• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tips Amankan Android Anda

Posted on Jumat, 14 September 2012 - 19.58 with 2 comments

Dalam keseharian kita, mungkin ponsel menjadi suatu kebutuhan pokok dalam berkomunikasi dan tidak dapat dipisahkan dari kita, namun apakah anda sudah menggunakan ponsel android anda dengan aman? Berikut ini saya akan berbagi bagaimana cara mengamankan android anda.

Pencurian
Dalam hal ini pencurian secara fisik. Sering kali kita jumpai kasus tindak pidana pencurian, handphone pun rawan menjadi obyek yang sering dicuri, oleh karena itu kita perlu waspada. Berikut ini tips untuk mengamankannya:
1.Aktifkan lock screen
Sebagai benteng pertahanan pertama, bisa mengaktifkan lock sreen. Pastikan kamu mengunci tampilan smartphone agar orang tidak sembarangan mengintip isi didalamnya. aktifkan pula mode sreen timeout yang terproteksi password. Anda dapat memanfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Androidmu
Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2.Jangan simpan data penting
Jangan menyimpan data penting seperti informasi akun bank, password atau nomor kartu kredit. bayangkan jika data tersebut dicuri oleh pencuri yang ahli dalam teknologi juga, dapat anda bayangkan sendiri yang akan terjadi.

3.Gunakan aplikasi anti maling
Aplikasi semacam ini bisa menjadi solusi saat android kamu hilang atau dicuri. bisanya ini bekerja dengan langsung mengunci sistem dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan. jika beruntung, kamu bisa melacak kembali keberadaan Android yang hilang itu. atau paling tidak, data  kamu yang berada didalamnya tidak bisa dilihat atau disalahgunkan oleh orang lain

4.Jangan teledor dalam meletakkan ponsel
Sering kali kita teledor dalam meletakkan ponsel setelah kita menggunakannya, hal ini perlu diwaspadai terlebih ketika anda sedang berada pada fasilitas umum, jika anda seorang yang pelupa biasakan untuk mengembalikan ponsel anda ke tempat yang aman dan anda ingat, sehingga anda dapat menemukan ponsel anda dengan cepat.

5.Hapalkan nomer telpon darurat
No telpon darurat biasanya cukup singkat dan mudah dihapal, oleh karena itu biasakan anda untuk menghapalkan, sehingga anda dapat menghubunginya jika hal yang tidak diinginkan menimpa anda.

Malware
Sistem Android yang terlalu terbuka, dimana setiap orang bisa mengembangkan segala aplikasi dan menempatkan di Android Market dengan mudah, disebut-sebut sebagai penyebab maraknya malware ini. Jadi aplikasi bisa muncul di Android Market tanpa melalui proses verifikasi terlebih dahlu. hal inilah yang beresiko pada  menyusupnya malware.

Ibarat PC dengan sistem operasi windows-nya, gadget dengan platform Android mememang sangat banyak menghadapi ancaman berupa virus atau malware beserta variasinya. oleh katena itu, kehati-hatian perilaku kamu dalam berinternet mesti diperhatikan.

Anda harus memperhatikan beberapa hal yang sepertinya sepele namun bisa menghalau datangnya ancaman serta hal lain yang bisa mengganggu . meski tidak 100% bisa mencegah masuknya malware atau hilangnya data penting, tapi paling tidak peluang untuk bisa diminimalisir. Untuk selengkapnya telah dibahas pada artikel tips droid yang dapat anda baca di sini.

1.Lakukan update secara rutin
Lakukan update rutin pada sistem maupun aplikasi keamanan yang ada. beberapa perbaikan patch dapat mengurangi dan juga membuat sistem lebih optimal.

2.Jangan simpan data penting
Seperti yang telah saya jelaskan pada bagian "pencurian" di atas, hal ini juga perlu diwaspadai lagi, jadi saya sarankan jangan menyimpan data penting seperti informasi akun bank, password atau nomor kartu keredit. bayangkan jika data tersebut dicuri oleh hacker saat kamu berinternet. jika terpaksa, pastikan data tersebut telah terproteksi dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi proteksi atau enkripsi data.

3.Teliti aplikasi yang akan diunduh
Jumlah aplikasi untuk android bisa mencapai ratusan ribu. dari sekian banyak aplikasi tersebut, bisa saja di antaranya ditunggangi malware, virus atau trojan. jika tertarik mengunduh suatu aplikasi, pastikan kamu melihat review dari pengguna lain serta selidiki pihak pengembangan yang membuatnya untuk memastikan aplikasi tersebut aman.

4.Install aplikasi keamanan
Melindungi Android kamu dengan aplikasi keamanan menjadi hal pokok lainnya. android merupakan aplikasi yang mengalamai perkembangan cukup pesat. begitu pula dengan ancaman yang menyertainya. oleh karena itu gunakan aplikasi keamanan seperti antivirus agar sistem lebih ancaman dan kebal dari hal-hal yang tidak diinginkan, Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Androidmu. Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password kamu,tapi juga semua data transaksi mobile banking kamu, namun perlu diingat juga bahwa antivirus dan aplikasi keamanan khusus, selain akan memperboros baterai karena selalu aktif berjalan pada background system, juga memerlukan penggunaan RAM yang cukup besar, oleh karena itu gunakan aplikasi yang ringan namun optimal.

Untuk aplikasi keamanan seperti antivirus, dapat anda baca selengkapnya pada artikel tips droid, di sini.

5.Usahakan tidak melakukan ROOT
Meskipun cukup menggoda karena kamu bisa mendapatkan akses penuh setelah melakukannya. melakukkan root pada Android beresiko pada masuknya aplikasi malware seperti virus atau trojan dengan  lebih mudah. meski tanpa diroot ancaman tersebut tetap ada. namun dengan melakukan root maka keamanan sistem kamu jadi lebih rentan akan hal-hal tersebut. Jika anda ingin meng-custom android anda, saran saya adalah: setelah anda meng-custom, biasakan untuk meng unroot kembali (namun perlu diperhatikan, beberapa aplikasi yang memerlukan root akses tidak akan berjalan)

6.Jangan abaikan backup
Meski cara-cara di atas sudah kamu lakukan. jangan abaikan untuk melakukan backup. apalagi bila data tersebut tergolong penting dan berharga bagi kamu. backup dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data di saat-saat yang tidak diduga. kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapatkan melalui Android Market. jadi ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan. backup data sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

7.Jangan pilih seting Auto Connect
Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika kamu memakai Internet banking.
Selain itu berhati-hatilah dalam bertukar file menggunakan media bluetooth oleh karena itu saya sarankan untuk mematikan fitur bluetooth jika tidak dibutuhkan untuk mengurangi resiko

8.Hindari instal aplikasi selain dari google play
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di google play. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina. Bukan berarti aplikasi yang ada di google play aman, namun untuk mengurangi resiko yang ada saja. Untuk pencegahannya:

Cek Rating : Setiap aplikasi Android Market punya star rating. Poin terbesar: bintang 5. Itulah cara termudah melihat apakah aplikasi itu memang bagus dan aman. Empat atau lima bintang aplikasi itu layak instal. Tiga bintang atau kurang forget it

Baca komentar : Komentar-komentar yang ada di tiap aplikasi kadang jadi penentu keputusan yang berharga. Ketika bingung menentukan pilihan dari 2-3 aplikasi komentar paling positif bisa jadi lampu hijau buat Anda aplikasi mana yang harus diinstal dan kompatibel dengan device Android Anda.

Gunakan Google : Kalau rating dan komentar masih kurang cari review tentang aplikasi itu via Google atau search engine lain yang Anda percaya. Riset sebentar tak akan banyak memakan waktu dan hasilnya akan sangat berguna buat Anda di kemudian hari.

Cek Permissions : Setiap apps yang diinstal akan meminta Permissions akses terhadap beberapa options seperti data-data, koneksi internet, izin menggunakan menelepon, mengirimkan SMS, membaca jadwal di kalender, dan sebagainya. 
Sebelumnya mungkin Anda tak tahu dan tidak menyadarinya namun pemberian Permissions yang berlebihan terhadap sebuah aplikasi akan sangat berbahaya buat device Android dan bisa jadi merugikan Anda sendiri di kemudian hari.
Untuk aplikasi yang telah terinstal Anda bisa mengecek Permissions masing-masing aplikasi di Settings > Applications > Manage Applications.

Waspada terhadap Update : Update aplikasi mungkin tak selamanya bagus apalagi ketika ada permintaan mengubah atau menambah Permission baru. Anda perlu cek benar penambahan Permission atau perubahan pada update aplikasi tersebut. Kalau tak tahu dan benar-benar tak mengerti mending Anda lewatkan saja.

Sumber Non-Market : Ekstra hati-hati kalau Anda mengaktifkan Setting > Applications dan mencontreng Unknown sources. Perlu cek benar kegunaan aplikasi yang akan Anda instal dari sana. Yang pasti, lagi-lagi, cek Permission-nya.Yang pasti banyak sumber-sumber aplikasi Non-Market di Android.

Teliti sebelum mengunduh : Perlu ketelitian sebelum mengunduh, karena adanya beberapa penyamaran dalam nama aplikasi yang sama namun berbeda fungsi (yang satu asli ,sementara lainnya malware)

Laporkan Aplikasi Mencurigakan : Kalau Anda menemukan aplikasi yang mengandung risiko keamanan segera laporkan ke Google. Meski approval dari Google sangat mudah untuk aplikasi baru di Android Market, Google akan bertindak cepat menghapus aplikasi yang dinilai berisiko besar bagi para user. Caranya? Scroll paling bawah pada aplikasi tersebut di Android Market dan pilih Flag as Inappropriate.

9.Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

Akhir kata, saya mengingatkan kembali kepada anda. Waspadalah dan berhati-hatilah.
Judul Tips Amankan Android Anda
Deskripsi Dalam keseharian kita, mungkin ponsel menjadi suatu kebutuhan pokok dalam berkomunikasi dan tidak...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

2 komentar:

  1. panjaaaaanngggg bangeet mas...!!
    tapii lumayan ngerti :) :)
    makasihh.. :D

    BalasHapus
  2. Pengenny jg pendek yg buat,tp kl pendek ntar ga lengkap,jd q tulis skalian aja

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger