• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Solusi Masalah Android Part I

Posted on Sabtu, 06 Oktober 2012 - 21.44 with 6 comments

Seperti layaknya elektronik yang ada, terkadang kita menemukan permasalahan dalam menggunakannya, tidak terkecuali pada android device anda, terkadang kita menemukan berbagai permasalahan baik dalam segi software maupun hardware. Dalam artikel ini saya mencoba untuk menuliskan permasalahan yang sering terjadi pada android berikut solusinya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


Berikut ini adalah berbagai permasalahan dalam android:
1.Ketika dihidupkan, hanya tampil logo vendor
Kasus ini biasa terjadi ketika anda gagal flash ROM baik custom ROM atau stock ROM, waktu custom system (ganti kernel,ganti font,ganti bootanimation,etc)
Solusi:
-Jangan tergesa-gesa ketika anda flash ROM atau edit system, pastikan centang pada aplikasi flash sesuai procedure (jika anda flash menggunakan komputer) 
-Pastikan file yang anda gunakan dan procedure yang anda gunakan sesuai dengan device anda 
-Lakukan flash ulang sesuai procedure (sebagai contoh:jika menggunakan CWM jangan lupa untuk wipe data,wipe cache dan wipe dalvik) 
-Periksa ulang Setting, pakailah default (disarankan ketika gagal custom, kembalikan ke stock, jika gagal di stock pastikan file anda dalam kondisi bagus/tidak corrupt, download ulang jika file rusak) 
-Jika android anda masih serupa atau malah mati total, cobalah charge, jika masih ada indikator menyala atau masih keluar voltasenya jangan anda teruskan usaha untuk uji coba, bawalah ke teknisi kepercayaan anda.
2.Upgrade atau ganti aplikasi, malah tidak dapat berjalan
Terjadi biasanya ketika anda sehabis upgrade atau install yang baru malah aplikasi anda menjadi tidak bisa di pake alias force closedatabase app terdahulu masih ada dan beda komponen dengan yang terbaru, aplikasi anda tidak sesuai dengan device anda.
Solusi:
-Jika anda upgrade dari google play store, pastikan rekomendasi device untuk menjalankan aplikasi 
-Jika anda meminta dari teman atau mengunduh dari internet, pastikan juga rekomendasi minimal untuk menjalankan aplikasi apakah sesuai dengan device anda, pastikan file tidak rusak dan tidak ada virusnya 
-Cobalah hapus database app yang terdahulu dengan cara clear data dan clear cache kemudian uninstall dan install ulang app anda yang baru, jika masih tidak berjalan jangan anda paksakan, lebih baik jika anda menginstall app versi sebelumnya yang cocok dengan device anda
 
-Pastikan terlebih dahulu apakah letak aplikasi, terkadang jika anda memindah aplikasi dari memory internal ke eksternal atau sebaliknya dapat menyebabkan app tidak jalan 
-Jika anda menggunakan aplikasi untuk ROOT yang perlu mengakses system, pastikan permission pada app cocok dan sesuai procedure 
-Pastikan juga versi OS android anda dengan aplikasi, terkadang aplikasi tidak berjalan pada versi OS tertentu.
3.Selalu restart / bootloop
Biasa terjadi setelah anda gagal upgrade atau install sesuatu sehingga sering restart sendiri dikarenakan file yang rusak, anda terlalu memaksa pada android device anda sebagai contoh ketika anda tahu bahwa aplikasi tidak cocok namun anda memaksa untuk terus menginstall atau memindah data.
Solusi:
-Jika anda memaksakan untuk menjalankan app, sebaiknya anda uninstall app tersebut dengan bantuan komputer. 
-Jika anda tidak bisa melakukan langkah di atas, dengan sangat terpaksa anda harus reset android ke default. 
-Jika di akibatkan karena kesalahan install ROM atau edit system, anda dapat melakukan procedure no 1 pada artikel yang saya tulis di atas (seperti procedure ketika android tampil sampai dengan logo vendor). 
-Jika disebabkan karena salah edit, sebaiknya anda kembalikan file backup anda ke android anda (sebagai contoh: solusi jika gagal edit merubah tampilan)
4.Aplikasi tidak berjalan baik atau tidak bisa terkoneksi sempurna
Sebagai contoh ketika aplikasi Facebook,Gmail,YM tidak bisa login. Biasanya terjadi karena app tidak cocok atau setting internet bermasalah, background data tidak berjalan sempurna.
Solusi:
-Pelajari terlebih dahulu setelah apa yang anda lakukan sehingga menjadi aplikasi tidak berjalan, sebagai contoh setelah anda salah setting koneksi internet, maka kembalikan ke semula sehingga dapat berjalan lancar. 
-Pastikan ROM anda dan aplikasi anda mengijinkan untuk mengakses internet 
-Pastikan internet beserta settingan internet anda benar (APN, data packet, paket internet operator,etc) 
-Pastikan setting pada device anda dan aplikasi anda benar (sebagai contoh jika setting tanggal dan waktu pada device anda salah, maka aplikasi twitter tidak akan berjalan) 
-Pastikan bahwa IP anda tidak sedang di blockir oleh layanan yang anda gunakan (dalam artian dikarenakan kesalahan anda sehingga IP anda terblokir atau dikarenakan operator yang anda gunakan IP nya tidak terbuka pada layanan server aplikasi yang anda gunakan) 
-Yakinkan bahwa server pada aplikasi berjalan atau carilah info bahwa server masih online (contoh jika operator atau server pada aplikasi sedang maintenance, maka aplikasi tidak bisa berjalan sempurna) 
-Lakukan sesuai cara no 2 (upgrade membuat aplikasi tidak berjalan) pada artikel ini jika anda telah yakin procedure di atas cocok
5.Setelah anda ganti memory eksternal, aplikasi tidak berjalan
Terjadi biasanya setelah anda mengganti SDCARD malah menjadikan aplikasi tidak berjalan sempurna, data hilang tidak bisa terback up, memory tidak terbaca.
Solusi:
-SDcard bisa disebut sebagai nyawa kedua android kita,berhati-hatilah jika anda mengganti sdcard, tidak seperti ketika anda mengganti memory card hp java yang dapat anda lepas dan pasang, dikarenakan pada android, memory card yang kita pakai ada cache atau temp database aplikasi tertentu. 
-SDcard tidak cocok dengan hardware atau software android anda, contoh KINGSTONE 16GB tidak cocok dengan ROM ginger DX di xperia versi X, jadi pastikan terlebih dahulu memory yang cocok dengan android anda. Anda dapat membaca lebih jauh tentang memory pada artikel tips droid yang telah saya tulis sebelumnya di sini. 
-Teliti dan cari info dulu sebelum membeli memory 
-Pastikan format anda benar (contoh beberapa aplikasi tidak berjalan ketika anda memformat menggunakan komputer dengan format NTFS), saran saya gunakan format FAT atau EXT 
-Lakukan backup atau clone (sebaiknya cloning jangan copy, karena copy terkadang ada file tersembunyi yang tidak terpindah atau batchnya tidak cocok) jika anda hendak mengganti atau mempartisi memory anda 
-Ganti SDCARD dengan level yang sesuai, dapat anda tanyakan ke ahlinya atau teknisi kepercayaan anda.
6.Android menjadi lambat bahkan terhenti (hang)
Terjadi karena memory anda penuh, aktifitas berlebih pada android anda, terkena serangan malware, etc
Solusi:
-Jika memory eksternal anda penuh, sebaiknya anda mengganti memory yang lebih besar (hal ini untuk memory eksternal, pastikan dulu anda membaca tentang cara no 5 pada artikel ini, karena terkadang mengganti memory dapat menyebabkan timbul masalah baru). 
-Jika memory internal yang penuh, anda dapat memindahkan pada memory eksternal dengan cara seperti yang telah saya tulis pada tips droid sebelumnya di sini, atau anda dapat melakukan penghapusan (namun terkadang dihapus, tidak semua data hilang, lakukan delete secara manual namun berhati-hatilah dalam menghapus) 
-Restartlah android anda, karena dengan restart maka kinerja RAM akan refresh 
-Jika anda mengerti tentang aktifitas background app, lakukan pemberhentian secara manual dengan task manager bawaan (jika anda menggunakan task killer sebaiknya anda membaca artikel di sini) 
-Jika ada aktifitas meragukan yang membuat android anda hang atau lambat, sebaiknya anda scan dengan antivirus, pilihlah antivirus yang cocok dan tidak memberatkan android anda dengan membaca di sini. 
-Langkah terakhir jika masih lambat, resetlah android anda, namun jangan lupa back up dan pastikan anda hanya menginstall app secara bijaksana dan selektif.
7.Android anda tidak dapat mengakses app tertentu
Beberapa aplikasi tidak bisa diakses pada android, namun anda bisa menggunakan alternatif lain.
Solusi:
-Pelajari terlebih dahulu apakah aplikasi anda memang benar-benar tidak support.
-Tanyakan kepada ahlinya tentang alternatif yang ada untuk mengatasi masalah tersebut. 
-Install secara manual, namun backup dan lakukan sesuai procedure sebelum anda menginstall secara manual (sebagai contohnya tips droid artikel tentang: jika android market tidak beralih ke play storeinstall flash playerGPU anda tidak sesuai dengan app anda, jika anda tidak bisa membuka file tertentu seperti file multimedia anda dapat mengunduh playernya secara manual atau mencari di google play store,etc) 
-Jika tidak support, dikarenakan apk tidak tersedia untuk region anda, anda bisa melakukan install ulang secara manual, apk bisa anda cari pada mesin pencari google atau dapat membaca artikel tips droid unlock apk google play. Namun disarankan jika tidak bisa, jangan anda paksa untuk melakukan install, dikarenakan tidak semua apk support untuk perangkat anda sebagai contohnya apk yang tidak support untuk resolusi tertentu.
8.Lain-lain berhubungan dengan software
Force close dan tiba-tiba tertutup:
-pastikan aplikasi cocok, refresh kembali android beserta aplikasi anda 
-jika tidak cocok janganlah anda paksakan untuk menjalankan aplikasi 
-force close biasa terjadi jika aplikasi sedang not respone dikarenakan beberapa hal diantaranya kinerja aplikasi membutuhkan memory RAM yang besar sementara RAM tidak bisa menyediakan atau mungkin aplikasi tersebut error
Sensor pada android tidak berjalan:
-cek kembali ROM yang anda gunakan beserta system yang ada apakah cocok dengan hardware android anda 
-pastikan aplikasi tidak rusak (untuk kerusakan aplikasi dapat disebabkan berbagai macam sebagai contoh dikarenakan virus)
Android anda menyedot pulsa:
-pastikan tidak ada malware (keterangan malware dapat anda baca pada artikel tips droid di sini), jika ada gunakan antivirus, namun secara optimal. 
-jika anda tidak sengaja mengunduh konten berbayar, cobalah untuk unregistrasi konten tersebut jika anda rasa tidak penting, dapat juga anda menghubungi operator anda jika dibutuhkan atau anda kesulitan dalam unreg 
-pastikan dalam pemilihan auto update dan juga interfal refresh aplikasi online anda maupun proses auto sync
9.Lain-lain berhubungan dengan hardware
Android anda tiba-tiba mati dan tidak bisa hidup lagi:
-ingat kembali apa yang anda lakukan terhadap android anda, apakah jatuh atau terbentur pada benda keras, ataukah jatuh ke dalam cairan (solusi jika terjatuh ke cairan) 
-pastikan software anda tepat dan jika anda custom android berhati-hatilah (terkadang custom juga dapat mengakibatkan android anda padam, sebagai contoh: gagal overclock dapat menyebabkan hardbrick) 
-bawalah ke teknisi kepercayaan anda atau service center
Android anda boros baterai atau android menjadi panas (overheat):
-biasa karena adanya beban aktifitas yang berlebih yang menjadikan overheat.
-pastikan android anda tidak konsleting (hubungan listrik singkat), jika terjadi arus pendek lepaslah daya/baterai kemudian bawalah ke teknisi atau service center. 
-jika android anda boros, cobalah tips berikut ini.
Catatan:
Demikian adalah beberapa permasalahan yang sering dijumpai pada android, jika anda menemukan permasalahan lain, anda dapat mengkonsultasikan pada teman atau orang yang expert tentang android, bertanya pada forum android atau teknisi dan service center. Jangan lupa back up lah data anda sebelum melakukan segala sesuatunya. Jika anda ingin melakukan uji coba, pastikan anda mempelajari logika kerja hardware dan software yang hendak anda terapkan, karena jika terjadi hardbrick parah maka android anda tidak bisa anda perbaiki lagi (bisa diperbaiki namun harus mengganti komponen yang tentu saja memakan biaya besar).
Judul Solusi Masalah Android Part I
Deskripsi Seperti layaknya elektronik yang ada, terkadang kita menemukan permasalahan dalam menggunakannya,...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. gan, anekan melakukan cara buat emaksimalkan Kinerja Ram di android x8 dengan cara mendonlot S97ramscript.rar , tp alhasil sekarag hp ane eror, setiap ane nyalain hanya nyampe tulisan sony ericson warna putih. mohon pencerahannya ga...tx

    BalasHapus
  2. Softbrick itu sist, penanganan termudah adalah cobalah untuk re flash ROM X8 anda.

    BalasHapus
  3. makasih banyak ya gan,tips yang no.4 yang saya alami selama 1 minggu yaitu aplikasi twitter ga berjalan,trus sya coba yg no 4 itu,tpi nyata bisa gan.
    Artikel agan sangat berguna sekali,lanjutkan gan,smga agan sukses dlam bdang nya.mga agan dpat bnyak pahala di bulan Ramadan ini...amin....

    BalasHapus
  4. Amin.... smoga agan juga dilipat gandakan pahalany juga :)

    BalasHapus
  5. gann mavv nih, ane mw tanya.. setelah update rom ko jadi gabisa koneksi internet ya,, kira2 kenapa y gan??? udah 2x ganti rom sama aj masih gbsa, ane pake SE Experia X8 makasih gan

    BalasHapus
  6. coba cek lagi yg berkaitan dengan jaringan ke operator anda, dari DNS, pulsa, paketan atau lain2 bisa anda hubungi service center operator anda :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger