• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tips Memilih Android Murah ( Android Lokal )

Posted on Kamis, 13 September 2012 - 21.21 with 4 comments

Begitu banyak tipe dan jenis android yang beredar di pasaran. Banyak sekali smartphone android baik dari vendor lokal  sampai dengan global ikut meramaikan pasar yang sangat potensial ini dan dengan adanya rentang harga yang beraneka ragam. Bagi anda yang berkantong tebal mungkin tidak masalah untuk membeli perangkat android yang high end, namun untuk anda yang mempunyai budget kecil pilihan tentu saja pada android yg low budget. Pada artikel ini mari kita berbagi bersama tips memilih android murah.

Sebelum anda menentukan pilihan, ada baiknya jika anda membaca artikel ini terlebih dahulu sehingga dapat membantu anda menemukan pilihan yang tepat.

Merk lokal mendominasi
Direntang harga yang relatif murah, belum banyak ditemukan android branded baru yang dijual dengan harga relatif murah. Beberapa nama mungkin bisa dijadikan pilihan sebagai contohnya ZTE Racer II atau Huawei Boulder.
Pada level harga ini, nama android lokal cukup mendominasi, itupun belum banyak tipe tersedia, sebagai contoh nexian dengan S Nexian Energy atau S Nexian Explorer dan IVIO yang diwakili oleh IVIO DE38.
Hal tersebut dikarenakan vendor global yang menghabiskan dana untuk melakukan riset dan pengembangan sehingga amat sulit menemukan harga yang relatif murah pada android asupan vendor global.

Ditengah dominasi GSM untuk pasar di Indonesia, kehadiran smartfren Andro Max dengan frekuensi CDMA (non GSM) bisa menjadi alternatif lain dengan low budget anda dapat menikmati android ICS yang dibekali oleh jalur data kecepatan tinggi EVDO Rev A.

Rata-rata layar masih resistive
Untuk perangkat android pada level ini, biasanya masih mengandalkan layar resistive. Kalaupun ada yang menggunakan layar kapasitif biasa respon yang diterima kurang responsif, sehingga untuk mengakses dan mengexplorasi perlu penekanan khusus pada layar, pengecualian ada pada smartfren andro max yang menggunakan layar kapasitif dengan respon yang lumayan baik (berdasarkan test bukan niat untuk iklan / artikel bersifat obyektif bukan subyektif)
Pada layar sentuh kapasitif, anda dapat menggunakan jari untuk explorasi navigasi sehingga fitur multi-touch dapat berjalan lancar dan membuat kinerja berjalan cepat dan efisien. Sementara untuk layar resistive, sensitifitas bergantung pada tekanan sehingga fitur multi-touch agak lemah.

Sebagian besar android froyo
Dalam hal versi android rata-rata untuk low budget android masih mengadopsikan versi froyo, namun ada pula beberapa yang sudah menggunakan versi gingerbread (TiPhone Evolution A500) dan versi ICS (smartfren andro max)
Meskipun kesannya sudah agak ketinggalan jaman namun android berbasis froyo menjadikan pertimbangan vendor mengingat perangkat tersebut low budget dan segmen yang dibidik oleh vendor adalah pengguna android pemula atau orang yang baru menggunakan android sehingga sebagai pertimbangannya tidak terlalu membutuhkan perangkat android dengan spesifikasi OS yang terbaru yang terkadang membinggungkan pengguna karena complex nya fitur yang ditawarkan.

Prosesor masih single core
Dengan harga yang relatif murah, tentu saja anda tidak bisa berharap dengan multi core pada perangkat. Hampir secara keseluruhan masih mengusung prosesor single core dan untuk segmen ini kecepatan prosesor mencapai kapasitas tidak lebih dari 1 GHz. Rata-rata perangkat menggunakan prosesor sebesar 600-800 MHz, dan saya sarankan anda memilih prosesor dengan kapasitas yang besar mengingat prosesor merupakan komponen yang vital seperti layaknya otak pada tubuh manusia.
Prosesor bertugas dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan operasional pada perangkat termasuk mengendalikan system perangkat. Sehingga prosesor dengan kapasitas besar akan terasa lebih cepat dan optimal dalam kemampuan multitasking.

Fitur multimedia standar
Disektor multimedia, apa yang dimiliki oleh perangkat android low budget rata-rata kurang maksimal dan standar. Kamera yang dibenamkan masih menggunakan kapasitas 2 MP hingga 3.2 MP. Fitur seperti LED Flash, auto focus, image stabilization atau smile detection umumnya belum dapat dinikmati pada segmen android low budget, alhasil hasil foto yang didapat masih standar.

Namun tidak semuanya, sebagai contoh IVIO DE38 yang sudah support auto focus, flash light, brighness dapat menjadi pertimbangan jika anda ingin membeli perangkat low budget dan menyukai fitur multimedia.

Pada sektor gambar bergerak atau video record masih VGA atau berkualitas 640x480 pixel. Alat pemutar videopun masih dibatasi tidak semua format file bisa dimainkan dan fitur flash player tidak anda dapatkan secara default pada perangkat low budget.

Untuk fitur suarapun masih berkesan standar namun anda tetap dapat mengoptimalkannya mengingat android dapat anda optimalkan secara mudah dibanding dengan OS lain.

Fitur konektivitas bervariasi
Sektor ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan anda harus jeli dalam memilih dan memperhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh perangkat, koneksi WiFi dan kanal 3g dan HSDPA telah dibenamkan pada beberapa android low budget, namun ada pula yang hanya support GPRS dan EDGE, untuk versi CDMA beberapa sudah mengadopsi jaringan EVDO Rev A, oleh karena itu teliti lagi sebelum membeli.
Untuk versi bluetooth yang dipakai, rata-rata masih menggunakan versi 2.1, yang jelas bluetooth tersebut masih kalah cepat dibanding versi 3.0 yang dibenamkan pada perangkat hig end mengingat keterbatasan budget untuk perangkat keras (untuk keterangan bluetooth dapat anda lihat dengan klik gambar logo bluetooth di bawah ini)

Kesimpulan
1.Telitilah spesifikasi sebelum membeli, bandingkan spesifikasi dan harganya
2.Pastikan garansi dan keberadaan service center yang tersedia
3.Check review pemakai pada forum, tabloid atau bertanya pada orang yang memakai perangkat tersebut atau senior dalam android
4.Pastikan purna jual (ketika anda hendak upgrade perangkat, untuk low budget biasanya purna jual tidak sebagus yang vendor global)
5.Jangan hanya tergiur oleh iklan yang ditawarkan
6.Kemudahan upgrade software
7.Kompatibilitas perangkat
Judul Tips Memilih Android Murah ( Android Lokal )
Deskripsi Begitu banyak tipe dan jenis android yang beredar di pasaran. Banyak sekali smartphone android ba...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

4 komentar:

  1. sekarang banyak banget android lokal yang kaya fitur.. tapi kualitasnya agak kurang...

    BalasHapus
  2. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our
    community. Your site provided us with valuable info
    to work on. You've done an impressive job and our whole community will be thankful to you.

    Here is my blog - Delete Duplicate Files

    BalasHapus
  3. Thx sir, of course we are here because of your support n your advice, without u, we would not be growing :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger