• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Facelock Android

Posted on Minggu, 21 Oktober 2012 - 15.32 with No comments

Salah satu fitur favorit di perangkat yang menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich adalah adanya aplikasi Face Unlock yang digunakan untuk mengunci perangkat dengan menggunakan pemindaian wajah. Bagaimana jika perangkat kita tidak mempunyai update ICS? Dapatkah menggunakan facelock? Mari kita berbagi bersama tips droid seputar facelock pada android.


Banyak sekali kelebihan dan kecanggihan yang ditawarkan oleh OS android, seperti yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang kecanggihan android, salah satunya adalah menawarkan aplikasi pemindai wajah untuk mengunci suatu aplikasi atau phone atau yang dikenal dengan facelock.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi serupa namun hanya memiliki perangkat yang menggunakan Android 2.3.6 keatas. Jangan khawatir, karena sekarang ada aplikasi Facelock yang memiliki fitur yang sama dengan Face Unlock. Mari kita bahas bersama tentang Facelock.

Pendahuluan
Facelock merupakan aplikasi kunci yang memanfaatkan biometrik secara sederhana, apakah biometrik itu?
Pemindai biometrik adalah alat yang menggunakan data biometrik untuk mengidentifikasi individu berdasarkan pengukuran karakteristik fisiologisnya. Karakteristik fisiologis ini memberikan kemampuan untuk mengontrol dan melindungi integritas data sensitif yang tersimpan dalam sistem informasi. Biometrik merupakan suatu metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakteristik unik yang dimiliki oleh manusia (sumber).

Pada sebuah sistem pengamanan, ada 2 hal mendasar mengenai cara pengambilan sample biometrik , pada diri seseorang yaitu :

1.Verifikasi untuk keperluan Otentifikasi
Proses ini, anda diminta memasukkan user-id terlebih dahulu, kemudian diikuti pengamannya (misalkan password, sidik jari, wajah, mata dan lain-lain ). Apabila diperiksa pada database terdapat kesesuaian antara keduanya, maka akses dapat diberikan / diterima. Proses seperti ini disebut 1:1 (one to one). 
2.Rekognisi untuk keperluan identifikasi
Dalam proses ini, anda langsung memasukkan atau menunjukkan kode pengamannya misalkan password, sidik jari, wajah, mata ). Setelah itu mesin biometrik akan melacak data yang telah disimpan di memory dan mencari yang sesuai dengan kode pengaman. Bila ditemukan ada data yang sesuai, maka identitas pemilik kode pengaman tersebut akan ditampilkan. Proses seperti ini disebut 1:N (one to many) karena pada dasarnya terjadi proses pencocokan seseorang dengan banyak daftar data yang telah disimpan di memory atau database.
Cara Kerja Face Recognize
•Pengenalan biometrik wajah dilakukan  dengan menggunakan komputer untuk  menganalisa struktur wajah seseorang.  Software pengenalan wajah menggunakan  sejumlah titik dan pengukuran, termasuk  jarak-jarak diantara ciri-ciri penting  jarak-jarak diantara ciri-ciri penting  seseorang seperti mata, hidung dan mulut,  sudut-sudut penting seperti pada kening  dan rahang, serta panjangnya porsi wajah. 
•Dengan menggunakan semua informasi ini,  program ini dapat menghasilkan suatu  template yang menyatukan semua data.  Template ini kemudian dibandingkan  dengan berbagai database gambar-gambar  wajah untuk mengidentifikasikan orang yang  dimaksud. wajah untuk mengidentifikasikan orang yang dimaksud. 
•Untuk mencegah penggunaan gambar/foto  wajah yang menggunakan topeng (masker),  Sistem meminta obyek untuk tersenyum,  mengedip atau mengerutkan dahi. Selain itu  sistem juga dilengkapi dengan  thermography untuk mengukur suhu wajah 

Facelock Android
Beberapa aplikasi biometrik tersedia di play store baik berbayar maupun yang dapat anda peroleh secara gratis. Namun pada artikel ini saya melakukan uji coba hanya pada salah satu aplikasi tersebut. Jika anda hendak mencoba, silakan download dengan klik gambar di bawah ini.
Free Version
Pro Version V2.6.5
Catatan:
-Aplikasi berjalan hanya pada android versi 2.3 ke atas. 
-Untuk melakukan install anda download terlebih dahulu kemudian extract file tersebut, setelah itu install kedua file itu, namun setelah install jangan anda jalankan terlebih dahulu, namun anda lakukan patching dengan lucky patcher, petunjuk dapat anda baca pada artikel tips droid sebelumnya di sini
- Selain aplikasi facelock, anda dapat download alternatif aplikasi pada play store dengan klik di sini.
-Aplikasi ini juga mempunyai kelemahan seperti layaknya pemindai wajah, jika anda mempunyai foto yang digunakan sebagai kunci, maka anda dapat membuka.

Aplikasi ini diciptakan oleh SmartApps Mobile, FaceLock memungkinkan Anda untuk menggunakan wajah sebagai kunci untuk unlock dan mengakses ponsel Android. Lalu bagaimana kalau Smartphone anda tidak memiliki kamera depan? Jangan khawatir, karena aplikasi ini dapat menggunakan rear camera untuk meng-unlock smartphone anda.

Fitur ini bekerja dengan cara memindai setiap titik biometrik pada muka pengguna. Jadi jangan takut tidak bisa membuka smartphone saat muka sedang penuh dengan jerawat.

Seperti halnya fitur Face Unlock pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich, aplikasi FaceLock juga memiliki rencana cadangan jika tidak berhasil mengenali wajah pemiliknya. Aplikasi akan menganjurkan pengguna untuk memasukkan PIN dan password.

Menjalankan aplikasi FaceLock akan membawa Anda ke menu utama dengan pilihan yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan aplikasi. Untuk mengaktifkan FaceLock pada smartphone, cukup tap pada ?Enable FaceLock? button dari menu utama. Aplikasi pun akan aktif secara otomatis.

FaceLock juga memungkinkan pengguna mengambil foto mereka dan membuat aplikasi mengidentifikasi pemiliknya. Untuk membuat aplikasi bekerja demikian, cukup tap? Train face recognition? button untuk mulai mengambil gambar. Aplikasi mengharuskan Anda mengambil setidaknya 7 foto diri pada angle dan kondisi cahaya yang berbeda.

Anda bisa mencukur jenggot pada foto pertama, mengenakan kacamata pada foto kedua, tersenyum pada foto ketiga, bersembunyi di ruangan gelap, dan sebagainya sehingga aplikasi memiliki foto yang cukup untuk bisa mendeteksi wajah anda. Anda bahkan dapat mengambil foto dari teman terpercaya anda, sehingga memungkinkan mereka untuk membuka ponsel Anda
Jika memerlukan tips dan FAQ, pihak developer facelock menyediakan bantuan tentang cara untuk melakukan pelatihan wajah tepat di sini. Pelatihan yang buruk dapat merusak pengakuan atau mengenali orang-orang lain.
Judul Facelock Android
Deskripsi Salah satu fitur favorit di perangkat yang menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich adalah adan...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger