• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Membuat Game Android Part II

Posted on Selasa, 11 September 2012 - 21.43 with No comments

Setelah anda membaca pada artikel tips droid "Membuat Game Android Part I" , mari kita lanjutkan untuk berbagi membuat game android dengan game maker studio.

Mengolah Gambar Strips
Strips adalah suatu kumpulan gambar (sprites) yang memuat aksi atau gerak yang saling berkaitan , stripes biasanya di gunakan untuk membuat animasi objek, misalnya : animasi untuk karakter bergerak, animasi karakter menebas musuh, dan lain-lain .

Cara mengolah gambar strips cukup mudah yaitu : klik kanan Sprite >> Create Sprite >> Edit Sprite >> File >> Create From Strips, lalu pilih gambar strips yang akan di gunakan maka Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini :
Penjelasan menu parameter:
Number of Images
Parameter ini untuk menentukan berapa banyak gambar yang akan di ambil dari strips itu, ( jika panjang dan lebar gambar dari strips itu beraturan disarankan menggunkan parameter ini, jika panjang dan lebarnya tidak beraturan disarankan tidak mempergunakan parameter ini ).
Images per row
Parameter ini berfungsi untuk menentukan berapa banyak image yang akan di ambil secara vertical. 
Image Width : Lebar gambar yang akan di ambil dari strips. 
Image Height: Tinggi gambar yang akan di ambil dari strips.
Vertical Cell Offset dan horizontal Cell Offset
Kedua parameter ini jarang saya gunakan, fungsinya untuk melewati gambar dari strips sebesar Image width dan Image height. 
Vertikal dan horizontal pixel offset : Kedua parameter ini berfungsi untuk menentukan koordinat gambar yang akan di ambil dari sebuah strips.
Horizontal separation dan vertical separation
Kedua parameter ini berfungsi untuk memberikan ruang kosong diantara gambar yang akan di ambil, biasanya fungsi ini digunakan bila gambar dalam sebuah strips mempunyai jarak atau ruang kosong.
Setelah anda mendapatkan gambar yang tepat dari sebuah strips , klik tombol "OK". Maka gambar yang telah anda pilih akan menjadi sebuah sprite, dan jika anda memasukan dua atau lebih sprites, maka akan terbentuklah sebuah animasi yang anda inginkan.

Cara Membuat Script di Game Maker
Cara membuat script dalam game maker yaitu :
1.Klik kanan Objek yang akan dipakai.
2.Pilih properties.
3.Pilih event yang di perlukan ( penjelasan menu event game maker )
4.Pilih "control" lalu klik kanan execute code, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Maka setelah itu akan muncul sebuah window box berwarna putih yang diatasnya bertuliskan execute code.

Penjelasan dari window box tersebut:
Applies to self
Menu ini berfungsi untuk memberikan perintah bahwa script yang  anda tulis harus di jalankan oleh objek itu sendiri.
Applies to other
Menu ini berfungsi untuk memberi perintah bahwa script yang anda tulis harus dijalankan oleh objek lain, misalnya oleh objek yang bersentuhan.
Applies to object
Menu ini berfungsi untuk memberi perintah kepada objek bahwa script yang anda tulis tersebut harus di jalankan oleh objek lain yang sudah di definiskan sebelumnya.
Go to particular line
Menu ini berfungsi untuk pergi ke baris yang telah anda tentukan, menu ini bisanya di gunakan setelah kita tahu pesan error di debug mode.
Check the script for the syntax error 
Menu ini sangat berguna untuk mendeteksi kesalahan-kesalahan kode yang anda tulis pada script, kesalahan yang sering terjadi misalnya kurang menambahkan tanda kurung di akhir sebuah statement, atau salah menuliskan ejaan script code.
Game Maker Language/GML
Game maker language / gml adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya yakni Game Maker Studio.

Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :
1. Pemberian nama pada resources ( sprites, sounds, objects, etc)
Ini merupakan salah satu hal yang harus kita cermati, pemberian nama untuk resources yang nantinya akan kita gunakan dalam script gml ini haruslah memenuhi kaidah-kaidah (peraturan) pemberian nama yang tepat. Misalnya :
-Huruf pertama untuk setiap resources haruslah diawali dengan huruf ( a - z ), dengan kata lain ini resources tidak boleh diawali oleh angka ( 0-9 ). 
-Nama sebuah resources tidak boleh ada spasi, sehingga untuk tanda spasi kita bisa menggantinya dengan menggunakan underscore ( _ ). 


-Nama sebuah resources hanya boleh menggunakan huruf ( a-z), angka ( 0-9) serta underscore ( _ ), sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan special character seperti tanda seru ( ! ) ataupun tanda tanya ( ? ) , dan lain-lain.
2. Hindari penggunaan Reserved word
Reserved word adalah sekelompok kata dalam bahasa pemrograman yang telah memiliki arti tertentu. Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang tergolong reserved words :
> if
> for
> while
> continue.
> exp
> global
> ceil, etc.

Jika kita mencermati pernyataan-pernyataan diatas secara teliti, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata hal-hal yang harus kita perhatikan sebenarnya sangatlah sederhana. Kita tidak perlu terlalu pusing untuk memberikan nama dalam resources, hanya saja yang terpenting adalah nama yang kita berikan tersebut mudah dipahami dan mudah diiingat oleh kita. 

Variable
Secara singkat, Variable adalah sebuah kode yang digunakan untuk menyimpan informasi. Variable mampu menyimpan informasi baik berupa sebuah bilangan ( real value ) ataupun sebuah kalimat ( text / string ).

Membuat variable dalam GML, contoh :

score = 0
Artinya : kita membuat sebuah variable yang bernama score dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 0 (nol).
bullet = 1
Artinya : Kita membuat sebuah variable yang bernama bullet dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 1 (satu).
health = 100
Artinya : Kita membuat sebuah variable yang bernama health dan men-setting nilai variable score tersebut sama dengan 100 (Seratus).

Fungsi variable dalam sebuah pembuatan sebuah game sangatlah penting, karena dengan adanya variable ini, kita bisa mengatur dan menyimpan berbagai informasi yang penting yang sangat dibutuhkan oleh game, contohnya :
- untuk menyimpan jumlah score pemain. 
- menyimpan jumlah live (nyawa) yang pemain punya.
- menyimpan informasi mengenai sisa health (darah) sebuah musuh.
Operasi Aritmetika untuk Variable
Pada pembahasan di atas, kita telah mengenal dasar-dasar serta fungsi dari variable dalam pembuatan game. Pada pembahasan di bawah ini, kita akan berbagi tentang, bagaimana cara memanipulasi nilai-nilai dari sebuah variable dengan menggunakan operasi Aritmetika.

Cara menambah nilai variable
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa bila kita membuat variable seperti dibawah ini :
score = 0
Maka, artinya bahwa kita telah membuat sebuah variable yang bernama score dan men-setting nilainya sama dengan (nol).

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara agar kita bisa menambah nilai dari variable score tersebut?

Untuk menambah nilai dari suatu variable kita bisa menggunakan operasi tambah ( + ).

Bentuk Umum dari Operasi pertambahan adalah :
- - - - - - - - - - -
variable +=nilai
- - - - - - - - - - -
Contoh :
score +=100
Artinya : kita menambah nilai dari variable score sebesar 100 ( Seratus).
Sehingga dengan menambahkan script ini, variable score yang asalnya mempunyai nilai sama dengan 0 (nol), menjadi bertambah sebesar 100 (seratus).

Cara mengurangi nilai variable
Caranya hampir sama seperti cara diatas, hanya saja kali ini menggunakan operasi pengurangan ( - )

Bentuk Umum dari Operasi pengurangan adalah :
- - - - - - - - - - -
variable -=nilai
- - - - - - - - - - -
Contoh :
score -=50
Artinya : kita mengurangi nilai dari variable score sebesar 50 ( Lima puluh).
Sehingga dengan menambahkan script ini, variable score yang asalnya mempunyai nilai sama dengan 0 (nol), menjadi berkurang sebesar 50 (Lima puluh).

Operasi Perkalian dan Pembagian untuk variable
Caranya juga sama seperti cara diatas, hanya saja untuk perkalian rumusnya adalah :

Bentuk Umum dari Operasi perkalian adalah :
- - - - - - - - - - -
variable *=nilai
- - - - - - - - - - -

Sedangkan, Bentuk Umum dari Operasi pembagian adalah :

- - - - - - - - - - -
variable /=nilai
- - - - - - - - - - -

Sumber: berbagai forum, blog dan website yang berkaitan dengan game maker studio serta hasil uji coba.

Special Thanks : Bpk.Abdul Azis dan blognya yang telah membantu saya belajar menggunakan game maker studio.

BERSAMBUNG PADA ARTIKEL Membuat Game Android Part III.
Judul Membuat Game Android Part II
Deskripsi Setelah anda membaca pada artikel tips droid " Membuat Game Android Part I " , mari kita lanjutkan untuk berbagi membuat game a...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger