• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Tips Memilih Paket Internet

Posted on Minggu, 16 September 2012 - 12.56 with 9 comments

Internet dan android sering kali tidak dapat dipisahkan, sehubungan dengan pesatnya perkembangan jaman, maka teriring pula perkembangan teknologi yang menuntut kita untuk bergerak dengan cepat, untuk melakukan semua itu maka internet lah salah satu jawabannya. Pada artikel tips droid ini saya hendak berbagi kepada anda tentang tips memilih paket internet.


Sering kita dihadapkan pada aneka promosi paket internet unlimited murah dari berbagai operator. Dengan iming-iming serta kalimat yang sangat menggoda, kita kadang terjebak pada sebuah pilihan yang sangat tidak menyenangkan, baik karena ternyata hasilnya lemot, sinyal tidak stabil, maupun sering disconnect.

Pertimbangkan dalam memilih paket internet
1.Harga
Hal yang cukup menjadi pertimbangan kala memilih sebuah paket internet adalah biaya. Harga paket internet sangat bervariasi dari berbagai macam operator yang tersedia. Permasalahan biaya tentunya bergantung terhadap jenis paket yang Anda pilih. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga mempunyai tarif yang berbeda pula. Carilah harga termurah dahulu untuk tahap ini, namun sesuaikan juga dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu tahapan ini yang menjadi perhatian anda pertama kali ketika anda memilih paket internet.

2.Jaringan
Setelah mendapat harga termurah, perhatikan jaringan dari paket internet unlimited tersebut. Jaringan yang dimaksud disini ialah GSM atau CDMA. Sesuaikan dengan perangkat android yang anda pakai sehingga tidak perlu membeli perangkat baru.

3.Jangkauan Sinyal
Jangkauan sinyal menjadi salah satu faktor terpenting ketika kita memilih paket internet. Jangan hanya karena harga murah, lalu kita kesampingkan jangkauan signal sehingga koneksi internet tidak dapat dimanfaatkan secara optimal dimanapun dan kapanpun. Ketersediaan sinyal juga cukup penting, terlebih bagi anda yang sering bepergian. Terlebih jika tidak semua kota di ter-cover jaringan signal yang memadai dari operator.

4.Kecepatan
Kecepatan paket internet unlimited sangat beragam, tergantung operator yang anda pakai. Kecepatan transfer data merupakan pertimbangan yang ke empat yang perlu anda perhatikan. Sesuaikan dengan lokasi anda karena meskipun telah mendukung kecepatan tinggi, EVDO ataupun HSDPA, kecepatan tersebut tidak akan dapat anda nikmati jika sinyalnya tidak tersedia di lingkungan sekitar anda, dan anda akan sia-sia membayar mahal jika tidak support signal pada area anda. 

5.Batasan Quota
Pertimbangan ke lima adalah batasan quota, pada pertimbangan ini diharapkan anda lebih cermat lagi dalam memilih, karena berbagai promosi yang terkadang menjebak dengan menggunakan strategi pada batasan quota. Tiap paket internet unlimited dari operator memiliki batasan kuota masing-masing, ada yang 200 MB, 500 MB, 1 GB, hingga 2 GB per bulan. Pilihlah paket dengan harga murah namun memiliki batasan kuota tertinggi karena jika kuota habis, kecepatan internet anda akan turun drastis bahkan beberapa diantaranya anda harus membayar dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada operator.

6.Pemakai
Banyaknya pemakai dari paket internet unlimited akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet dari paket itu sendiri. Layaknya kue yang dibagai dua orang dengan sepuluh orang, tentu bandwidth paket internet di lingkungan anda akan tersedot jika banyak yang memakai. Ini umumnya terjadi pada masa promosi. Walaupun telah menggunakan QOS (batasan), namun terkadang jika terlalu banyak pemakai maka akan terasa sangat lambat dikarenakan overload.

7.Kebutuhan
Pertimbangan terakhir adalah faktor kebutuhan. Perhatikan kebutuhan internet anda sehari-hari. Hal ini penting, karena terdapat beberapa jenis paket internet murah yang saat ini tersedia di pasaran. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari, sebagai contoh ketika anda gunakan internet untuk jalur data yang cukup besar, maka disarankan memilih paket unlimited, namun jika hanya untuk sekedar chat maka anda dapat memilih paket yang lebih murah atau kecil dibawahnya.

Volume Based vs Time Based
Seperti yang telah saya jelaskan tentang 7 pertimbangan di atas, maka kita bedakan lagi menjadi 2 yaitu volume based dan time based:

1.Time based adalah pemakaian internet berdasarkan waktu.
Misal paket internet A bersifat time based untuk 1 menit seharga 10 berarti dalam 1 jam 600 tanpa memikirkan anda menggunakan seberapa banyak dan untuk apa, karena pemakaian dihitung berdasarkan lamanya anda memakai koneksi internet. Penggunaan time based cocok buat anda yang suka browsing  dan download. Tidak disarankan jika pemakaian hanya untuk sekedar chating.

2.Volume based adalah pemakaian internet berdasarkan seberapa besar volume pemakaian internet.
Bisanya dihitung dengan satuan byte. Misal paket internet B bersifat volume based, 10/kB. Setelah anda memakai 200kB. Berarti anda harus membayar 2000. Pemakaian volume based dianjurkan untuk penggunaan non download dan tidak terlalu banyak browsing. Penggunaan untuk mengunduh email atau chatting sangat disarankan menggunakan volume based.

Perbandingan volume based dan time based

Browsing dan Game

Agak sulit untuk menentukan bandwidth yang akan digunakan saat melakukan aktivitas browsing. Ini akan berpengaruh dengan banyak hal. Mulai dari web browser yang akan digunakan, konfigurasi browser, cara penggunaan browser (seperti membuka 1-2 tab saja, atau hingga 20-40 tab), jenis page yang akan di unduh (seperti situs yang berisi teks saja atau full animated flash).
Untuk aktivitas browsing dan game online, termasuk didalamnya membaca berita ataupun tulisan pada situs berita, blog, membuka e-mail, mengisi form, ini masih termasuk kategori browsing ringan. Sedangkan browsing yang membutuhkan bandwidth besar, saat membuka situs atau halaman yang didominasi dengan gambar resolusi tinggi, animated flash, ataupun embeded audio/video. Akan bertambah besar lagi konsumsi bandwidth yang akan digunakan jika secara konsisten selalu membuka dan reload banyak tab sekaligus (lebih dari 5 tab). 
Sejauh pengamatan saya, kebutuhan untuk browsing ini mulai dari 5 MB hingga 100 MB per jam. Rentang perbedaan yang sangat jauh ini akan dipengaruhi situs yang dikunjungi, setting loading image dan pengaturan lain pada browser. 

Dengan asumsi penggunaan bandwidth terbesar, paket volume based tidak memberikan keuntungan yang terlalu besar untuk hal ini. Namun dengan kebutuhan penggunaan browsing normal, volume based memberikan waktu yang lebih leluasa. Untuk penilaian yang satu ini, maka dapat disimpulkan seimbang.
Rekomendasi:Draw

Instant Messaging dan chatting
Masih sama dengan browsing, penggunaan internet messaging juga yang paling lama dan banyak dilakukan, selama terkoneksi dengan internet. Bandwidth yang digunakan pun beragam. Anda yang hanya menggunakan fungsinya untuk bertukar pesan dengan teks, hanya membutuhkan bandwidth yang sangat minim. 
Namun, hal ini akan berbeda jika digunakan sekaligus sebagai pengganti telepon dengan fasilitas voice diaktifkan, atau bahkan menggunakan webcam untuk video call. Tergantung pada aplikasi yang digunakan dan setting kualitas gambar yang digunakan. Hal yang sama juga jika menggunakan fasilitas send & receive file yang memang sekarang memungkinkan untuk dilakukan di beberapa Instant Messaging. 
Untuk simulasi penggunaan ini, menggunakan client Instant Messaging Yahoo! Messenger dan Skype atau beberapa VoIP. Angka yang didapatkan antara 12 hingga 15 MB untuk penggunakan rata-rata per jam, lengkap dengan menggunakan voice chat dan webcam.
Dengan asumsi pilihan antara time based sebanyak 50 jam per bulan, dibandingkan dengan volume based dengan kuota 1 GB per bulan. Melihat konsumsi bandwidth yang dibutuhkan dan masih memungkinkan untuk menggunakan IM dengan kualitas yang memadai, volume based dapat memberikan durasi yang lebih lama.
Rekomendasi:Volume Based

Download
Untuk aktivitas yang satu ini, perhitungannya dapat dibilang lebih sederhana. Pada kebanyakan kasus, satu-satunya parameter yang akan membatasi adalah kecepatan bandwidth dari service provider yang digunakan. 
Menggunakan koneksi ADSL dengan paket kecepatan yang katanya bisa mencapai maksimal 384Kbps, kecepatan bandwidth pada penggunaan sehari-hari berada pada kisaran 20-40KBps. Perlu diingat, ini hanyalah untuk download speed. Sedangkan perhitungan pada volume based adalah volume total dari download dan upload. 
Perhitungan ini memang mempertimbangkan koneksi Internet yang kebanyakan mengklaim kecepatan sampai 384Kbps. Maka dalam 1 jam sekitar 144 MB data dapat anda download. Tergantung pilihan paket yang diberikan penyedia layanan Internet, anda tinggal mengalikannya dengan jumlah waktu online yang tersedia, jika anda menggunakan pilihan time based. Bandingkan (jika ada) dengan layanan Internet yang menggunakan volume based.
Rekomendasi:Time Based

Jika yang menjadi variabel pertimbangan utama adalah volume data maksimal yang dapat digunakan, maka pilihan koneksi Internet dengan time based akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun jika keperluan koneksi Internet anda tidak semata hanya untuk keperluan download, dan lebih banyak sebagai perpanjangan variasi dalam berkomunikasi, perhitungannya akan berbeda. Ini dikarenakan untuk kebutuhkan selain download data, volume data tidaklah sebesar ini. Seperti katakanlah saat menggunakan Instant Messaging lengkap dengan voice chat dan webcam yang tidak lebih hanya sekitar 15 MB per jam(tergantung dengan kualitas audio/video dan client IM itu sendiri). Ataupun saat bermain online game MMORPG yang mengkonsumsi sekitar 10 MB per jam. Menggunakan asumsi tersebut, maka untuk katakanlah volume based 1 GB, memberikan durasi ber-IM sekitar 66 Jam, ataur 100 jam Online game per bulannya.

Namun secara keseluruhan, Time based memberikan keseluruhan yang lebih banyak dibandingkan volume based. Apalagi jika penggunaannya optimal. Seperti men-download e-mail dan kemudian membacanya secara offline, demikian juga saat browsing. Ataupun multi tasking dengan melakukan browsing, IM, dan proses download yang berlangsung secara bersamaan masih memungkinkan selama spesifikasi komputer dan koneksi Internet (bandwidth dari koneksi Internet) masih memungkinkan untuk melakukan pekerjaan multi tasking tersebut.

Limited vs Unlimited
Untuk yang satu ini jelas sekali bahwa dalam kasus ini volume based lebih mengarah ke paket limited atau dengan batasan dan time based lebih mengarah ke unlimited (dalam kasus ini bersifat pada umumnya dan tentu saja mengingat syarat dan ketentuan berlaku).

Unlimited vs Non Quota
Kasus ini yang sering kali menjadi jebakan, karena banyak sekali pengguna internet yang rancu terhadap istilah tersebut. Sering kali orang beranggapan bahwa paket unlimited biasanya non quota. Anggapan salah ini akan berasa ketika quota yang dimilikinya telah habis. Yang perlu diperhatikan adalah paket internet unlimited bukanlah non quota karena ketika dalam batasan quota tertentu telah habis, maka anda tidak dikenakan charge biaya namun speed internet anda akan menurun.

Namun pada non quota dapat dipastikan bahwa unlimited.

Link info berdasar operator (indonesian only):
Judul Tips Memilih Paket Internet
Deskripsi Internet dan android sering kali tidak dapat dipisahkan, sehubungan dengan pesatnya perkembangan ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

9 komentar:

  1. mw tanya nih..aq newbie ddunia android..aq kan dah pke yg paketan bwt internet,,tp kok pulsa utamanya ttp kepotong..knp ya min?adakah kesalahan dsetingan HH q?mohon bantuannya ya..

    BalasHapus
  2. operator paket internet paling murah apa gan ?

    BalasHapus
  3. gw pilih three aja yg murah lumayan udh hsdp and gampng dibobol (bukn ama gw)...klo agan pke operator mana?..

    BalasHapus
  4. @aninim: pake paketnya bukan yg cuma sosial media kan gan? Coba ke customer service operatornya gan, ntar pasti akan dberi pengarahan lanjut.

    @admin ari n anonim: relatif gan, kl ane sich pake sm**t soalnya signal daerah ane bagus n non quota :D

    BalasHapus
  5. Thanks for making such a killer blog. I arrive on here all the time and am floored with the fresh information here! You are great! http://scarprin.biz/

    BalasHapus
  6. tips yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Lumayan buat pertimbangan..
    Bisa buatin daftar harga paket, quota n operator nya ga gan? Biar mudah membandingkan ny...

    BalasHapus
  8. Unt daftar harga paket masing2 operator berbeda2 n slalu di update setiap waktu, oleh karena itu ga ane tulis gan selain itu ane takut kl kesanny lbh memihak pd suatu operator :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger