• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Kaskus Ubah / Ganti Domain

Posted on Senin, 10 September 2012 - 18.32 with 2 comments

Kaskus merupakan salah satu forum terbesar di Indonesia. Pada artikel ini saya hendak berbagi anda tentang seputar kaskus, dikarenakan sering kali kaskus menjadi forum rujukan kita ketika kita sedang mempunyai masalah dengan perangkat android kita, atau ketika kita akan menjual dan membeli perangkat android. Mari kita berbagi bersama tentang info kaskus yang berubah domainnya.

Sejarah kaskus (Sumber)
Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk".

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan. Karena padatnya pengunjung, pada Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server).

Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerjasama bersama Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum.[10] Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah servernya hingga 250 buah serta melakukan rekrutmen pegawai baru hingga 80 orang.

Pada 27 Mei 2012, Kaskus kembali mengubah domainnya menjadi .co.id begitu juga dengan live beta kaskus menjadi .co.id.

Alasan mengubah domain
Setelah kepanikan kaskuser dikarenakan beberapa saat ini (mei 2012) tidak bisa akses kaskus, maka inilah jawabannya:
Untuk saat ini kaskus.us tidak bisa diakses namun diganti menjadi kaskus.com yang akan redirect menuju ke kaskus.co.id, entah apa yang menjadi alasan untuk memindah domain tersebut, apakah dikarenakan persiapan untuk tampilan baru atau untuk mempercepat akses dengan menggunakan .co.id dikarenakan sebagian besar yang akses kaskus adalah orang indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda tanyakan kepada Bapak Andrew
Untuk kaskus.us diharapkan dapat di redirect juga mengingat banyak sekali link tertaut yang menggunakan URL tersebut, namun ini semua kembali kepada kebijakan bapak andrew.
Beberapa asumsi penyebab ganti domain:
1.Server Indonesia
Dikarenakan server kaskus yang lama berada di US (Denver kalau tidak salah, jika salah mohon koreksi) , dan mungkin sudah dipindahkan ke Indonesia, mengingat banyak pengguna berasal dari Indonesia, sehingga mempercepat dalam akses
2.Kaskus lebih nasionalis
Dengan menggunakan domain co.id akan lebih terlihat nasionalis.
3.Kesalahan teknis
Mungkin DNS Kaskus rusak dan terjadi kesalahan, sehingga menyebabkan perubahan domain karena kesalahannya cukup fatal.
4.Serangan peretas/Hacker
Adanya kemungkinan hacker yang telah merusak server kaskus dan akhirnya membuat kaskus terpaksa mengganti domain seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu.

Namun itu semua hanyalah sebuah asumsi saja, untuk kejelasanya penyebab pindah domain masih belum kita ketahui.

Kaskus berubah menjadi:
dengan IP

Berikut adalah keterangan dari kaskus.us dapat anda lihat di sini dan berikut adalah keterangan dari kaskus.co.id dapat anda lihat di sini.

Jika anda pengguna PC maka solusinya silakan di sini.


Kaskus Android
Seperti yang telah saya jelaskan, bahwa kaskus sering kali menjadi tempat rujukan ketika kita mengalami permasalahan terhadap android kita, beberapa link terkait pada kaskus mengenai android.
Forum mengenai android
Daftar isi atau sub thread forum android
Aplikasi kaskus for android

Selamat ber-kaskus
Judul Kaskus Ubah / Ganti Domain
Deskripsi Kaskus merupakan salah satu forum terbesar di Indonesia. Pada artikel ini saya hendak berbagi anda tentang seputar kaskus, dikarenakan se...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

2 komentar:

  1. wah, nice share gan,

    tapi jadi ribet , link postingan kaskus yang dah terindeks google ngga bisa dibuka harus ganti manual .us menjadi .co.id

    jangan lupa mampir di blog ku

    BalasHapus
  2. Ok siap gan...
    untuk yg .us ada koq caranya di atas jadi sync ke co.id :D

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger