• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Android Benchmark

Posted on Minggu, 16 September 2012 - 16.16 with 2 comments

Dalam dunia android, sering kali kita mendengar istilah "Benchmark" Apakah benchmark itu? Untuk apa kita menggunakan benchmark pada android? Mari kita bahas seputar benchmark.

Pengertian Benchmark 
Benchmark adalah Aktivitas pengukuran/pembandingan beberapa macam produk hardware yang memiliki fungsi sama untuk mengetahui tingkatan kinerjanya. Program benchmark berjalan pada beberapa android device yang berbeda secara berurutan untuk membandingkan kemampuan relatif masing-masing device.
Tujuan Benchmarking
Benchmarking merupakan salah satu cara untuk kita mengetahui kondisi serta analisis sistem kerja pada android kita. Benchmarking ini biasanya sangat dibutuhkan unutk perusahaan-perusahaan yang berbasiskan komputer. Berikut ini ialah contoh benchmarking untuk prosessor pada android device saya .
Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui seberapa baik hardware yang dimiliki oleh sebuah smartphone atau tablet. Walaupun begitu, hasil benchmark belum tentu menandakan kencang tidaknya performa keseluruhan. Hal tersebut tergantung dari tingkat optimalisasi produsen dari segi software terhadap hardware-nya. Saat tablet atau smartphone teroptimalisasi dengan benar, seharusnya kinerja berbanding lurus dengan hasil benchmark tersebut.
Perlu diperhatikan
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil akhir dari nilainya adalah, tentu saja spesifikasi hardware dan versi firmware Android yang digunakan pada ponsel Anda. Semakin baik spesifikasi hardware Anda, semakin baik pula kemampuan komputasinya, dan semakin baru versi firmware Anda semakin responsif pula pengoperasian data pada ponsel Anda. Keduanya akan mempengaruhi nilai yang akan Anda peroleh. Namun nilai akhir yang diperoleh bukanlah merupakan nilai yang bersifat absolut, namun nilai tersebut dapat dijadikan standar patokan untuk membandingkan ponsel Anda dengan ponsel lain atau sekedar membandingkan peningkatan performa setelah mengupgrade firmware Android Anda dengan yang sebelumnya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar benchmark

Q: Apakah nilai itu absolut menilai android device saya?
A: Tidak,keterangan telah saya jelaskan pada point " Perlu diperhatikan "

Q: Mengapa hasil yang saya peroleh ketika uji benchmark saat ini berbeda dengan yang saya peroleh tadi, padahal menggunakan ROM dan device yang sama?

A: Penilaian tidak didasari oleh hardware atau versi software saja, namun beberapa aspek juga termasuk didalam penilaian, sebagai contohnya ketika anda menggunakan android anda untuk membuka aplikasi yang berat semisal game, kemudian anda uji benchmark, maka hasil yang anda peroleh pasti lebih kecil dibanding ketika anda uji benchmark setelah android device anda restart.

Q: Faktor apa saja yang biasa dinilai dalam uji benchmark?

A: Tergantung pada pembuat aplikasi tersebut (apa saja yang hendak anda uji kemampuannya), namun pada umumnya beberapa aplikasi benchmark di kembangkan untuk menilai:
-CPU (central processing unit) 
-GPU (graphics processing unit) 
-I/O Logic (input output) 
-Namun juga yang mempunyai pengaruh dalam penilaian adalah memory pada android anda
Q: Perlukah saya menggunakan benchmark android?
A: Relative, benchmark android saya rasa perlu ketika anda hendak membandingkan HH anda dengan HH yang akan anda beli (upgrade android device anda) atau untuk membandingkan kinerja firmware (ketika anda upgrade firmware anda atau install ROM)

Q: Bagaimana cara memperoleh penilaian optimal dalam uji benchmark?

A: Untuk saat ini belum ada patokan caranya, namun saya sarankan penilaian anda lakukan setelah anda restart android anda, sebab pada saat itu semua memory dan aplikasi yang ada dalam kondisi prima. Lakukan uji benchmark tidak hanya satu kali, namun beberapa kali kemudian ambillah rata-rata nilai hasil uji benchmark android anda

Q: Aplikasi apa yang harus saya gunakan dalam melakukan uji benchmark?

A: Anda dapat temukan di google play store, banyak sekali aplikasi benchmark gratis di sana, sebagai contohnya anda dapat mengunduhnya di sini

Q: Uji benchmark memerlukan ROOT?

A: Tidak, bahkan device yang tidak di ROOT juga bisa dilakukan uji benchmark

Q: Saya ingin berbagi dengan teman mengenai hasil uji benchmark, Bagaimana caranya?

A: Anda lakukan pengujian terlebih dahulu, setelah itu, jika pada aplikasi benchmark terdapat tombol "share" anda dapat share melalui media yang disediakan, namun jika tidak anda dapat melakukan screen capture dengan langkah berikut ini , kemudian bagikan dengan teman melalui jejaring sosial, sms, email atau media lainnya

Q: Saya ingin berbagi dengan teman, namun saya malu karena nilai benchmark saya kecil, apa yang harus saya lakukan tanpa harus membeli android device yang baru?

A: Banyak cara untuk memperoleh nilai benchmark yang tinggi mengingat logika pengujian benchmark pada android
Nilai benchmark yang nyata:
-Ganti firmware / ROM yang lebih stabil atau upgrade ROM yang lebih bagus
-Tune Up android anda dengan Overclock android device, namun bacalah artikel ini terlebih dahulu , dapat juga melakukan tweak pada android anda

Nilai benchmark yang semu:
Jika anda sudah root dan menggunakan custom rom dan custom kernel sudah pasti anda biasa dengan overclocking apps yang dinamakan set spu. Coba anda setkan cpu clock kepada yang tertinggi dan scalling boleh set pada ondemand atau perfomance. Kemudian jalankan seperti biasa. Hasilnya seperti yang anda dapat lihat di bawah dengan hasil maximal 2745:
Jika anda memaksakan untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan overclock device anda, maka saya pastikan android anda akan brick, namun bagaimana jika kita guna bantuan pc atau laptop anda untuk tingkatkan benchmark di atas? caranya mudah saja:
1.Anda memerlukan adb anda berfungsi (jika anda mengetahui dasar linux lebih bagus lagi) 
2.Pasangkan Quadrant Standard atau Advanced pada handphone anda 
3.Matikan segala aplikasi yang sedang berfungsi (force close) 
4.Set CPU
Pastikan file anda mempunyai file android sdk untuk menjalankan proses ini ataupun mempunyai 3 file ini
Setelah itu hidupkan / centang usb debugging mode dalam setting anda sambil sambungkan usb cable pada pc. Kemudian matikan segala aplikasi yang berjalan. Buka aplikasi quadrant dan cmd. Ketik command seperti berikut 
Tujuan menggunakan script adb devices adalah untuk memastikan android anda sudah siap untuk di modifikasi. Setelah berhasil seperti command diatas, anda jalankan benchmark tersebut. Anda akan dapat hasilnya jauh lebih baik daripada benchmark yang asal. Maka akan diperoleh hasil sebagai berikut 3426:
Mengapa hal itu terjadi? Mengingat logika dari uji benchmark, memory juga memberi peranan penting dalam penilaian, jika anda mematikan semua aktifitas aplikasi, maka memory dan CPU anda akan leluasa dan hal ini menyebabkan tingginya nilai benchmark anda.
Judul Android Benchmark
Deskripsi Dalam dunia android, sering kali kita mendengar istilah "Benchmark" Apakah benchmark it...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

2 komentar:

  1. sip infonya gan...
    kunjungan balik gan...

    btw, blognya ngga ada versi mobilenya ya ? agak lama kalo di opera mini

    BalasHapus
  2. Kaga gan, soalny udah q opt cssny
    ok ntar q coba dech, tp unt hal dpan load 2dtk koq :-)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger