• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Perbaiki Memory Card / MMC Android Rusak

Posted on Sabtu, 22 September 2012 - 19.51 with 6 comments

Meski kartu memori memiliki banyak keunggulan,bukan berarti keberadaannya tanpa kekurangan. Micro sd sangat bermanfaat dan berguna khususnya bagi pengguna android untuk peyimpanan data seperti foto,musik,data-data, dan lainnya.Hal ini sangat menyebalkan ketika memori mengalami masalah. Pada artikel tips droid ini saya  berbagi kepada anda cara memperbaiki kartu memori yang rusak / corrupt.

Kartu memori tergolong barang yang mudah rusak,yang dimaksud kerusakan disini yakni kerusak secara system file (bukan secara fisik). Tingkat kerusakan kartu memori cukup berfariasi.Ada yang kadang-kadang tidak terbaca oleh perangkat android, kapasitasnya berbeda dengan yang tertera,hingga yang sama sekali tidak dapat digunakan, cirinya memori tidak terdeteksi atau ketika terdeteksi namun tidak bisa dibuka. Banyak penyebabnya antara lain dikarenakan :
-panas yang berlebihan pada perangkat.
-pengaruh medan magnet.
-kesalahan disaat mencabut / memasukan memori ke slot perangkat.
-terkena virus atau ada file yang corrupt.
-kartu memori sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain, misalnya kartu memori handphone, kita pasangkan ke kamera digital secara berulang kali.
-kesalahan pada system atau gagal partisi.
-dan masih banyak hal lainnya.
Cara memperbaiki memori card yang rusak
Ada beberapa cara untuk memperbaikinya, mari kita berbagi cara tersebut satu persatu.
Cara I
Menggunakan card reader yang terhubung ke PC
Caranya, Format lewat menu Windows Explorer.
1.Cabut kartu memori dari perangkat android, masukkan ke memori card reader.
Perhatikan : 
Jangan sembarangan mencabut memori dari perangkat android, gunakan menu "Unmount SD Card" untuk mencabut memori ketika perangkat android aktif. atau dapat juga nonaktifkan ponsel terlebih dahulu kemudian baru mencabut memori.
2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksploler), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.

3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan anda memilih system format file FAT.


4. Klik tombol "Format Now" dan tunggu hingga selesai.


Jika muncul pesan "error" kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line. Format lewat Command Line

1. Di PC, klik Start --> Run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.


2. Selanjutnya ketik 
FORMAT k: / FS:FAT
(k=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)


3. Tunggu hingga selesai.


Cara II
Sebagai alternatif lain untuk memperbaiki kartu memori yang rusak

A.Pertama-tama cara menyelamatkan data di dalam memory card yang rusak, dengan cara :
1.Lepas kartu memori yang ada di perangkat lalu masukkan di cardreader yang sudah ditancapkan di komputer

2. Pilih drive kartu memori di removable disk lalu klik kanan pilih properties

3. Klik TOOL lalu klik lagi Check now,
4.Centang  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor. centang keduanya, pilih lalu Start.

5.Setelah itu tunggu sampai proses selesai.


6.Lalu lepas kartu memori  dari cardreader dan pasang lagi di ponsel/camera/ perangkat lainnya, maka selesai.. data anda aman dan kartu memori anda dapat digunakan kembali jika masih tidak bisa coba lakukan langkah kedua.

B.Cara kedua ini kelanjutan jika cara di atas gagal dan akan memakan waktu lama.
1.Gunakan FileRecovery for MultiMediaCard atau MMC Medic ,jika di komputer anda belum ada maka download dahulu (File Recovery) lalu install di komputer atau (MMC Medic) atau (CardRecovery) atau dapat juga menggunakan aplikasi recovery dan repair yang dapat anda cari melalui mesin pencari google.
2.Pilih Drive dimana kartu memori anda berada. (Lihat di My computer dimana Removable disk, disitu  kartu memori  anda berada).

3.Lalu pilih dimana anda akan menyimpan data Recovery (data yang diselamatkan).


4.Pilih start, tunggu sampai proses selesai.

5.Maka data anda telah terselamatkan. buka dimana anda tadi menyimpan file tersebut.



6.Atau anda dapat recovery data anda dengan cara yang pernah saya tulis pada artikel tips droid "Mengembalikan Data yang Hilang"

Catatan:
Tiap aplikasi repair cara penggunaan berbeda namun secara logika saya terangkan seperti di atas, untuk cara penggunaan relative mudah dan saya yakin anda pasti dapat menggunakannya tanpa masalah.
C. Setelah itu FORMAT kartu memori anda di ponsel android.

D. Jika tidak bisa format melalui cara di atas, cobalah format kartu memori dengan program bantuan yang terpasang pada PC.
1.Lepas kartu memori yang ada di handphone lalu masukkan di cardreader yang sudah ditancapkan di komputer.

2. Pilih drive kartu memori di Removable disk lalu klik kanan pilih format .


3. Lalu tekan Start. tunggu sampai proses selesai.


4.Setelah selesai, gunakan cara A. untuk men-SCAN /memperbaiki MMC anda yang rusak / Memory card corrupted.


Tambahan
-Cara di atas hanya memperbaiki jika terjadi kerusakan bukan dikarenakan secara fisik atau bad sector, namun jika terjadi bad sector dan kartu memori anda masih garansi mengingat sebagian besar kartu memori saat ini bergaransi life time, maka saya sarankan agar anda melakukan garansi kartu memori, tentu saja garansi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 
-Jika kartu memori anda rusak dikarenakan gagal partisi, cobalah untuk partisi ulang kartu memori namun gagal partisi tidak semuanya bisa di repair.
Judul Perbaiki Memory Card / MMC Android Rusak
Deskripsi Meski kartu memori memiliki banyak keunggulan,bukan berarti keberadaannya tanpa kekurangan. Micro...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. masih tetap aja gak bisa kawaaaan....

    BalasHapus
  2. Hmm... berarti ada kemungkinan kl memory anda badsector atau terjadi kerusakan secara fisik, untuk kerusakan fisik hingga saat ini blm ada solusi unt repair selain anda replace memory

    BalasHapus
  3. GAN ane punya microsd write protected, ane dah coba macam2 cara tpi gak ada yg berhasil, apa card sd ane masih bisa di repair gan?

    ane udah pkai macam2 software untuk format, mungkin udah lbih 10 software tpi ttap aja gak bsa di format, dan di hp gak kedetek sma sekali, pdahal di laptop masih kedetek tpi cuma gak bisa di format.

    BalasHapus
  4. Wktu ke detect di laptop, kl sdcard yg bad sector biasanya cuma kedetect aja tp ga bisa dbuka ketika ente coba buka biasa muncul pesan unt format tp ketika diformat ga bisa, apa tempat ente mengalami hal tersebut? Kl iya berarti bad sector gan, kemungkinan di repair sangat tipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. di laptop masih bisa di buka gan, bahkan file2x masih bisa di copy paste tpi file2nya tk bisa di hapus slalu write protected waktu mau hapus file/mau format dan tidak kedetek di hp.

      Hapus
  5. Coba copy dulu ke laptop semua filenya, setelah itu coba partisi ulang (bukan format tp partisi ye gan) truz baru coba format. Kl gagal ga masalah kan microsd rata2 garansi seumur hidup :P

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger