• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Modifikasi Aplikasi Messenger / Chat Android

Posted on Jumat, 28 September 2012 - 18.11 with No comments

Artikel ini saya buat karena adanya request dari beberapa follower dari @droidindonesia dan rekan varizal, threadsetter untuk mod messenger di kaskus untuk membuat tutorial cara modifikasi aplikasi messenger android. Mari kita berbagi bersama cara modifikasi aplikasi chat pada perangkat android.

Beberapa yang diperlukan:
1.Aplikasi messenger dalam bentuk .apk (untuk mendapatkan file apk anda dapat melakukan dengan cara backup yang telah saya tulis pada artikel tips droid sebelumnya yang dapat anda baca di sini)

2.Winzip atau winrar atau aplikasi extractor, dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini
3.DroidIndo Tools yang merupakan update dari maxiedit, tools yang di develope tips droid untuk mempermudah edit apk. Untuk download dan cara menggunakan dapat anda baca pada artikel "Decompile, Compile, Edit APK Android".

4.Aplikasi edit gambar seperti photoshop atau corel draw atau aplikasi editor lainnya.

5.Kreatifitas anda.

Caranya:
1.Pertama anda siapkan apk dari messenger yang hendak anda edit, anda dapat melakukan backup seperti pada artikel tips droid yang dapat anda baca di sini, atau dapat juga menggunakan ES File Xplorer.
2.Decompile file tersebut dengan maxiedit atau extract file tersebut.
3.Bukalah folder tersebut, untuk pengeditan gambar biasa pada folder:
...\res\drawable ;...\res\drawable-ldpi ;...\res\drawable-mdpi dan ...\res\drawable-hdpi

4.Lakukan pengeditan sesuai dengan yang anda inginkan, namun perlu anda ingat, beberapa aplikasi di edit harus sama persis dalam artian hanya gambar saja yang anda edit, namun untuk harus sama dengan aslinya: 
-extensi harus sama (jika asli .png maka anda harus save dengan extensi .png, jika file .9.png maka anda harus convert menjadi .9.png begitu juga seterusnya) atau dengan kata lain anda harus overwrite dengan file asli tersebut. 
-resolusi file harus sama dengan file asli 
-image mode juga harus sama dengan file asli 
-lain-lain juga harus sama jika file asli di lock, maka anda harus melakukan lock juga setelah selesai edit (cara lock image dapat anda cari tutorialnya pada mesin pencari google)
Catatan:
-Untuk langkah amannya, anda gunakan yang file asli kemudian anda lakukan pengeditan pada file asli tersebut.
-Ukuran file usahakan tidak terlalu besar.

5.Setelah anda selesai melakukan edit gambar, anda buka kembali file asli yang berbentuk apk tersebut dengan menggunakan winrar atau winzip (dikarenakan compile dengan menggunakan maxiedit atau apktools akan membuat apk tersebut tidak berjalan lancar). Kemudian anda drag n drop file yang baru anda edit pada file apk yang ada pada winrar tersebut kemudian  anda pilih "OK".
6.Setelah itu file asli yang telah anda overwrite file yang anda edit tersebut anda SIGN, untuk SIGN file anda dapat menggunakan maxiedit atau dapat juga menggunakan versi update dari maxiedit yaitu droidindo tools.

Catatan:
-jika anda gagal sign menggunakan maxiedit, pastikan maxiedit berada pada di dalam folder java (untuk dapat menggunakan autosign tools dan maxiedit anda memerlukan java). 
-jika masih gagal sign, anda dapat menggunakan autosign tools yang dapat anda download di sini (password :maxiandroid), kemudian anda extract file tersebut pada folder java yang biasa terletak pada "C:\Program Files\Java" 
-setelah itu kemudian anda double klik file registry dengan nama "testsign_apk", lalu anda buka file "autosign.bat" pilih opsi no 1 setelah anda path ada pilih "yes" setelah path selesai baru anda dapat gunakan untuk auto SIGN (opsi no 4 ).
7.Setelah selesai anda SIGN, anda pindahkan ke perangkat android anda, uninstall aplikasi yang lama kemudian anda install dengan aplikasi yang baru saja anda edit (jangan lupa anda backup terlebih dahulu contactnya jika messenger anda catfiz, namun jika WA atau yang lain biasa sudah ter-backup secara otomatis).

8.Selesai. Anda kini dapat menikmati tampilan baru apk messenger yang anda edit. Selamat berkreasi.

Contoh:
Saya melakukan edit catfiz messenger dalam melakukan uji coba ketika membuat artikel ini.

Catatan:
1.Untuk beberapa messenger seperti whatsapp dikarenakan adanya proteksi dari pihak developer, maka untuk pengeditan diperlukan cara khusus dan tidak bisa untuk menggunakan droidindo tools.

2.Saya menguji artikel ini menggunakan maxiedit, waktu itu saya masih belum melakukan update menjadi droidindo tools, kini anda dapat menggunakan droidindo tools yang merupakan versi update dari maxiedit.
Judul Modifikasi Aplikasi Messenger / Chat Android
Deskripsi Artikel ini saya buat karena adanya request dari beberapa follower dari @droidindonesia  dan reka...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger