• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Solusi Masalah Pada Android Part 2

Posted on Selasa, 16 Oktober 2012 - 19.41 with 9 comments

Sebelumnya tips droid telah berbagi kepada anda tentang solusi masalah pada android yang dapat anda baca di sini, maka pada artikel tips droid ini adalah kelanjutan dari artikel solusi masalah pada android yang sebelumnya. Mari kita berbagi bersama tentang solusi masalah pada android.

Android merupakan smartphone, namun seperti istilah "tiada gading yang tidak retak" maka didunia ini tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan android, kerap kali kita menemui berbagai macam permasalahan, mari kita bahas beberapa permasalahan pada solusi masalah pada android part 2.

1.Android terus menerus menyedot pulsa, apa yang harus saya lakukan?
-Silahkan Anda masuk ke menu "Setting > Wireless & network > Mobile network setting". Kemudian hilangkan tanda centang di bagian Data enabled untuk mematikan koneksi internet, jika Anda butuh koneksi tinggal centang kembali. 
-Jika masih menyedot pulsa sebaiknya anda konfirmasi pada gerai operator atau customer service operator yang anda pakai untuk menanyakan apa yang terjadi pada jaringan anda.
2.Apakah saya bisa install aplikasi diluar google play store?
-Bisa. Silakan masuk ke menu "Setting > Application". Beri tanda centang pada menu Unknown Source supaya aplikasi yang berasal dari luar Play Store dapat anda install. Masukan File Installer Android (biasanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori. 
-Beberapa perangkat android yang terkunci oleh vendor, dapat menggunakan bantuan PC untuk push apk agar bisa terinstall.
3.Bagaimana cara upgrade OS secara langsung dari ponsel Android?
-Silahkan masuk ke menu "Setting > About phone > System updates". Jika ada Upgrade Android terbaru, ponsel Anda akan langsung melakukan instalasi. Fasilitas ini tidak berlaku untuk semua ponsel Android dan hanya berlaku pada perangkat yang memiliki fasilitas Install langsung via internet (OTA – on the air). 
-Namun saran saya jika koneksi internet anda lambat sebaiknya anda jangan menggunakan fasilitas OTA, dikarenakan jika anda gagal anda harus mengulang lagi.
4.Bagaimana cara menggabungkan kontak FB dan Twitter saya dengan kontak yang ada di ponsel?
-Silahkan masuk ke menu "Setting > Account and Sync", kemudian pilih akun yang akan disinkronisasikan dari daftar akun. Selanjutnya pilih Sync Contact. Selain FB dan Twitter, Anda juga bisa menambahkan Contact dari akun lain (misal:Whatsapp). 
-Pastikan aplikasi tersebut juga support untuk sync ke contact karena beberapa aplikasi client tersebut tidak support sync
5.Bagaimana supaya Android saya tidak boros baterai?
Silakan temukan tips menghemat baterai, Optimalkan android dengan Rakun Optimizermenghemat baterai dengan tweak dan tweak v6 supercharger
6.Darimana saya tahu versi Android saya?
Silahkan masuk ke menu "Setting > About phone", akan terlihat spesifikasi android anda disana.
7.Apakah Android saya mendukung format flash? Bagaimana cara mengetahuinya?
Silakan buka situs m.youtube.com dan coba mainkan salah satu video disana. Jika tidak bisa, silahkan instal aplikasi Flash Player. Jika tidak ada di menu atau tidak dapat diinstal berarti android anda memang tidak mendukung format flash dan memerlukan cara khusus untuk install yang dapat anda baca di sini dan di sini.
8.Bagaimana cara mempartisi kartu memori?
Silakan temukan caranya pada artikel tips droid membuat partisi pada android.
9.Bagaimana cara agar android saya bisa memainkan beragam format video?
Anda bisa mencoba menginstal aplikasi video player alternatif seperti Qqplayer, Vplayer, atau Moboplayer, atau aplikasi pihak ketiga yang dapat anda download melalui play store.
10.Apakah android saya bisa diupgrade ke versi 4.0 / 4.1 atau Ice Cream Sandwich / Jelly bean?
-Ice Cream Sandwich dan jelly bean butuh spesifikasi harware yang lumayan tinggi (dengan proc 1GHz ke atas). Mungkin anda akan kecewa karena android anda bakal di versi Android tertentu. Untuk mengeceknya, silahkan masuk ke website offisial dari produsen android anda atau tanyakan pada admin @droidindonesia. 
-Jika android anda tidak support untuk upgrade ICS atau JB, maka anda dapat gunakan custom ROM alternatif yang telah dikembangkan beberapa developer seperti contohnya CM9 (ICS) / CM10 (JB) atau MIUI.
11.Bagaimana cara mengatasi android saya pada saat menggunakan navigasi Maps Google terkadang tidak menunjukkan lokasi yang semestinya?
-Selain memiliki modul GPS, untuk ketepatan penentuan lokasi sebaiknya anda juga mengaktifkan koneksi internet. Silahkan masuk ke menu "Setting > Location & security". Kemudian centang menu "Use wireless networks" dan "Use GPS Satelites". Aktifkan GPS di ruang terbuka untuk menambah akurasi lokasi. 
-Jika anda tidak terhubung dengan internet, anda dapat menggunakan fitur GPS, untuk caranya silakan melihat pada artikel Android GPS.
12.Bagaimana cara saya melihat aplikasi gratis yang bagus dan layak di Android Market?
-Google Play Store terdapat fasilitas review, rating dan comment. Dan terlihat berapa orang yang telah mendownload aplikasi tersebut. Jika rating dan komentarnya bagus, juga jumlah pen-dowload banyak, berarti aplikasi tersebut cukup populer dan layak anda unduh.
13.Bagaimana cara mengaktifkan foto yang diambil dari kamera ponsel android saya dapat menyimpan data lokasi (Geotag)?
-Silahkan masuk ke menu "Setting > Tag location" pada pengaturan kamera (setting pada aplikasi kamera, bukan pada setting perangkat). Setting dalam posisi On, maka semua foto yang anda ambil akan menyimpan info lokasi pengambilan gambar.
14.Bagaimana cara agar aplikasi FB untuk Android dapat menampilkan status send via Android?
-Karena kebijakan FB, maka aplikasi FB untuk android saat ini memang tidak lagi menampilkan status via android, namun anda masih dapat menampilkan via android, caranya dapat anda temukan pada artikel Update Status via Android
15. Apakah aplikasi Android aman dari virus?
-Jika anda unduh aplikasi dari play store, mungkin lebih terjamin aman (walau tidak semuanya aman). Yang beresiko adalah aplikasi dari luar play store atau aplikasi store resmi dan aplikasi yang telah dibajak/dicrack. 
-Anda dapat menggunakan antivirus untuk android atau dapat menggunakan tips amankan android anda.
16.Apakah aman saya mencabut langsung memori dalam keadaan ponsel hidup?
-Sebaiknya jangan dilakukan. Ini akan mengakibatkan umur kartu memori berkurang dan cepat rusak. Jika anda memiliki fasilitas hotswap, sebelum mencabut memori masuklah ke menu "Setting > SD Card & Phone Storage", kemudian tekan menu "Unmount SD Card".
17.Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel Android ke kartu memori eksternal?
-Silahkan masuk ke menu "Setting > Applications > Manage Applications". Anda akan melihat deretan aplikasi yang telah anda install. Pilih salah satu yang ingin anda pindahkan dengan cara mengkliknya. Jika kompatibel, akan muncul pilihan "move to SD Card". Tekan menu tersebut, maka aplikasi Anda akan berpindah ke kartu memori. 
-Dapat juga menggunakan cara meringankan memory internal android.
18.Bagaimana saya mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan bagaimana cara menghentikannya?
-Silahkan masuk ke menu "Setting" > Application. Masuk ke menu "Running". Setelah loading akan muncul data aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Untuk mematikannya cukup tekan menu "force close" (hati-hati jika melakukan force close pada aplikasi system).
19. Bagaimana supaya android saya aman digunakan saat berkendara?
-Tidak disarankan, karena berkendara sambil menggunakan perangkat untuk komunikasi dapat memecah konsentrasi dan dapat mengakibatkan kecelakaan, namun jika mendesak, gunakan craddle untuk mobil/sepeda motor/sepeda. Aktifkan aplikasi Car Home (bawaan Android) sehingga menu akan mudah terlihat dan mudah digunakan satu tangan.
20.Bagaimana saya bisa memberitahu teman tentang lokasi dimana saya berada?
-Anda bisa gunakan Google Latitude (bawaan Android). Caranya klik profil anda di Google Latitude kemudian pilih send location to other, dapat juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda download pada google play store.
21.Bagaimana cara menginstall android saya di komputer (terkoneksi internet), walaupun tanpa ponselnya?
-Silahkan masuk ke situs play store, lakukan login dan pilihlah aplikasi yang hendak di instal. Klik tombol instal, kemudian akan muncul jendela konfirmasi, klik tombol instal. Jika ponsel android anda dalam keadaan hidup dan terkoneksi internet, ponsel akan secara otomatis mendownload dan menginstal aplikasi yang anda pilih di komputer. 
-Dapat juga anda download secara manual apk tersebut dengan menggunakan cara download aplikasi play store dengan PC, kemudian anda install secara manual. 
22.Apakah aman saya mencharge ponsel Android terus menerus sambil beraktifitas atau anda tinggal tidur?
-Sebaiknya jangan dilakukan. Ini mengakibatkan supaya baterai Anda awet dan tidak cepat menggelembung. Sebaiknya cabut charger setelah penuh, untuk memperpanjang life cycle baterai dapat anda temukan pada artikel tips droid di sini.
23.Bagaimana cara mengatur keamanan supaya tidak sembarang orang bisa membuka ponsel saya?
-Anda cukup menekan tombol power / on-off, namun tombol jangan ditahan, layar akan mati dan telepon akan otomatis terkunci. Untuk menambah variasi penguncian tombol, anda bisa menggunakan aplikasi pengunci tombol yang dapat anda unduh di play store dengan gambar pattern yang unik dan sesuai selera anda.
24.Bagaimana saya bisa membuka lock ponsel jika saya lupa password atau gambar pattern saya?
-Setelah mencoba tunggu sampai 30 detik, kemudian coba lagi. Jika masih belum mampu mengingat patternya, akan muncul menu "forgotten pattern". Masukkan alamat email gmail dan password anda untuk membukanya, jika masih tidak bisa maka mungkin anda harus melakukan reset pada perangkat anda.
25.Bagaimana cara meningkatkan keamanan Android saya dari serangan virus Android?
-Temukan jawabannya pada artikel tips droid tips amankan android anda.
26.Google play store saya sering force close, apa yang harus saya lakukan?
-Force close mempunyai beberapa penyebab, kemungkinan ada yang crash pada aplikasi, oleh karena itu cobalah untuk anda clear data dan cache kemudian masuk lagi pada play store, jika masih sering force close ada baiknya jika anda install ulang play store anda, dan jika masih force close cobalah untuk reset perangkat anda, namun jangan lupa untuk backup terlebih dahulu.
27.Titanium backup saya tidak bisa berjalan, apa penyebabnya?
-Pastikan bahwa android anda pada posisi ROOT dan sudah terinstall busy box, jika tidak bisa melakukan update secara otomatis, ada baiknya anda install secara manual.
28.Twitter client saya tidak bisa terkoneksi lancar?
-Coba anda check pada setting waktu, karena twitter client melakukan sinkronisasi real sehingga memerlukan setting waktu secara benar, jika masih tidak bisa terkoneksi anda dapat menemukan solusinya pada artikel tips droid Twitter client dan solusi error
Beberapa tips dan tutorial serta solusi masalah pada android dapat anda temukan pada tips droid.
Judul Solusi Masalah Pada Android Part 2
Deskripsi Sebelumnya tips droid telah berbagi kepada anda tentang solusi masalah pada android yang dapat ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

9 komentar:

  1. Gan. Ane punya kasus nih. Aplikasi playstore,gtalk,gmail gak bisa dijalankan gan di galaxy w ane,pokok nya yg berhububgan dgn google gak bisa di jknkan gan sehabis ane upgrade os nya dr gb ke jb v4.2.2. Klo aplikasi lain gak ada msalah.
    Mohon solusi nya gan.
    Makasih

    BalasHapus
  2. Coba check ulang setting network nya gan, khususnya set DNS. Ada kemungkinan settingan salah. Pastikan juga operator anda tidak bermasalah, coba check koneksi ping ke google melalui perangkat lain atau modem

    BalasHapus
  3. Ane pke wifi gan, hrs nya jan gak ngaruh, apps yg lain lancar2 aja gan

    BalasHapus
  4. Coba check settingan dns gan, mungkin ada yg berubah. Udah coba di reset atau di wipe cache,dalvik n data?

    BalasHapus
  5. Ok gan mksh saran nya, tp di setting dmn taro nya itu gan

    BalasHapus
  6. Pake code gan, tp kl mau mudah coba pake apk setDNS, kl masih ga berhasil coba check pake code unt code bisa dicari di mesin pencari google.

    BalasHapus
  7. bro sy punya kasus nih, hp galtab 2 sy tdk bisa mengunduh apk dari play store. Setelah sy uprage dari ics ke jb.....

    Mohon solusinya
    Please

    BalasHapus
  8. 1.Check jaringan, coba dengan koneksi lain, jk bisa berarti kendala pada jaringan operator anda
    2.Check koneksi, coba check koneksi apakah setting koneksi sudah benar? Terkadang bisa bwt browsing,chat,dll tp kl ada yg salah ga bisa konek ke google termasuk check DNS jk ada
    3.Cari review tentang bug ROM, apakah ini termasuk dalam bug ROM
    4.Clear cache n data kemudian masuk lagi ke PS, coba unduh ulang
    5.Check juga storage yg sisa, karena sekalipun internal masih banyak, kl ada pmbatasan temporary penyimpanan unt unduhan bisa menyebabkan bisa didownload tp sampai berapa % atau bahkan nyaris selesai (100%) tp ga bisa terinstall :)

    BalasHapus
  9. assalammualaikum wr.wb.
    saya punya hp android,,lalu setiap saya selesai mendownload,,,aplikasinya tidak mau pindah ke sd card,,padahal memori ponsel saya sangat sedikit...
    bagaimana caranya agar aplikasi ini bisa pindah ke sd card.
    wassalammualaikum wr.wb.

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger