• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Screen Capture Android

Posted on Minggu, 16 September 2012 - 15.58 with 2 comments

Sering kali kita ingin mengambil gambar pada panel android, dengan tujuan untuk memberi review pada aplikasi atau untuk dimuat pada twitter, facebook atau blog anda. Namun terkadang kita binggung bagaimana cara untuk mengambil gambar tersebut. Bagaimanakah cara mengambil gambar panel pada android kita? Mari kita bahas bersama caranya.


Pengambilan gambar pada panel android atau yang lebih sering kita kenal dengan screen capture atau screen shot.

Apakah fungsi screen capture itu?
Fungsi screen capture adalah untuk memotret tampilan pada layar. Dengan kata lain kita bisa menyimpan tampilan layar pada suatu momen dalam bentuk gambar.

Bagaimana cara menggunakan screen capture?
Ada beberapa cara untuk menggunakan screen capture:
Native ScreenCapture / tanpa aplikasi pihak ketiga
Jika ROM android anda terdapat ScreenCaptureService, maka anda dapat langsung melakukan screen capture tanpa harus install aplikasi pihak ketiga yang terkadang membutuhkan akses ROOT, biasanya STOCK ROM atau beberapa CusROM telah dibenamkan fitur tersebut, namun dalam penggunaannya tiap ROM berbeda, sebagai contoh:
>>Tekan + Tahan tombol back kemudian tekan tombol home
>>Tekan + Tahan tombol power kemudian tekan tombol home
>>Tekan + Tahan tombol power kemudian pilih screen capture
>>Untuk Galaxy Note, tekan dan tahan S-Pen kemudian klik pada layar pada layar

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika ROM anda tidak dilengkapi fasilitas screencapture, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda unduh di google play store, carilah dengan keyword "Screen Capture" atau "Screen shot"

Beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan untuk screen capture (perlu ROOT):
1.Screenshot
2.Screenshot ER Pro
3.Screenshot UX

Menggunakan Perantara Komputer
1.Pertama yang dilakukan adalah dengan mendapatkan SDK, karena SDK sebagai perantara dengan android device kita, dapat anda unduh di sini.
*Catatan: untuk menjalankan SDK anda harus install Java Development Kit (JDK) terlebih dahulu di sini (atau search di google dengan keyword "download JDK")
2.Install JDK dahulu kemudian install SDK.
*Catatan: biasanya SDK akan meminta untuk mengupdate (download) setelah penginstalan, ini akan memakan waktu lama karena file size berukuran besar, tapi jika anda cancel, aplikasi tetap akan berjalan, namun saran saya anda tetap update file tersebut
3.Dalam keadaan SDK terbuka(open), masuk ke folder "platform-tools", copy file berikut; adb.exe, AdbWinApi.dll, dan AdbWinUsbApi.dll, lalu pastekan di folder "tools" pastikan file sudah ter-copy  setelah itu jangan ditutup dahulu folder tersebut.

4.Selanjutnya, hubungkan USB ke device, hal itu akan membuat otomatis USB Debug nya ON (pastikan USB android anda telah install driver-nya pada PC anda)

5.Kembali ke folder "tools", lalu jalankan file "ddms.bat", akan muncul dalvik debug, biarkan saja, kalo close sendiri coba jalankan lagi. 

6.Setelah program terbuka, lihat status device, kalau online berarti sudah siap, lalu masuk ke menu Device dengan cara meng klik anak panah 1, kemudian klik opsi "device" pilih opsi "screen capture".
Jika anda mempunyai cara lain untuk screen capture, kiranya anda sudi memberi masukan kepada saya. Terima kasih.
Judul Screen Capture Android
Deskripsi Sering kali kita ingin mengambil gambar pada panel android, dengan tujuan untuk memberi review pa...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

2 komentar:

  1. min ada aplikasi screen capture yang gak perlu root kah?

    BalasHapus
  2. Untuk stock ROM yang mempunyai apk untuk screen capture yang langsung tertanam secara default, anda tidak perlu root bisa melakukan screen capture, namun jika apk tersebut tidak ada dan anda tidak ingin root perangkat anda, anda bisa melakukan screen capture dengan bantuan PC seperti contoh di atas

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger