalah fitur TV analog seperti halnya yang dimiliki oleh android lokal lainnya.

Lebih praktis

Faktor- faktor diatas bisa jadi bahan pertimbangan anda sebelum membeli Android dual SIM. Tentu ke depannya akan semakin banyak beredar HP-HP Android sejenis yang memiliki fitur canggih nan menawan namun lebih bersahabat bagi budget anda. Paling penting adalah anda dapat menikmati layanan data yang disediakan operator berbeda tanpa harus membawa HP lebih dari satu.
Judul Tips Memilih Android Single atau Dual SIM
Deskripsi Kecenderungan pengguna ponsel di Indonesia memang bisa dikatakan unik, sebagian besar konsumen di...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger