• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Kalibrasi Baterai Android

Posted on Rabu, 10 Oktober 2012 - 20.14 with 34 comments

Jika anda sering kali mengganti ROM atau hendak mengganti baterai, mungkin tampilan status baterai berbeda dengan keadaan yang sesungguhnya, hal ini membutuhkan adanya calibrasi pada baterai, sehingga apa yang ditampilkan sesuai dengan kenyataan daya pada baterai, Bagaimana caranya? Apakah kalibrasi itu? Mari kita bahas bersama.

Kalibrasi (calibrate) adalah mengatur / menyesuaikan kembali. Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik. Mengapa baterai perlu dikalibrasi ? Kita telah tahu bahwa baterai android itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge baterai padahal baterai masih posisi 20% lagi, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lama-lama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan baterai sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat. Beberapa fakta tentang calibrate battery dapat anda baca di sini.

Gunanya kalibrasi baterai :
1. Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi. 
2. Agar penunjukan persentase baterai akurat 
3. Untuk menstabilkan kinerja baterai dan health dari baterai jadi stabil. 
4. Untuk mencegah cepatnya baterai drop dan bocor 
5. Tentunya agar baterai awet dan umurnya panjang.
Daripada anda bosan mendengarkan penjelasan yang panjang lebar, silahkan saja langsung simak langkah langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi Mugen Power pengkalibrasi Baterai ini. Oh ya cara ini khusus untuk device yang sudah di root ya

Langkah langkah memasang Mugen Power :
  • Download terlebih dahulu aplikasinya di market, atau anda bisa juga langsung mendownloadnya di bawah ini, kemudian ekstrak dengan winrar atau winzip atau tools sejenisnya.
  • Ponsel Android anda harus terlebih dahulu sudah di root.
  • Charger ponsel anda sampai 100%, namun jangan cabut terlebih dahulu.
  • Install aplikasi Mugen Power yang sudah anda download tadi. Usahakan ke internal memori saja.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pilih profilenya sesuai dengan ukuran/besaran Mah baterai , 1200Mah pilih profile 1 atau juga bisa profile 2 (profile 1 = Stock Battery dan profile 2 = mugen normal size), untuk 1500Mah profile no. 1 dan juga bisa profile no. 2
  • Touch teks calibration sekali saja (yang ada pada setiap profile/profile yg sudah di pilih).
  • Cabut colokan charger dari ponsel Android maupun stop kontak.
  • Lalu gunakan sampai baterai ponsel 0% (sampai ponsel mati sendiri)
  • Kemudian Charger kembali sampai penuh 100%, namun jangan dihidupkan dan jangan di ganggu.
  • Setelah penuh 100% cabut charger ponsel Android anda, dan hidupkan kembali.
  • Selesai. Rasakan perbedaannya. Semoga bermanfaat untuk anda pengguna Android.
Screen Capture:
Catatan:
Bagi yang menggunakan app task kiler atau sejenisnya, jangan sampai app ini di kill atau di auto kill oleh app task killer, biarkan app jalan di background supaya app ini bisa menjalankan tugasnya dengan profile yang sudah pilih sebelumnya.

App Lebih baik di install d memori Internal. 
Jika anda telah melakukan kalibrasi, sebaiknya tidak perlu melakukan calibrate lagi. Jika anda hendak melakukan kalibrasi ulang, sebaiknya app calibrate yang lama anda uninstall terlebih dahulu. 
Kalau hendak melakukan pemindahan profile, selesaikan dulu proses  profile yang kita pilih (langkah di atas) baru bisa melakukan pemindahan ke profile lain, dan apabila sudah pindah ke profile lain.  
Jangan langsung pindah profile. Contohnya: misalkan Handphonenya nya udah di calibrate pakai profile 2 lalu kita mau pindah ke profile lain. Caranya touch saja profile yang kita inginkan (i want to changes battery)..misalkan akan pindah di profile 1 (stock battery) nanti anda akan di minta untuk matikan Handphone nya kalau anda hendak pindah profile, laksanakan dan matikan Handphone nya dan cabut baterainya terus pasang kembali baterainya dan hidupkan Handphone nya, Setelah hidup Handphone nya maka profile 1 siap untuk di lakukan calibrate kembali langkah yang harus anda lakukan adalah mengulang lagi langkah-langkah di atas.
Anda dapat juga menggunakan alternatif lain app untuk calibrate baterai yang dapat anda download di sini.

Saya ucapkan terima kasih atas masukannya, saya telah meneliti ulang artikel saya pada blog sebelumnya dan memperbaiki pada blog ini sehingga tidak terjadi kesalah pahaman terhadap pembaca blog ini. Sekali lagi saya minta maaf atas kecerobohan saya, saya tegaskan bahwa MUGEN adalah aplikasi untuk mengkalibrasi baterai bukan untuk menghemat baterai semata. Mungkin banyak sekali artikel di internet mengatakan bahwa mugen digunakan untuk menghemat baterai, bukannya salah namun kurang tepat, mugen sebenarnya adalah aplikasi untuk mengkalibrasi baterai.

Spesial thx to agan angga2oioi :)
Judul Kalibrasi Baterai Android
Deskripsi Jika anda sering kali mengganti ROM atau hendak mengganti baterai, mungkin tampilan status ba...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

34 komentar:

  1. Sori.
    Tp stau saya itu apk cuma sebagai alat untuk mengkalibrasikan batre.
    secara umum, buat yg hobi gonta ganti rom/cusrom, pada awal booting, indikator batere mereka tidak menunjukkan nilai yg sebenarnya karena systemfile batterystat.bin terhapus saat flashing. Termasuk stock rom saat pertama kali keluar dari pabrik. Dengan kata lain, kapasitas baru 80% tp tertulis 90%
    .
    Makanya aplikasi ini meminta kita untuk menentukan berapa sih kapasitas batre kita sebenarnya lalu menyesuaikannya dengan indikator batre di tiap handheld saat dicharge.

    Anyway.. thanks for sharing

    BalasHapus
  2. Oh iya min,kalo baru pertama kali calibration pilih profilenya bisa langsung yg profile 3,atau harus profile 1 dulu yg stock battery...??

    BalasHapus
  3. Terima Kasih atas masukannya, saya telah mengedit ulang isi dari artikel ini, sehingga segala kesalah pahaman dapat segera teratasi, terima kasih atas koreksinya

    Saran dan kritik anda sangat kami butuhkan, shingga saya dapat membangun sebuah blog yang berguna bagi pembaca blog saya *shakehand*

    BalasHapus
  4. Sori gan. Baru nyadar.
    Sebelum dikalibrasi, batre harus dalam kondisi penuh (full) kan ?. Sebab ternyata di HH saya ( galaxy ace), kondisi 100% itu belum tentu full. Biasanya sih saya cek battery status di settings > about phone > status. Klo tulisannya 100% tp masih charging brarti belum full.
    tapi klo HH lain saya gak tau sih.

    Anyway
    Thanks for sharing :-)

    BalasHapus
  5. Wkwkwk...kl posisi ON biasanya 100% blom tentu 100% gan,makanya saya rekomendasikan posisi OFF,karena saat OFF biasa status baterai itu sesuai dengan hardware, sementara posisi ON biasanya memindai berdasarkan software :)

    Semoga membantu info dari saya ini :D

    BalasHapus
  6. Galaxy Ace S5830 mempunyai kapasitas baterai 1350mAh gunakan profile 1 jika anda menggunakan baterai original

    BalasHapus
  7. min mau nanya , battre ane kalo di charger baru 5menit udah 50% aja , itu battre nya udah rusak atatu gmn? tp kalo misal paket datanya ngga di aktifin hbs nya lama ,nge chargernya cpt bgt penuhnya . thanks :)

    BalasHapus
  8. Untuk kalibrasi biasa dilakukan seusai install ROM, jadi status baterai benar akurat.

    Kl boros baterai bergantung dari:
    1.baterai drop atau kaga
    2.penggunaan, kl online apalagi unt aktifitas yg berat dan sering refresh/ interval refresh kecil misal 1menit, dpt sebabkan boros baterai karena perlu asupan daya unt kinerja android (CPU,RAM,dll)

    Masalah charge cepat itu tergantung dari:
    1.kapasitas baterai
    2.besar ampere baterai (jgn volt, kl volt beda ntar baterai android bahkan ic powernya bisa berabe)

    CMIIW

    BalasHapus
  9. kalibrasi untuk baterai yg lama bisa min?
    trs ini ngaruh biar baterai jd lbh awet + menghemat batre ngga sih ?

    BalasHapus
  10. misal udah sekali di kalibrasi , hbs itu app mugen nya di unistall aja ya?

    BalasHapus
  11. kalibrasi hanya mengatur ulang tanda pada baterai sebenarnya tidak pengaruh pada ketahanan daya pada baterai, terlihat lebih hemat dikarenakan penanda pada baterai anda sudah anda kalibrasikan namun sebenarnya tidak ada perubahan pada asupan daya baterai

    setelah pemakaian, anda uninstall tidak masalah

    BalasHapus
  12. cara meng-uninstall nya gmn ..?

    BalasHapus
  13. tinggal uninstall biasa koq gan, sperti layaknya uninstall aplikasi biasa

    BalasHapus
  14. tanks gan..
    menurut saya blog ini sangat mmbantu..
    krna saya udh upgrade galaxy Ace pny saya ke IceCream sanwich
    skrg battery hp saya sdh maximal stelah mngikuti artikel ini..

    BalasHapus
  15. min ane mau nanya nih..hh ane GalMin udah cusrom ke MoRe... ane coba trik yang ini ane ikutin langkah2 nya satu-satu, tapi pas dihabisin batrenya ampe 0% ane colokin ke HH ane yang kondisinya udah mati tapi tiba2 malah hidup sendiri...ane coba matiin lagi dalam keadaan si charger masih nyolok tapi masih hidup sendiri..pertanyaannya :

    -apa gara2 ane ganti cusRom nya jadi gitu ato emang karakter cusrom nya ya min??
    -terus kalo yang bener2 100% full cycle charge dalam kondisi hh nya hidup gimana ya min??
    mohon bantuannya min :)

    BalasHapus
  16. Setau ane sich kl benar2 0% ga bisa hidup kecuali ente colokin kurang lebih durasi 1 menit baru ada daya yg masuk lagi

    Untuk 100% hidup posisi blom terkalibrasi saya blm pernah mencoba, tp secara logika mungkin bisa saja ketika anda 100% charge dalam posisi off, kemudian anda hidupkan tp dng posisi charge masi nempel (krn pada waktu boot biasa memakan daya besar)

    CMIIW

    BalasHapus
  17. ok ok...maksud ane biasanya kalo mati terus di charge kan keluar icon batre lg ngisi,kalo yang ane mah skrg jd kagak malah langsung idup sendiri,jadi charge nya dalam keadaan on nggak bs dlm keadaan off,,hehe :D

    ane pake app Dr. Saver Battery pas udah 100% alarmnya nyala tapi pas dibiarin krg lbh 1 jam(kondisi charger masih nyolok) muncul lagi di notif background charge udah 100%,,bedanya apa ya min 100% di app ama yang muncul di background?? Tq

    CMIIW

    BalasHapus
  18. Oooo... coba anda non aktifkan terlebih dahulu aplikasi tersebut, setelah anda kalibrasi baru anda hidupkan kembali aplikasi tersebut

    BalasHapus
  19. kita juga punya nih artikel mengenai baterai, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1477/1/10407425.pdf

    BalasHapus
  20. Kalau kapasitas baterenya 2250 (lenovo k860) apakah bisa di kalibrasi menggunakan app ini? Pilih profile nya yang mana?

    BalasHapus
  21. maaf untuk lenovo series saya blm pernah mencoba, saya tidak berani untuk memberi masukan jika saya pribadi blm pernah mencoba

    test artikel ini saya lakukan pada galaxy, optimus dan xperia series

    BalasHapus
  22. mas mau nanya ,, hape ane girl young duos..
    knpa kok inidikator battreynya ngecas terus walaupun chargernya udah di cabut..
    mohon pencerahanya

    BalasHapus
  23. berlangsung terus menerus atau sementara setelah anda cabut? (delay karena lag)?

    Jika terus menerus pastikan rom anda dalam kondisi normal, begitu juga pastikan konektor usb dan hardware pendukung daya seperti baterai dalam kondisi normal

    BalasHapus
  24. cara kalibrasi lain buat HH yg belom di root gimana ? saya kalau ngecas hp selalu lama dan kadang mentok di 41% mulu..

    BalasHapus
  25. Kl blm root ane rasa ga bisa gan, atau mungkin bisa di coba, charge pada kondisi hp off sampai penuh, setelah itu baru nyalakan

    BalasHapus
  26. bos, galwon ane slimbean batrenya stiap 30% pasti lgsung mati, tpi klo ditinggal skitar 1-2 jam pasti tlisannya 14%, udh coba calibrate pake ini ttp sama saja. ada solusi? lalu bedanya sama kalibrasi rakun bgmn? yg rakun saya tak ngerti. mohon pencerahannya. thx

    BalasHapus
  27. met malem min...

    saya mau tanya, HH saya pas waktu ngechas setelah 60% langsung baterai full 100% .
    kenapa ya.?
    saya sudah pakai Calibrasi, tapi tetap sama saja..

    BalasHapus
  28. Coba check ampere yg keluar dari baterai sama atau tidak dengan yg tampil di HP? Coba check juga kondisi baterai selain itu check juga perangkat lunaknya gan seperti contohnya ROM. Check juga charger ada lonjakan voltase atau kaga :D

    BalasHapus
  29. Untuk batré 3000mah(yg lg rame) gmn ane pki maxu. Carger pki carger power bank... . . Ane kalibrasi pki no 3

    BalasHapus
  30. ya betul
    tp saran aja sich, waktu kalibrasi lebih bagus charge pake charger bukan dari powerbank

    BalasHapus
  31. gan HP ane kooo klo ngecas dalam ke adaan off ko nyala sendiri yaa biasa nya kan ada gambar battre nyaa gan

    mohoon infonyaa gaann

    BalasHapus
  32. gaan knp yaa P saya klo di charger dalam ke adaan off selalu nyala sendiri

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger