• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Android GPS

Posted on Selasa, 16 Oktober 2012 - 19.37 with 10 comments

Sebagian besar android merupakan perangkat yang dilengkapi dengan fitur GPS, Lalu apakah sebenarnya GPS itu? Dan bagaimana cara kerja GPS? Jangan sampai anda membeli android yang dilengkapi fitur GPS, tapi anda sendiri kurang tahu apa dan untuk apa GPS itu? Oleh karena itu pada artikel ini saya hendak berbagi kepada anda tentang gps pada android.


Apakah GPS dan cara kerja GPS
GPS atau Global Positioning System dalam pengertian sederhana adalah salah satu sistem yang akan membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada saat ini. GPS bekerja dengan lakukan transmisi sinyal dari satelit ke perangkat GPS. Informasi GPS ditransmisikan oleh beberapa satelit, sehingga GPS receiver mampu mengkalkulasi dan menampilkan seakurat mungkin posisi, kecepatan dan informasi waktu kepada pengguna GPS.

Keistimewaan GPS adalah mampu bekerja dalam berbagai kondisi cuaca, siang atau malam. Keakuratan sebuah perangkat GPS bisa mencapai 15 meter, bahkan model terbaru yang dilengkapi teknologi Wide Area Augmentation System (WAAS) keakuratannya sampai 3 meter.

Jika android anda telah dilengkapi dengan fitur GPS, maka anda bisa melihat posisi anda berada saat ini yang akan ditampilkan pada lintasan peta, bahkan anda bisa menentukan berapa lama perjalanan anda dari suatu tempat ke tempat lain, anda juga bisa mengukur berapa kecepatan kendaraan anda, dan tentunya anda juga diberi petunjuk jalan yang mesti dilalui, berapa liter bensin yang dibutuhkan untuk anda bisa sampai ketujuan. Ada berbagai banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari GPS di android anda, apalagi dengan dukungan berbagai aplikasi, yang tentunya bisa memudahkan anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

GPS secara harafiah dibagi menjadi dua yaitu GPS dan A-GPS. (akan saya bahas pada paragraph selanjutnya)

Sejarah singkat GPS
Teknologi GPS pertama kali digunakan oleh United States Departement of Defense (DOD) untuk kebutuhan militer. Sistem GPS mulai digunakan sejak tahun 1980, namun pemakaian secara umum oleh publik baru sekira tahun 1990-an.

Perbedaan GPS dan A-GPS
Apakah A-GPS? A-GPS atau Asisted GPS adalah jenis lain dari GPS yang mengandalkan server bantuan, selain dari satelit itu sendiri. A-GPS di kembangkan untuk meningkatkan kinerja GPS. Server bantuan tersebut akan memberikan informasi tambahan ke perangkat yang dapat membantu perhitungan lokasi. Hal ini sangat membantu di lingkungan dimana Chip GPS sulit untuk mendapatkan sinyal satelit.
Keuntungan A-GPS
•Pengidentifikasian lokasi lebih cepat.
•Membutuhkan power lebih kecil dalam pemrosesan data.
•Cocok untuk setiap wilayah,dengan jangkauan sinyal GSM yang memadahi.

Kekurangan A-GPS
•Masih tergantung pada operator.
•Dibanding dengan GPS, A-GPS kurang dalam akurasi lokasi.

Kelebihan GPS
•Lebih akurat dibanding A-GPS.
•Tidak bergantung dari operator.
•Tidak memerlukan tambahan biaya dari akses data packet.

kekurangan GPS
•Pengguna GPS harus memastikan sinyal yang dibutuhkan tersedia dengan baik.
•Berkurangnya privasi. Setiap orang dapat dipantau melalui GPS, sehingga privasi seseorang dapat dilanggar.
•Pengidentifikasian lokasi lebih lambat.

Bagian dalam kinerja GPS dan A-GPS
•Bagian Kontrol adalah bagian yang mengontrol letak satelit di angkasa. Terkadang, posisi satelit agak melenceng dari orbit yang sebenarnya, sehingga perlu disesuaikan. Bagian kontrol yang mengatur dan mengendalikan satelit tersebut.
•Bagian Angkasa adalah bagian yang terdiri dari kumpulan satelit-satelit yang berada di orbit bumi, sekitar 12.000 mil diatas permukaan bumi. Kumpulan satelit-satelit ini diatur sedemikian rupa sehingga alat navigasi setiap saat dapat menerima paling sedikit sinyal dari empat buah satelit. Sinyal satelit ini dapat melewati awan, kaca, atau plastik, tetapi tidak dapat melewati gedung atau gunung
•Bagian Pengguna terdiri dari alat navigasi yang digunakan Teknologi ini mempunyai beberapa kelebihan yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Manfaat GPS
•GPS dapat digunakan untuk navigasi. Dengan teknologi satelit, GPS dapat membantu untuk menentukan arah dan memberi informasi tetntang posisi kita di bumi. Teknologi ini dapat membantu kita apabila kita tersesat atau ketika mencari suatu lokasi. Saat ini teknologi ini disematkan pada beberapa aplikasi termasuk jejaring social untuk memudahkan dalam pencarian posisi anda.
•GPS dapat digunakan untuk tracking. Teknologi GPS memungkingkan untuk pelacakan obyek bergerak. Bisa digunakan untuk melacak pengiriman barang, atau melacak barang atau kendaraan yang dicuri. Bahkan di beberapa negara Eropa, teknologi GPS digunakan pada balita yang sedang beraktivitas di luar rumah untuk memudahkan pelacakan.
•Sebagai alat spionase. Dalam bidang militer, teknologi GPS dapat digunakan untuk memata matai musuh.

Aplikasi GPS Android
Banyak sekali aplikasi GPS maupun A-GPS yang dapat anda temukan di play store atau pada forum besar, namun pada artikel ini saya hanya menyertakan salah satu dari beberapa GPS yang ada, aplikasi yang saya rasa stabil dan akurat (saya test dengan perjalanan dari jogjakarta menuju ke semarang, baik dalam akurasi lokasi maupun perhitungan waktu mendekati benar).
mirror
Download aplikasi navitel tersebut.Untuk download silakan klik gambar di atas.
•Download peta di sini,setelah anda masuk pada situs, pilih "menu", klik "peta" kemudian cari tombol "download" (untuk indonesia, jika anda berada di luar indonesia, saya silakan comment dan saya akan membantu mencari map sesuai dengan negara anda). 
•Buka file exe yang telah anda download tadi, maka akan secara otomatis extract ke "c:\myMaps\navigasi\Navitel". Didalamnya akan ada 33 file berekstensi *.nm2
•Copy folder Navitel yang berisi 33 file dengan ekstensi *.nm2 ke /sdcard/navitel
Buka navitel, mungkin agak lama, mohon sabar dan silakan tunggu saja, nanti muncul bahasa rusia, setelah itu pilih saja english, tekan tanda centang di pojok bawah kanan, mungkin navitelnya akan close sendiri, buka lagi navitelnya. Jika tidak langsung ke no.5
Akan muncul turn on NAVITEL.JAMS ? pilih yes atau klik tanda centang
Muncul tulisan YOUR GPS settings… pilih centang
Muncul “Atlas was not found, do you want to build it”, pilih centang
Scroll kebawah dan klik sdcard, browse ke "/sdcard/Navitel" akan muncul popup “Create Atlas” pilih Create Atlas, tunggu sampai 33 file tadi dikenali navitel
•Untuk voice indonesia download di sini. Setelah anda download kemudian extract file tersebut, dan dapatkan folder "0421~Indonesia", copy file foldernya tersebut  pada "/sdcard/Navitel/content/voices(untuk indonesia, jika anda berada di luar indonesia, saya silakan comment dan saya akan membantu mencari map sesuai dengan negara anda). 
Untuk merubah setting voice ke bahasa Indonesia, dari aplikasi Navitel pilih Menu kemudian Settings lalu Regional Settings kemudian Voice. Pilih Indonesia. 
•Selesai dan anda dapat menikmati GPS anda

Catatan:
-Jika anda hendak mencoba aplikasi GPS lain seperti iGoMyWay,NDrive dan lain-lain, anda bisa mendownload di play store atau di forum seperti contohnya di sini dan di sini.
-Aplikasi tersebut adalah aplikasi GPS yang bisa terkoneksi tanpa data packet, namun dapat juga menjadi aplikasi A-GPS untuk mempercepat lock lokasi anda.
-Jika anda agak lambat dalam lock pastikan settingan GPS pada device anda benar dan juga pastikan anda tidak terhalang untuk memperoleh signal dari GPS.
Judul Android GPS
Deskripsi Sebagian besar android merupakan perangkat yang dilengkapi dengan fitur GPS, Lalu apakah sebenarn...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

10 komentar:

  1. downloadnya dr android langsung apa dr pc

    BalasHapus
  2. Sebaikny dari PC kemudian dpndah ke android mengingat file yang ukurannya relatif besar

    BalasHapus
  3. kok petanya gak bisa didownload?

    BalasHapus
  4. Bisa koq gan, coba menuju ke link yg tertaut ntar ada link untuk download petanya koq :D

    BalasHapus
  5. Q dh install, dan hasilnya sangat memuaskan.. minggu depan Q mau umroh ke tanah suci, ada gk ya peta arab saudi??

    BalasHapus
  6. Maaf gan, ane ga punya
    Mungkin bisa mencari di mesin pencari google dengan keyword tambahan ekstensi dari navitel map yaitu .nm2 atau .nm3 :)

    BalasHapus
  7. gan, pas creating atlas selalu stuck di 90% nih.
    solusinya gmn ? hh ane galmin.

    BalasHapus
  8. Pake gb ato ics?? Kl ics pake yg file diatas versi bru 5.5 kl unt gb lbh stabil file yg dmirror, coba dclear cache n data truz coba [Lα̲̅g̲̅î] gan

    BalasHapus
  9. kita juga punya nih artikel mengenai 'GPS', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6786/1/Rancangan%20Sistem%20Informasi.pdf
    terimakasih

    BalasHapus
  10. terima kasih gan atas tambahan referensinya :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger