• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Transfer File via Bluetooth Android

Posted on Rabu, 10 Oktober 2012 - 19.21 with 4 comments

Sering kali kita melakukan share file dengan teman atau saudara kita menggunakan media bluetooth pada android. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang menggunakan android, sehingga terkadang kita menemukan kesulitan dalam melakukan pengiriman atau penerimaan file melalui media bluetooth. Pada artikel tips droid ini saya hendak berbagi tentang send/receive files via bluetooth pada android.


Apakah bluetooth?
Jaringan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.sumber

Apakah A2DP?
Advanced Audio Distribution Profile atau A2DP merupakan teknologi audio berkualitas tinggi, biasanya digunakan pada headset yang berkoneksi dengan jaringan handphone ataupun media player portabel, dengan menggunakan teknologi bluetooth (tanpa kabel). A2DP biasanya digunakan dengan media penerima bluetooth yang terkoneksi dengan output audio standar. Kode-kode yang datang dari audio ke format bluetooth, kemudian dikirimkan melalui sinyal wireless ke bluetooth headphone. Sebagian besar android memiliki fitur tersebut.

Apakah pairing?
Pairing adalah proses mengenalkan antar perangkat yang hendak anda koneksikan melalui media bluetooth, dengan menggunakan kunci digital rahasia yang berfungsi untuk memberikan keamanan antar layer dan radio pada penerima maupun pengirim.sumber

Catatan:
Untuk proses pairing cukup mudah, setelah terdeteksi perangkat yang hendak anda koneksikan dengan android anda, biasanya ketika anda klik perangkat tersebut (posisi belum paired) akan menanyakan apakah akan anda koneksikan, jika anda klik OK maka akan terjadi proses pairing, sebagian besar dari proses tersebut mengharuskan anda untuk memasukan beberapa digit angka yang bebas anda buat namun harus sama antara perangkat yang hendak anda koneksikan dengan android anda (namun pada beberapa perangkat proses pairing, sudah ditentukan untuk digit angkanya seperti contohnya ketika anda hendak pairing dengan headset bluetooth).
Setelah kita mengenal beberapa istilah tersebut, mari kita berbagi bersama tentang bluetooth pada android.
Android dengan android / symbian
Cara menerima File via Bluetooth
1.Masuk Settings (Pengaturan)
2.Klik “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan)
3.Beri tanda centang pada “Bluetooth” untuk mengaktifkannya
4.Klik “Bluetooth Settings” (Pengaturan Bluetooth)
5.Centang pada tulilsan “Discoverable” (Terdeteksi / dapat terlihat). Ketika dicentang, perangkat Android akan terdeteksi oleh perangkat lain selama beberapa saat
6.Lakukan proses transfer file via Bluetooth dari perangkat lain ke Android
7.Setelah perangkat lain mengirimkan file atau klik “send”, coba buka notification panel Android. Bila dibutuhkan konfirmasi untuk proses transfer tersebut, klik “Accept” (Terima File).

Catatan:
Bila Anda menerima file Bluetooth, biasanya akan disimpan di folder “Bluetooth”.

Cara Mengirim File Via Bluetooth Android
1.Buka aplikasi Gallery, aplikasi file manajer atau aplikasi lainnya yang berguna untuk membuka jenis file yang ingin dikirim dan memiliki fitur share via bluetooth.
2.Pilih file yang hendak anda kirim via Bluetooth
3.Tekan tombol MENU
4.Klik Share (Berbagi) / Send / Transfer (tergantung aplikasi yang digunakan)
5.Klik Bluetooth
6.Ponsel Android akan mencari perangkat lain yang Bluetoothnya aktif
7.Klik pada perangkat lain yang terdeteksi
8.Lihat pada layar perangkat lain, apakah dibutuhkan konfirmasi lagi, misalnya dengan menekan tombol Yes / OK / Accept, dan sebagainya.
9.Setelah proses transfer di konfirmasi oleh perangkat lain, proses transfer via Bluetooth akan berjalan

Catatan:
Untuk melakukan kedua proses di atas perlu melakukan pairing terlebih dahulu seperti yang telah saya jelaskan di atas.
Android dengan blackberry
Langkah untuk mengirim dan menerima hampir sama seperti langkah pada waktu mengkoneksikan antara android dengan android, namun terdapat perbedaan diantaranya sebagai berikut:
1.Nyalakan Bluetooth di kedua device
2.Pairing kedua perangkat (jika anda menggunakan blackberry untuk mencari perangkat android, maka pada android harus anda set “Make Device discoverable”, namun jika anda mencari dengan android, maka set di Blackberry “Listen” / “discoverable” agar dapat terdeteksi)
3.Jika anda ingin transfer file dari Blackberry ke Android bisa langsung seperti cara yang telah saya jelaskan di atas antara android dengan android.
4.Jika anda ingin transfer file dari Android ke Blackberry ->  Menu -> Media -> di Media pencet menu BB -> “Receive Using Bluetooth”

Android dengan PC / laptop
1.Nyalakan Bluetooth pada kedua device
2.Pairing dan koneksikan kedua perangkat tersebut caranya buka add Bluetooth device wizard baik dengan mengklik ganda pada ikon di area notifikasi taskbar, atau dari Control Panel dan klik ganda pada ikon Bluetooth.
3.Ketika perangkat Bluetooth jendela muncul, buka devices tab.
4.Tekan pada tombol "Add" untuk memulai wizard perangkat Bluetooth add.
5.Ketika wizard terbuka centang kotak yang menyatakan "my Bluetooth device is set up and ready to be found", kemudian Klik tombol "Next".
6.Sekarang Anda dapat memilih untuk memasukkan kunci koneksi (Kode Koneksi) atau membiarkan komputer memilih satu untuk Anda. Ini biasanya kode yang diberikan sistem atau yang anda ketik (masukkan) dan perangkat bluetooth lain yang akan terhubung ke komputer anda juga harus memasukkan kode kunci yang sama seperti yang anda berikan.
7.Jika perangkat Bluetooth anda memiliki  kode kunci lain anda masukkan kode tersebut, namun jika anda memilih untuk membiarkan komputer "get a pass key", anda harus memasukkan ini ke dalam perangkat yang ingin Anda hubungkan.
Catatan:
-Untuk melakukan koneksi, pastikan android anda masuk dalam range bluetooth area 
-Pastikan driver bluetooth sudah anda install pada pc atau laptop anda
Tambahan
Untuk beberapa perangkat lain atau ketika anda mengkoneksikan dengan perangkat yang mempunyai OS lain, anda dapat menggunakan cara yang hampir sama dengan cara di atas. Jika anda tidak dapat menemukan cara pairing, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai contohnya: menggunakan aplikasi "BUMP" yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini.
Beberapa tipe file terkadang tidak dapat dikirimkan via Bluetooth walaupun kedua perangkat telah di pair. Pada saat mengirimkan atau menerima file, muncul keterangan “File is unsupported”, “phone can’t handle this type of file”, file tidak cocok, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan cara menginstall aplikasi "Bluetooth File Transfer" yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini.
Bluetooth mempunyai coverage area yang kecil, sehingga jika anda terkoneksi via bluetooth hendaknya jangan terlalu jauh antara perangkat yang terkoneksi. Untuk keterangan lain mengenai bluetooth dapat anda temukan di sini.

Pastikan juga tidak ada bug pada ROM anda (terkadang beberapa CusROM mempunyai bug pada bluetooth)

Pairing key biasa berupa 4 digit angka yang anda tentukan sendiri, namun beberapa perangkat sudah ada defaultnya (sebagai contoh headset bluetooth), pairing key anda penerima dan pengirim harus sama agar dapat terkoneksi.
Judul Transfer File via Bluetooth Android
Deskripsi Sering kali kita melakukan share file dengan teman atau saudara kita menggunakan media bluetoot...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

4 komentar:

  1. Nice share Gan,,
    klu kirim file yang di lempar2 kayak di iklan tv gmn caranya ya???

    BalasHapus
  2. Dilempar? Pecah donk HPnya kalau dilempar
    wkwkwk.... coba pakai BUMP mungkin bisa dicari diplay store, gratis koq:D

    BalasHapus
  3. gan, file yg di folder bluetooth bisa dipindahin gak? Nubi nih hehe..

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger