• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Google Play

Posted on Senin, 10 September 2012 - 18.35 with No comments

Google kembali mengambil langkah besar dengan membawa semua layanannya, mulai dari  Android Market , Google Videos, Google Books hingga Google Music menjadi Google Play setelah sebelumnya Google telah menyatukan kebijakan privasi di antara layanan-layanannya.

Android Market kini menjadi bagian dari Google Play, di mana Google Play juga menaungi konten musik, video, dan buku. Secara efektif jika mencoba mengakses Android Market, sistem akan membawa kita ke alamat baru Google Play. Dengan diluncurkannya google play, maka mulai 7 Mar 2012 android market resmi ditutup oleh google.

Sistem terintegrasi ini merupakan jawaban bagi solusi yang dibutuhkan oleh Google untuk bermain di era multimedia ini. Sayangnya, selain Apps, solusi lain masih belum tersedia untuk region Indonesia. Segala pembayaran di Google Play menggunakan Google Wallet.
Saat ini berdasarkan data yang dimiliki oleh Google dan dijelaskan pada  Introducing Google Play: All your entertainment, anywhere you go, bahwa dengan google play, kita dapat:
  • Bebas menyimpan lebih dari 20.000 lagu, dan bebas untuk membeli jutaan lagu yang tersedia dijual.
  • Unduh - download lebih dari 450.000 Aplikasi Android dan game.
  • Browsing koleksi ebook terbesar di dunia.
  • Sewa ribuan musik favorit, termasuk rilis terbaru dan yang versi HD.
Bisa dibilang koleksi Google ini adalah salah satu yang terbesar di dunia dan siap bersaing dengan Apple yang terlebih dahulu menikmati pasar ini dengan environment iTunes-nya.

Sementara ini memang bagi pemilik konten di Indonesia, pengubahan menjadi Google Play ini belum berarti apa-apa. Tapi seandainya nanti konten-konten yang berupa musik, film, dan buku sudah siap masuk ke Indonesia, maka bersiaplah untuk menikmati era digital dengan pangsa pasar yang sangat besar. Pasar Android di Indonesia saat ini memiliki pertumbuhan tercepat, dengan persentase pertumbuhan disebutkan yang terbesar ketimbang platform lainnya.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:
  • Android market merupakan bagian dari google play
  • Pengguna bisa mengakses semua fitur tersebut sebagai Google Play Pengguna Android sudah diperkenalkan pada fitur Google Music, Google Books, dan mungkin juga Google Movies. Namun sekarang, dengan embel-embel Play 
  • Sistem komputasi awan,yaitu: sementara ponsel atau tablet telah mempunyai musik, film, buku dan aplikasi yang diunduh sendiri oleh penggunanya, mereka juga bisa memainkan konten yang sudah dibeli dan diunduh melalui aplikasi Google Play seperti layaknya sistem komputasi awan yang dipunya rivalnya iCloud
  • Pemutar konten lebih lancar. Hal utama yang berubah adalah janji Google untuk membuat seluruh proses mengganti perangkat pemutar konten menjadi lebih mulus. Berikut adalah rincian lebih lanjut tentang aplikasi Google Play.
  • Aplikasi dan Games, kedua hal yang biasa diperoleh dari Android market itu kini diperoleh via Google Play yang akan meluncur pekan depan. Kemudian untuk menarik minat pengguna, selama tujuh hari setelah peluncurannya, Google menawarkan diskon untuk penyewaan film, buku, dan musik. 
  • Upgrade tersebut dilakukan over the air secara otomatis. Perubahan ini akan menghapus Android Market dan meminta pengguna untuk menerima terms of service untuk aplikasi Play, Music, Books, serta YouTube Rentals (Movie).
  • Pengguna bisa membeli aplikasi dari desktop dan memilih akan mengirimkan aplikasi tersebut ke perangkat mana. Kemudian aplikasi tersebut akan otomatis diinstall pada perangkat yang telah dipilih.
  • Google Movies, membuat penggunaanya bisa menyewa film selama 24 jam, dengan tarif sekira USD 4. Dan Play, membuat pengguna bisa menyaksikan film tersebut dari segala perangkat, meskipun tidak akan sesederhana menekan pause pada ponsel kemudian menjalankannya kembali di layar yang lebih besar.
  • Ketika pengguna keluar dari aplikasi tersebut di ponsel cerdasnya, maka mereka harus menggulang dari awal saat mengaksesnya lewat situs Google Play.
  • Google Books, bisa dikatakan sebagai salah satu bagian terbaik Google Play. Pengguna yang membaca sebuah buku menggunakan aplikasi ini dan keluar dari aplikasi tersebut, maka ketika membuka kembali akan menemukan halaman yang terakhir dia baca. Meskipun, bila pengguna membukanya melalui desktop. Pengguna juga bisa membaca buku secara offline.
  • Google Music, seperti halnya Google Movies, belum ada sesuatu yang baru di dalam aplikasi ini. Pengguna bisa menunggah musik dari perpustakaan pribadinya atau membeli melalui desktop, ponsel cerdas, maupun tablet. Lagu atau album tersebut akan diunggah ke seluruh perangkat, tapi pengguna tidak bisa menekan pause pada ponsel cerdas dan memainkan lagu itu dari posisi yang sama di desktop.
Langkah yang ditempuh oleh google (sumber):
  • Google yang baru saja membeli 18 nama domain "beraroma" Play ternyata tak menggunakan nama itu untuk produk tabletnya. Namun domain tersebut ditujukan untuk nama pusat layanan semua layanan konten Google.
  • Android Market sendiri kini sudah tidak ada dalam satu aplikasi sendiri. Google ternyata menggabungkan toko aplikasi bagi pengguna Android tersebut ke Google Play. Ini juga berarti aplikasi Android Market langsung diboyong ke Google Play dengan nama baru, yaitu Google Play Store.
  • Dengan ketersediaan layanan tunggal dari Google Play tersebut akan menguntungkan konsumen, khususnya semua pelanggan Google. Apalagi untuk menikmati semua layanan tersebut, Google sudah menanganinya termasuk prosedur migrasi layanannya. 
  • Sebagai pengguna, hanya perlu login ke Google Play dan langsung bisa terintegrasi seperti layanan Google lainnya. Dengan ketersediaan layanan dalam satu tempat, tentunya akan memudahkan pengguna layanan Google untuk membeli atau menikmati layanannya, tidak perlu lagi untuk berpindah dari satu toko ke toko lainnya.
  • Selain meluncurkan Google Play, Google juga menyelenggarakan program "7 Days to Play". Di sini pengguna layanan Google dapat menikmati penawaran album, buku, penyewaan video dan aplikasi Android dengan harga khusus. 

    Misalnya album musik "Now Thats What I Call Music 41", game Wheres My Water", novel Extremely Loud dan Incredibly Close serta film Puncture dijual hanya seharga 25 sen atau sekitar Rp 2.250.

    Selain itu, Google juga memberi diskon untuk pilihan album, novel, film dan aplikasi lain dalam pekan ini.
  • Ganti nama
    Dengan adanya Google Play, beberapa aplikasi Google akan diganti namanya, namun tetap memiliki fungsi yang sama. Begitu juga dengan pemindahan dari aplikasi independen menjadi aplikasi yang dijadikan satu ke Google Play.

    "Pada ponsel Android atau tablet Android, kami akan upgrade dari aplikasi Android Market ke aplikasi Google Play Store dalam beberapa hari mendatang," demikian rilis resmi dari Google yang dikutip Venture Beat.

    Hal yang sama juga berlaku untuk Google Music yang saat ini akan menjadi Google Play Songs. Dan Google eBookStore menjadi Google Play eBooks.
  • Penyatuan merek
    Desain ulang beberapa aplikasi merek Google ini menyiratkan bahwa Google akan menyatukan semua aplikasinya dalam sebuah wadah, yaitu Google Play. 

    Dengan penyatuan aplikasi tersebut, maka akan menyebabkan navigasi di dalam sebuah aplikasi akan lebih mudah. Apalagi dengan antarmuka (user interface) Google Play yang berwarna-warni menyiratkan keragaman konten yang ada di aplikasi tersebut.

    Eksekutif Google Bradley Horowitz dalam sebuah wawancara dengan Venture Beat menjelaskan tentang keragaman produk Google.

    "Kami membuat banyak taruhan di banyak tempat, sekarang kami fokus ke dalam sebuah aplikasi yang bisa menawarkan semua aplikasi," jelasnya.
Cara Update Manual Dari Market ke Google Play:
Cara update dari market ke google play biasanya berjalan otomatis,namun jika tidak bisa melakukan update mungkin dikarenakan ada cache data yang tidak berjalan sempurna oleh karena itu masuk ke dalam setting>>applications>>manages applications>>all>>cari vending.apk (biasanya namanya market) pada applications info ada tombol clear data dan clear cache, klik kedua tombol itu lalu buka market kembali maka akan ter update menjadi google play, waktu yang dibutuhkan untuk update tergantung dengan kecepatan koneksi yang anda gunakan.Atau dapat anda download kemudian install, file apk ada dibawah ini
Jika anda ingin kembali pada android market v3.8.17 Silakan Unduh Di Sini
Judul Google Play
Deskripsi Google kembali mengambil langkah besar dengan membawa semua layanannya, mulai dari  Android Marke...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger