• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mengenal IMEI Android

Posted on Rabu, 12 September 2012 - 18.23 with No comments

Setiap perangkat komunikasi pada umumnya mempunyai nomor seri, tidak terkecuali pada perangkat handphone, pada handphone nomor tersebut lebih dikenal dengan sebutan IMEI, begitu juga pada perangkat berbasis android, bb, iphone, winphone, symbian ,atau yang lainnya. Mari kita berbagi bersama mengenal IMEI pada perangkat android.

Sering kali orang memandang IMEI cuma sederetan angka saja, namun dibalik angka tersebut banyak orang tidak menyadari bahwa IMEI terkadang juga diperlukan dan terkadang beberapa orang salah paham bahwa IMEI pada android sama dengan number plan pada perangkat lain. Oleh karena itu dalam artikel tips droid ini, mari kita berbagi bersama mengenal IMEI pada android.

Apakah IMEI?
IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan kode unik yang dimiliki oleh setiap perangkat. Biasanya berjumlah 15 digit atau lebih. Setiap perangkat mempunyai nomor IMEI tidak sama. Untuk melihat nomor IMEI perangkat anda, Anda bisa ketik tombol *#06#. Atau anda bisa melihat di bagian belakang perangkat atau biasa tertempel pada stiker di box perangkat tersebut. Nomor IMEI sejatinya tidak bisa dirubah. Karena itu merupakan bawaan dari pabrik/vendor yang membuatnya. Oleh karena itu, IMEI sendiri mempunyai arti khusus yang menandakan pabrikan, tipe hp dan lain-lain.

Mengenal IMEI
Banyak negara telah mengakui penggunaan IMEI dalam mengurangi efek dari pencurian ponsel. IMEI (14 digit desimal ditambah cek digit) atau IMEISV (16 digit) mencakup informasi tentang asal-usul, model, dan nomor seri perangkat. Struktur IMEI / SV ditetapkan dalam 3GPP TS 23.003. Model dan asal terdiri dari bagian 8 digit awal IMEI / SV, yang dikenal sebagai Type Allocation Code (TAC). Sisa dari IMEI adalah produsen yang ditetapkan, dengan Luhn check digit di akhir. Untuk format IMEI sebelum tahun 2003, pedoman GSMA adalah untuk memiliki ini Check Digit selalu ditransmisikan ke jaringan sebagai nol. Pedoman ini tampaknya telah menghilang untuk format berlaku dari tahun 2003 dan seterusnya.

Pada tahun 2004, format IMEI adalah AA-BBBBBB-cccccc-D, meskipun tidak selalu dapat ditampilkan dengan cara ini. The IMEISV tetes Luhn cek digit yang mendukung satu dua digit tambahan untuk Nomor Versi Software (SVN), membuat format AA-BBBBBB-cccccc-EE
AA-BBBBBB-CCCCCCD or EE
Old IMEITACFACSerial number(Optional) Luhn checksum
New IMEITAC
Old IMEISVTACFACSoftware Version Number (SVN).
New IMEISVTAC

Sebelum 2002, TAC adalah enam digit dan diikuti oleh kode dua digit akhir (FAC), yang merupakan kode spesifik dari produsen yang menunjukkan lokasi konstruksi perangkat. Sejak 1 Januari 2003 sampai dengan itu, 1 April 2004, FAC untuk semua ponsel adalah 00. Setelah tanggal 1 April 2004, kode akhir tidak ada lagi dan kode ketik alokasi meningkat menjadi delapan digit.

Periksa perhitungan digit
Jumlah terakhir dari IMEI adalah pemeriksaan digit yang dihitung dengan menggunakan algoritma Luhn.

Pemeriksaan digit dihitung menurut rumus Luhn. Pemeriksaan digit adalah fungsi dari semua angka lainnya di IMEI. Nomor versi software (SVN) dari ponsel tersebut tidak dimasukkan dalam perhitungan.

Tujuan dari pemeriksaan digit adalah untuk membantu menjaga terhadap kemungkinan entri yang salah dengan CEIR dan peralatan EIR. Presentasi dari pemeriksaan digit baik elektronik dan dalam bentuk cetakan pada label dan kemasan sangat penting.

Digit cek divalidasi dalam tiga langkah:
Mulai dari kanan, dua digit setiap dua digit (misalnya, 7 → 14).
Menjumlahkan digit (misalnya, 14 → 1 + 4).
Periksa apakah jumlah ini dibagi oleh 10.

Sebaliknya, seseorang dapat menghitung IMEI dengan memilih digit cek yang akan memberikan sejumlah dibagi oleh 10. Misalnya IMEI 49015420323751?
IMEI49015420323751 ?
Double every other4180258203431452 ?
Sum digits4 + (1 + 8) + 0 + 2 + 5 + 8 + 2 + 0 + 3 + 4 + 3 + (1 + 4) + 5 + 2 + ? = 52 + ?
Untuk membuat jumlah yang dibagi oleh 10, maka akan mendapatkan hasil dari ? = 8, sehingga IMEI adalah 490154203237518.

Keterangan lebih lanjut dapat anda baca pada situs wikipedia.

Mengecek validasi IMEI
Perlukah kita check validasi IMEI? Jawabnya tentu saja perlu. Check IMEI sangat diperlukan terlebih lagi ketika anda hendak membeli perangkat atau ponsel baik itu berbasis android ataupun berbasis lain. Untuk melakukan check IMEI anda dapat menggunakan fitur dari situs yang dapat anda tuju dengan klik gambar di bawah ini.
Dikarenakan banyaknya ponsel yang beredar dipasaran, terkadang kita menjumpai blackmarket phone, mungkin dengan check IMEI anda akan terhindar dari hal yang tidak anda inginkan, namun perlu diketahui bahwa :
Dalam pembacaan IMEI pada perangkat android berbeda dengan pada perangkat berbasis lain seperti contohnya symbian nokia, pembacaan IMEI pada digit ke 7 dan 8 yang mengarah pada negara pembuatan perangkat. Untuk membaca dari negara mana ponsel android anda diproduksi, anda dapat melihat dari info perangkat untuk mendapatkan info perangkat anda bisa menggunakan kode khusus atau dengan aplikasi yang tersedia pada play store.

Apakah IMEI bisa diganti?

Sering kali muncul pertanyaan apakah IMEI ponsel dapat diganti? Beberapa dari teknisi dan forum atau pendapat senior bahwa IMEI tidak bisa diganti, sebenarnya IMEI tersebut bisa diganti dan juga IMEI yang hilang dikarenakan kesalahan pengguna / teknisi bisa di recovery dengan IMEI asli atau IMEI yang fake, namun perlu anda ketahui bahwa mengganti IMEI bersifat ilegal dan melanggar hukum, selain itu jika anda gagal mengganti IMEI akan berakibat buruk terhadap perangkat anda salah satu contohnya akan berakibat no signal. Oleh karena penggantian IMEI tidak diperbolehkan, kecuali anda telah meminta ijin dari vendor terkait.



Selain untuk mengenali ponsel, adakah fungsi IMEI yang lain?

Ada, banyak sekali fungsi dari IMEI selain digunakan untuk mengenali ponsel, karena dalam deretan angka tersebut mempunyai sejumlah informasi yang tidak bisa diterjemahkan secara awam.



Selain itu IMEI juga dibutuhkan ketika anda melakukan unlock ponsel atau inject ponsel anda. IMEI yang digunakan untuk unlock biasa dikonversi dalam bentuk hex (tidak akan saya bahas lebih jauh pada artikel ini).

Fungsi lainnya yang paling penting lainnya adalah ketika anda kehilangan ponsel anda, sebaiknya hubungi operator jaringan yang anda gunakan dan beritahukan nomer IMEI anda. Mereka akan dapat melakukan blocking sehingga HP tersebut tidak dapat digunakan sama sekali walaupun ditukar kartunya karena yang di block adalah ponsel dan bukan nomor panggilan ponsel (Oleh karena itu saya harap anda jangan menyebarkan IMEI anda untuk menghindari dari orang yang tidak bertanggung jawab). Namun setelah anda menemukan kembali ponsel anda, anda dapat unblocking ponsel anda tersebut (ponsel dapat anda gunakan dan mendapat signal setelah anda unblocking IMEI atau mengganti IMEI, namun perlu anda ketahui mengganti IMEI jika salah akan menyebabkan kerusakan khususnya pada baseband jaringan dan tidak semua teknisi bisa mengganti IMEI selain itu mengganti IMEI bersifat melanggar hukum).
Judul Mengenal IMEI Android
Deskripsi Setiap perangkat komunikasi pada umumnya mempunyai nomor seri, tidak terkecuali pada perangkat ha...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger