• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Solusi Jika Play Store Error

Posted on Sabtu, 15 September 2012 - 16.45 with 9 comments

Terkadang anda menemukan masalah pada play store anda, oleh karena itu tips droid mencoba untuk berbagi kepada anda dikarenakan sering kali follower dari @droidindonesia bertanya tentang solusi ketika mengalami error baik ketika download maupun update aplikasi pada google play store. Mari kita berbagi bersama solusi mengatasi error pada google play store.

Mengatasi Masalah Pada Google Play Store
Sering kali terdapat pertanyaan pada beberapa follower dikarenakan aplikasi play store pada perangkat android mengalami masalah seperti gambar di bawah ini, maka berikut ini adalah solusinya.
1.Aplikasi "Force Close" / hang (update 15 Sep 2012)
-Jika force close maka cobalah untuk clear cache dan clear data pada aplikasi play store seperti langkat di atas.

-Pastikan aplikasi play store anda tidak rusak, jika rusak dikarenakan adanya kesalahan anda atau dikarenakan sesuatu hal, cobalah untuk menginstall ulang aplikasi play store anda.
Caranya :
-Masuk pada setting > Applications > Manage applications 
-Pilih ALL tab 
-Cari Google Play Store 
-Uninstall updates 
-Buka kembali aplikasi Market ( atau play store tergantung dari app default ROM) 
-Lakukan update dan cobalah untuk membuka kembali.
-Jika masih terjadi error, cobalah untuk pelajari terdapat pesan error apa saja, sehingga anda dapat mengidentifikasi penyebab error yang dapat anda baca pada artikel tips droid status code error.

-Pastikan juga aplikasi yang anda download dari play store compatible dengan perangkat android anda.

-Pastikan juga ROM anda tidak crash terhadap apk play store.

2.Stuck / berhenti pada "Starting Download..."
-Konfirmasikan bahwa perangkat Anda dalam daftar perangkat yang didukung, yang berarti itu didukung untuk digunakan dengan aplikasi Google Play Store.

-Untuk aplikasi berbayar, mengkonfirmasi informasi kartu kredit Anda up to date dengan masuk ke akun Dompet Anda Google.

-Batal dan restart download.

-Restart telepon Anda, kemudian mencoba men-download aplikasi lagi.

-Konfirmasi adanya konektivitas dengan baik jaringan nirkabel atau selular pada perangkat Anda, dan hubungi penyedia layanan selular anda jika anda tidak terhubung.

-Coba download Anda menggunakan koneksi jaringan baik nirkabel dan seluler, dan memastikan firewall tidak memblokir akses ke port diperlukan untuk Google Play (TCP dan UDP 5228).

-Pastikan Anda sudah membersihkan cache dan data dari kedua aplikasi Google Play Store dan download manajer. Caranya:
1.Kunjungi Menu> Pengaturan> Aplikasi> Kelola aplikasi 
2.Tab ke "Semua" 
3.Pilih aplikasi Google Play Store, kemudian tekan "Hapus data" dan "Hapus cache;" maka, pilih Download manager dan tekan "Hapus data" dan "Hapus cache"
-Anda harus memastikan sudah berhasil sign in ke Google Talk untuk men-download aplikasi Android Play Google. Pastikan perangkat Anda telah sign in ke Google Talk dengan mengikuti langkah berikut:
1.Pergi ke peluncur aplikasi ponsel Anda, lalu tekan app talk. 
2.Jika Anda sudah masuk ke Talk, tekan Menu, lalu klik keluar. 
3.Masuk kembali pada peluncuran talk untuk masuk
3.Muncul pesan "Download gagal"
Jika anda menerima "Download gagal" pesan ketika mencoba untuk men-download aplikasi, coba langkah-langkah pemecahan masalah berikut untuk mengatasi masalah tersebut:
-Untuk aplikasi berbayar, mengkonfirmasi informasi kartu kredit Anda up to date dengan masuk ke akun Dompet Google anda.

-Hapus cache Google Play Store (Pengaturan kunjungan> Aplikasi> Hapus cache).

-Restart telepon anda, kemudian mencoba download aplikasi lagi.

-Tunggu 10 menit, dan coba download anda lagi.

-Konfirmasi adanya konektivitas ke salah satu jaringan nirkabel atau selular pada perangkat anda, dan hubungi penyedia layanan selular Anda jika Anda tidak terhubung.

-Pastikan ada cukup ruang pada telepon anda atau tablet untuk aplikasi yang anda install.

-Jika tidak ada langkah di atas berhasil, coba mount ulang SD card Anda.
Caranya masuk pada Menu> Pengaturan> Penyimpanan> Unmount SD card, kemudian remount kartu SD dari menu yang sama dengan memilih kartu SD kuda, atau restart perangkat jika opsi remount tidak tersedia.

4.Sebuah download dari situs Play Store Google tidak pernah dimulai
Jika download anda minta dari situs Play Store Google tidak pernah dimulai pada perangkat Anda, silakan coba langkah-langkah pemecahan masalah berikut:
-Perangkat Anda harus terhubung ke nirkabel atau jaringan selular dan jangan menggunakan USB atau koneksi fisik lainnya (hubungi penyedia layanan selular anda jika anda tidak terhubung).

-Coba download dengan koneksi jaringan baik nirkabel dan seluler, dan memastikan firewall tidak memblokir akses ke port diperlukan untuk Google Play (TCP dan UDP 5228).

-Pastikan perangkat anda telah login ke Google Talk dengan mengikuti langkah berikut:
1.Masuk ke peluncur aplikasi ponsel anda, lalu tekan app Talk. 
2.Jika anda sudah masuk ke Talk, tekan Menu, lalu klik keluar. 
3.Peluncuran Talk lagi untuk masuk
-Pastikan bahwa perangkat Anda memiliki setidaknya 20 MB ruang yang tersedia untuk instalasi. Jika perlu, coba menguninstall beberapa aplikasi yang ada atau memindahkan mereka ke kartu SD anda.

-Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD anda, masuk pada Menu> Pengaturan> Aplikasi> Kelola aplikasi> pilih sebuah aplikasi memenuhi syarat> pilih Pindah ke SD card (jika ada - perhatikan bahwa tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD).

-Cobalah meminta download lagi menggunakan aplikasi Google Play Store dari perangkat anda.

Sumber: Official Google

Rangkuman dari solusi error google play store
1.Pastikan koneksi internet pada perangkat anda berjalan lancar.

2.Jika error maka cobalah untuk clear cache dan clear data pada aplikasi play store seperti langkat di atas.

3.Pastikan aplikasi play store anda tidak rusak, jika rusak dikarenakan adanya kesalahan anda atau dikarenakan sesuatu hal, cobalah untuk menginstall ulang aplikasi play store anda.
Caranya :
-Masuk pada setting > Applications > Manage applications 
-Pilih ALL tab 
-Cari Google Play Store 
-Uninstall updates 
-Buka kembali aplikasi Market ( atau play store tergantung dari app default ROM) 
-Lakukan update dan cobalah untuk membuka kembali.
4.Jika masih terjadi error, cobalah untuk pelajari terdapat pesan error apa saja, sehingga anda dapat mengidentifikasi penyebab error yang dapat anda baca pada artikel tips droid status code error.

5.Pastikan juga aplikasi yang anda download dari play store compatible dengan perangkat android anda.

6.Pastikan juga sisa storage perangkat android anda mencukupi untuk melakukan download dan perangkat anda berjalan lancar.

7.Jika masih terjadi error, walaupun anda sudah melakukan langkah di atas, maka cobalah untuk reset perangkat anda.

8.Ini merupakan langkah terakhir yang harus anda tempuh jika ke tujuh langkah di atas gagal anda jalankan, pastikan ROM anda berjalan dengan sempurna dan tidak ada kerusakan, jika terjadi maka cobalah untuk flash ulang ROM pada perangkat anda atau anda segera hubungi service center perangkat android anda.
Judul Solusi Jika Play Store Error
Deskripsi Terkadang anda menemukan masalah pada play store anda, oleh karena itu tips droid mencoba untuk...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

9 komentar:

  1. saya baru membelikan anak tablet pc imo tx 5 mars, begitu saya konek ke internet google play store sdh berhenti bekerja, kira-kira penyebabya apa? sdh sy coba utk hapus data dan chache, tapi tetap belum bisa, apa perlu uninstal, saya sendiri pakai axioo picopad 5 inch, mohon solusinya

    BalasHapus
  2. 1.pastikan koneksi internet anda lancar
    2.jika anda sudah mencoba untuk hapus data dan cache, pastikan pula akun google anda berjalan / tidak di banned
    3.jika masih bermasalah coba update play store atau uninstall versi lama kemudian install versi terbaru
    4.jika ketiga langkah di atas sudah anda lakukan namun masih blm bisa, coba unt menghubungi customer service imo, jk anda bukan teknisi, ada baiknya jangan melakukan update rom/software dikarenakan imo mempunyai struktur perangkat keras dan lunak yg berbeda dengan yang lain, untuk menghindari brick

    BalasHapus
  3. Kl ane download selalu berhenti di tengah gan itu kanpa ya... jaringannya lansung berenti.. tp kl di buat buka yg laen maksudnya buat mancing konksinya jalan itu bisa page nya ke buka.. tp download ttp ga jalan... mohon bimbingannya suhu....

    BalasHapus
  4. Check lagi setting network khususnya pada aplikasi play store, pastikan juga koneksi internet anda dalam keadaan normal dan tidak ada kendala koneksi dalam akses ke playstore

    Cobalah untuk clear cache dan data dari aplikasi tersebut, jika masi belum berhasil cobalah reset perangkat anda namun jangan lupa backup terlebih dahulu

    BalasHapus
  5. Gun kenapa hp ane play storenya berhenti sendiri. Terus gak bisa di buka lagi?
    Apanya yg error ya

    BalasHapus
  6. Sudah anda clear cache dan kemudian restart perangkat dan buka kembali? Jika masih gagal coba anda reset perangkat anda (langkah termudah dibanding anda harus mencari penyebab force close seperti adanya kemungkinan crash) :D

    BalasHapus
  7. saya sudah menguninstall updates tapi saat saya membuka play storenya lagi , malah gamau dibuka yg ada malah dateng tulisan "google play store tehenti" trus ituu gimanaa ngatasiinya?

    BalasHapus
  8. Kl boleh tau sebelumnya anda instal apa? Ada beberapa hal penyebab force close, kemungkinan apk PS rusak, atau crash dengan apk lain, atau terkena virus. Kl masi blm ketemu penyebab cara termudah ada reset perangkat tp jgn lupa backup dulu data2 di HP, kl misal masih FC, satu2nya cara termudah adalah flash ulang
    Semoga bisa membantu :D

    BalasHapus
  9. kalo ada tulisan peluncur telah berhenti apa maksudnya ? cara benerinnya lagi gimana ya ?

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger