• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mobile OS Comparison

Posted on Senin, 10 September 2012 - 18.40 with No comments

Perkembangan teknologi semakin maju, berbagai OS dikembangkan dan bermunculan salah satunya adalah android yang sudah tidak asing lagi bagi kita pengguna android, bagaimana perbandingan antara android dengan OS mobile yang lain? Berapakah mobile OS yang telah anda kenal dan anda gunakan? Mari kita berbagi bersama tentang perbandingan mobile OS yang ada.

Saat ini telah hadir berbagai macam jenis Smartphone dipasaran. Kian hari semakin banyak perubahan dari fungsi Smartphone yang membuat kategori penilaian atau definisi Smartphone menjadi semakin bertambah luas. Hingga sekarang mungkin masih ada beberapa atau cukup banyak pengguna ponsel yang kurang mengerti definisi Smartphone. Hal ini lebih diperburuk oleh salah satu beberapa Vendor ponsel yang menyatakan bahwa ponsel produksi mereka termasuk dalam kelas kategori Smartphone, sebenarnya pada saat ini ada dua pengertian yang harus dimiliki sebuah ponsel secara memadai atau dapat dikatakan cukup. Jika ingin dimasukkan dalam kategori Smartphone, kedua pengertian tersebut adalah Versatility dan Capacity.

Versatility atau kemampuan untuk menjalankan keaneka ragaman fungsi
Sepintar apapun Vendor yang membuat Smartphone tidak akan bisa membuat sebuah Smartphone yang lengkap dan sempurna ketika dikeluarkan ke pasar (launching) serta menyatakan tidak perlu lagi program (aplikasi dan game) lainnya karena alasan semuanya telah disediakan. Oleh karena alasan ini maka Vendor pembuat Smartphone membutuhkan bantuan pihak ketiga (Third Party) untuk membuat program tambahan lainnya agar Smartphone tersebut bisa lebih berguna dan dapat lebih sering digunakan. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan ini maka Vendor perlu membuat sebuah “fondasi” yang harus dimengerti dan digunakan oleh banyak pihak ketiga agar mereka bisa membuat program tambahannya.
Capacity atau kapasitas penyimpanan memori
Dulu banyak ponsel Smartphone yang menggunakan mobile OS tapi tidak memiliki media penyimpanan luar atau memori tambahan/eksternal. Sehingga walaupun bisa di isi sebuah Program, Software maupun Aplikasi tapi tidak bisa di isi atau diinstal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. 
Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kalau kita mengamati masing-masing mobile OS terlebih dahulu
2.Bada
5.Palm
6.Windows (CE, Mobile, Phone)
7.iOS
8.MeeGo (Maemo, Moblin)
9.Java
10.Other OS (Mer Project, SHR, Brew, LiMo, DangerOS, Nucleus, dan lainnya)

Setelah mengetahui beberapa mobile OS, mari kita lihat berbagai jenis-jenis operating system dan mengetahui bagaimana mereka menjadi berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah tinjauan mengenai jenis-jenis operating system:

Real-time Operating System
Operating system multitasking yang bertujuan melaksanakan aplikasi secara real-time. Real-time system operating sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga mereka dapat mencapai sifat deterministik perilaku. Tujuan utamanya adalah respon mereka cepat dan terprediksi. Mereka juga memiliki event-driven atau time-sharing design. Sebuah sistem switch-event antara task berdasarkan prioritas sementara time-sharing operating system merupakan switch-task berdasarkan jam interupsi.
Multi-user dan Single-user operating system
Operating system komputer jenis ini memungkinkan beberapa user untuk mengakses sistem komputer secara bersamaan. Time-sharing sistem dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan akses pengguna ke komputer melalui berbagi waktu. Sementara operating system single-user, merupakan lawan dari operating system multi-user, yang digunakan oleh satu-satunya user pada suatu waktu. Perlu diingat, mampu memiliki beberapa account pada sistem operasi Windows tidak membuat sistem multi-user. Sebaliknya, hanya administrator jaringan yang merupakan pengguna yang sebenarnya. Tapi untuk operating system mirip Unix, adalah mungkin untuk dua pengguna untuk login pada satu waktu dan OS ini memiliki kemampuan membuat multi-user operating system. 
Multi-tasking dan Single-tasking operating system
Ketika sebuah program tunggal yang diperbolehkan untuk berjalan pada satu waktu, sistem ini dikelompokkan di bawah kategori sistem single-tasking, sedangkan dalam kasus operating system memungkinkan untuk pelaksanaan beberapa tugas pada satu waktu, itu diklasifikasikan sebagai operating system multi-tasking. Multi-tasking dapat dari dua jenis yaitu, pre-emptive atau co-operatif. Dalam pre-emptive multitasking, operating system membagi-bagi waktu CPU dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Unix-operating system seperti Solaris dan dukungan Linux pre-emptive multitasking. Jika Anda menyadari terminologi multi-threading, Anda dapat mempertimbangkan jenis multi-tasking yang mirip dengan interleaved multi-threading. Multi-tasking kooperatif dicapai dengan mengandalkan pada proses masing-masing untuk memberikan waktu ke proses lainnya dalam cara yang ditetapkan. Multi-tasking semacam ini adalah mirip dengan gagasan blok-multi threading di mana satu thread berjalan sampai diblok oleh beberapa acara lainnya. 
Operating System Terdistribusi
Merupakan sebuah operating system yang mengelola sekelompok komputer independen dan membuat mereka tampak satu. Perkembangan jaringan komputer yang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, memunculkan komputasi terdistribusi. Perhitungan pendistribusian dilakukan pada lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam kelompok, bekerja sama, mereka membuat sistem terdistribusi. 
Operating system Tertanam
Operating system yang dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded (tanam). Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kecil. Mereka mampu beroperasi dengan sumber daya dengan jumlah terbatas. Mereka sangat kompak dan sangat efisien dengan desain.
Setelah kita membahas seputar operating system, mari kita membandingkan masing-masing mobile OS tersebut. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini (klik gambar untuk memperbesar):
Dengan gambar di atas maka kita bisa membandingkan beberapa mobile OS, baik dari fitur maupun kapasitasnya, selain itu pendukung aplikasi juga memegang peranan penting yang menarik daya jual mobile OS
Selain itu dari system kerja mobile OS terkadang menjadi hal yang menarik perhatian banyak developer untuk mengembangkan mobile OS yang ada.
Dari beberapa perbandingan tersebut maka sedikit demi sedikit mempengaruhi market share pada mobile OS, pada saat ini iOS dan android bersaing ketat disusul oleh windows phone
Sumber: Dari berbagai macam situs dan wikipedia

Setelah kita mengamati beberapa perbandingan dari mobile OS, apakah anda mengetahui bahwa ada sebuah mobile OS yang dikembangkan oleh intel dan linux

Tizen merupakan free and open source mobile operating system, lebih tepatnya sistem operasi / OS mobile yang bersifat open source dan bebas.



Tizen OS yang berbasiskan linux dan di dukung oleh linux foundation dan di perkenalkan ulang di industri2 oleh Tizen Association.

Tizen dulu terlahir sebagai linux platformnya samsung (SLP), Sistem operasi ini menggabungkan sejumlah modul seperti manajemen jaringan dari proyek MeeGo, kombinasi dari operasi sistem mobile Moblin, yang diciptakan oleh Intel, dan Maemo, yang diciptakan oleh Nokia. Pembangunan dipimpin oleh perusahaan berkumpul di sekitar Tizen Association, saat ini Samsung dan Intel. Beberapa mantan pengembang Meego juga bergabung dengan usaha.

Meskipun pada awalnya dimaksudkan untuk menggantikan MeeGo dan menyediakan kompatibilitas dengan aplikasi MeeGo (sesuai dengan pengumuman awal), Tizen meminjam hanya teknologi yang dipilih dari MeeGo dan dalam aspek ini adalah bukan kelanjutan dari MeeGo. Secara khusus semua API MeeGo untuk pengembangan aplikasi berbasis Qt tidak hadir atau direncanakan di Tizen. Dengan demikian, MeeGo basis kode tetap tersedia dan perkembangannya terus dalam Mer Project.

Perangkat lunak Tizen itu kerangka kerja untuk pengembang pihak ketiga didasarkan pada standar web seperti HTML5 dan teknologi web WAC dan lainnya dan akan dirancang untuk digunakan dalam tablet, netbook, smartphone, TV cerdas, dan di dalam kendaraan sistem infotainment.
Anggota tim menyatakan kemudi saat teknis bahwa pembangunan akan benar-benar terbuka, Namun "Keanggotaan dalam tim proyek yang paling di utamakan (Release Engineering, QA, Program Manajemen, etc)" dan pengembangan atau pengambilan keputusan dari versi alpha pertama tidak upaya publik. rilis alpha pertama dari sistem dan SDK yang telah diumumkan pada Januari 2012. Hal ini sebagian besar didasarkan pada Linux Platform Samsung, sistem operasi mobile yang dikembangkan secara internal oleh Samsung namun sampai saat ini belum melihat pasar massal diluncurkan [8] Sesuai rencana, Tizen diganti Pencerahan asli SLP di Perpustakaan Yayasan API dengan berbasis web API

Perangkat pertama berjalan Tizen direncanakan untuk Q2 2012. Hal ini dimaksudkan, agar sangat fleksibel melalui penggunaan lain HTML5 berbasis API. Para pengembang telah menekankan bahwa HTML5 bukan satu-satunya platform yang tersedia dan juga terintegrasi Perpustakaan Yayasan Pencerahan ke dalam OS. SDK dari rilis alpha awal tidak menyediakan perpustakaan untuk pengembangan aplikasi. (Sumber)
Judul Mobile OS Comparison
Deskripsi Perkembangan teknologi semakin maju, berbagai OS dikembangkan dan bermunculan salah satunya adala...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger