• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tips Memilih Game Android

Posted on Jumat, 28 September 2012 - 13.22 with No comments

Sering kali kita menggunakan game sebagai hiburan untuk melepas kepenatan dalam kegiatan kita sehari-hari, namun terkadang kita binggung dalam memilih game, dikarenakan banyaknya game yang tersedia atau game yang bahkan bisa kita membuat cepat bosan dan bad temperate. Dalam artikel ini saya dan salah satu admin @DroidIndonesia ( @kingofjailx ) hendak berbagi kepada anda tentang tips memilih game android.

Beberapa tips memilih game untuk android:
1.Secara umum
-Terkadang sebagian orang beranggapan bahwa game yang bagus itu haruslah yang memiliki data besar, grafik yang sempurna, dari konsul terkenal, namun asumsi seperti ini salah, karena game yang menarik bukan hanya dari data ataupun tampilan, namun dari alur cerita game tersebut. 
-Secara global, user android menginginkan game yang tidak membebani terutama pada memory internal android, yang berimbas pada full memori, oleh karena itu pilih game yang sesuai dengan kapasitas memori perangkat android anda.
2.Pemilihan berdasarkan ukuran game
-Game dengan ukuran 1-10 MB ,pada umumnya secara grafik UI kurang friendly dengan tampilan yang biasa saja mengingat ukuran yang relatif kecil untuk memuat data grafis, hampir sebagian besar tidak disarankan karena pertimbangan data grafis dan alur cerita yang biasa relatif singkat mengingat data pada game tersebut kecil, namun tidak terkecuali bahwa game dengan ukuran kecil terkadang juga menarik untuk dimainkan (khususnya game online berbasis web yang tidak terlalu banyak memakai data pada memory dan game bersifat casual) 
-Game pada range 15-50 MB, highly recomended secara global pada jenis HH, karena pada type ini biasanya sangat menghibur, grafik lumayan bagus, dan tidak terlalu banyak memakai space memory khususnya pada HH low-end. 
-Game dengan range 50-100++ MB , data besar yang relatife besar, grafik memukau, kebanyakan tidak kompetible secara global pada semua HH, biasanya memerlukan HH mid-end sampai dengan high-end. 
3.Pemilihan berdasarkan harga
-Free, banyak sekali game gratis yang dapat anda temukan, namun gratis pada umumnya memiliki keterbatasan pada sejumlah fitur maupun level yang dapat anda mainkan, beberapa diantaranya ditumpangi oleh iklan yang membuat anda tidak nyaman untuk memainkannya, namun banyak juga yang benar-benar gratis dan berkualitas bagus. 
-Paid, sudah tidak perlu diragukan lagi, sejumlah fitur yang tadinya terkunci pada versi gratis dapat anda mainkan pada full version, namun terkadang pengguna android lebih memilih untuk mencari versi berbayar ini secara gratis (crack version)
4.Pemilihan berdasarkan umur
ratingsymbol_ec
EC (Early Childhood): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang mungkin cocok untuk anak usia 3 keatas. Dan tidak memiliki kontent yang dianggap tidak pantas dilihat oleh anak dengan usia tersebut.
ratingsymbol_e
E (Everyone): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang mungkin cocok untuk anak dengan usia 6 atau lebih tua. Judul dalam kategori ini mungkin berisi kartun, fantasi atau kekerasan ringan dan / atau menggunakan bahasa ringan (tidak kasar).
ratingsymbol_e10
E10+ (Everyone 10 and older): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 10 atau lebih tua. Judul dalam kategori ini mungkin berisi kartun, fantasi atau kekerasan ringan, bahasa ringan dan / atau dengan tema sugestif minimal.
ratingsymbol_t
T (Teen): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 13 atau lebih tua. Judul dalam kategori game ini mungkin berisi kekerasan, tema sugestif, humor, kasar, minimal darah, simulasi perjudian, dan / atau menggunakan bahasa kuat yang minim.
ratingsymbol_m
M (Mature): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang mungkin cocok untuk orang usia 17 atau lebih tua. Judul dalam kategori ini mungkin berisi kekerasan intens, darah dan gore, konten seksual dan  bahasa kuat.
ratingsymbol_ao
AO (Adults Only): Klasifikasi Game ini memiliki konten yang hanya dan harus dimainkan oleh orang 18 tahun keatas. Judul dalam kategori ini mungkin termasuk adegan kekerasan berkepanjangan intens dan konten seksual grafis dengan kontent yang bersisi gambar atau video telanjang.
ratingsymbol_rp
RP (RATING PENDING): Judul terdaftar sebagai RP (Rating Pending) telah disampaikan kepada ESRB dan sedang menunggu penilaian akhir. 

5.Pemilihan berdasar
-Action 
>>Shooting,  game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalam-nya :
a.First person shooting (FPS) 
b.Drive n’ shoot 
c.Shoot em’ up 
d.Beat ‘em up  
e.Light gun shooting
>>Fighting ( pertarungan ) jenis ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus , pengenalan karakter dan timing sangatlah penting, selain itu combo-pun menjadi esensial untuk mengalahkan lawan secepat mungkin. Dan berbeda seperti game Aksi pada umumnya yang umumnya hanya melawan Artificial Intellegence atau istilah umumnya melawan komputer saja, pemain jenis fighting game ini baru teruji kemampuan sesungguhnya dengan melawan pemain lainnya.

>>Petualangan. Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu kuil legendaris, atau sekedar mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itulah beberapa dari banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan lalui dalam game jenis ini. Game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga.


-Petualangan

Bedanya dengan jenis game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di sini. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
a.Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik 
b.Novel atau film interaktif
-Simulasi
Konstruksi dan manajemen. Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas.

-Role Playing

Game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain ( biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin sakti, ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.Secara kebudayaan

-Strategi

Kebalikan dari game jenis action yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Video game strategi biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan game action. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar sekitar, prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan sumberdaya (uang, besi, kayu,minyak,dll), hingga ke pembelian dan peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Game jenis ini terbagi atas:
a.Real time Strategy, game berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. 
b.Turn based Strategy , game yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur.
-Puzzle
Game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam game petualangan maupun game edukasi.

-Simulasi kendaraan

Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. Terbagi atas beberapa jenis:
a. Perang. Game simulasi kendaraan yang sempat tenar di tahun 90-an ini mengajak pemain untuk menaiki kendaraan dan berperang melawan kendaraan lainnya. Dan kebanyakan diantaranya memiliki judul sama dengan nama kendaraannya. 
b.Balapan. Dari namanya sudah jelas, siapa sampai duluan di garis finish dialah pemenangnya! Terkadang malah pemain dapat memilih kendaraan, mendandani, upgrade mesin bahkan mengecatnya. 
c.Luar Angkasa. Walau masih dapat dikategorikan simulasi kendaraan perang, tetapi segala unsur fiksi ilmiah dan banyaknya judul yang beredar membuat subgenre ini pantas dikategorikan diluar simulasi kendaraan perang. Jenis ini memungkinkan pemain untuk menjelajah luar angkasa, berperang dengan mahluk alien, mendarat di planet antah berantah atau sekedar ingin merasakan bagaimana menjadi kapten di film fiksi ilmiah kesayangan anda. 
d.Mecha. Pendapat bahwa hampir tidak ada orang yang terekspos oleh film robot jepang saat kecilnya tidak memimpikan ingin mengendalikan robot, memang sulit dibantah. Dipopulerkan oleh serial Mechwarrior oleh Activision, subgenre Simulasi Mecha ini memungkinkan pemainnya untuk mengendalikan robot dan menggunakannya untuk menghancurkan gedung, helikopter dan tentu saja robot lainnya.
-Olahraga
Singkat padat jelas, bermain sport di PC atau konsol anda. Biasanya permainannya diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi.

Kesimpulan:

-Dalam memilih game, ada baiknya jika anda menyesuaikan kemampuan dari perangkat android anda, jangan berkesan memaksa karena akan menimbulkan android anda menjadi lambat (jika memory menjadi penuh atau game berkapasitas besar) atau memaksakan yang akan menimbulkan crash pada software atau hardware, mengingat anda membeli android tidak hanya untuk bermain game saja

-Pilihlah game yang sesuai dengan yang anda minati, jika anda memilih game yang tidak sesuai dengan yang anda minati atau mengikuti trend maka anda akan cepat bosan


-Game adalah time killer, mengingat anda mempunyai berbagai macam kegiatan, jangan menjadikan game menjadi pengganggu aktifitas anda sehari-hari.


-Jika perangkat anda tidak mendukung ada baiknya tidak memaksakan atau dapat juga menggunakan chainfire yang dapat anda temukan pada artikel tips droid di sini.


-Anda dapat juga memilih game yang kecil namun tidak membosankan seperti contohnya kongregate arcade (untuk download klik gambar di bawah ini), beberapa diantaranya memerlukan flash player yang dapat anda dapat di sini.

Judul Tips Memilih Game Android
Deskripsi Sering kali kita menggunakan game sebagai hiburan untuk melepas kepenatan dalam kegiatan kita seh...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger