• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Kualitas Android dan iOS

Posted on Rabu, 24 Oktober 2012 - 20.10 with 8 comments

Perkembangan smartphone saat ini sangat berkembang dengan pesat, berbagai fitur ditawarkan. Pada artikel tips droid ini saya mencoba untuk menuliskan review kualitas dari android dan pesaing utamanya yaitu iPhone. Mari kita berbagi bersama tentang kualitas kedua smartphone yang saat ini berkembang dengan sangat pesat.

Salah satu faktor yang menjadikan Anda memilih sebuah mobile OS adalah aplikasi pendukungnya. Sebut saja BlackBerry App World yang memiliki dukungan aplikasi jauh lebih sedikit dibanding Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iOS devices.

Android dan iOS memang telah terbukti dalam berbagai riset menjadi mobile platform terpopuler di dunia. Keduanya bersaing secara ketat dalam berbagai hal termasuk aplikasi yang disediakan. Aplikasi olah foto Instagram, misalnya. Aplikasi ini sebelumnya hanya eksklusif untuk iPhone tapi kini akan segera tersedia untuk Android. Dengan alasan itulah, dalam sebuah riset terbarunya yang dirilis Februari kemarin, uTest mencoba menguak kualitas aplikasi yang ditawarkan Android dan iOS.

Tertuang dalam sebuah infografis, Anda bisa mencermati bagaimana perbedaan kualitas aplikasi untuk Android dan iOS. Dari segi harga, aplikasi Android tercatat rata-rata $1,32. Angka itu lebih murah dari harga rata-rata aplikasi iOS ($3,92). Untuk aplikasi termahal, Android juga menunjukkan angka jauh lebih kecil ($200) sementara aplikasi iOS ada yang mencapai $1000!

Namun dalam hal instalasi, tercatat 40% pengguna Android yang tidak menyukai cara install aplikasi di Andorid. Hal itu bertolak belakang dengan pengguna iOS devices yang hanya menunjukkan persentase 14% saja. Lebih detailnya, Anda bisa lihat di infografis berikut:
Kesimpulan mana yang lebih stabil?
Penelitian terbaru yang dilakukan perusahaan pemantau mobile app, Crittercism adalah sebuah research startup yang menganalisa crash yang terjadi pada berbagai mobile app, studi terbaru mereka ternyata mencatat hasil yang mengejutkan pada periode bulan November dan Desember 2011. 

Dari 214 juta aplikasi yang diluncurkan selama bulan November dan Desember 2011, data Crittercism ternyata menunjukkan unggulnya jumlah aplikasi yang mengalami crash pada platform iOS dibandingkan dengan Android. Bila Anda perhatikan jumlah total angka-angka di grafik lingkaran, maka Anda akan melihat bagaimana hampir 75 persen aplikasi pada iOS mengalami crash.
Alasan untuk terjadinya crash pada mobile OS ini tentu beragam, mulai dari iOS 5 yang masih baru di pasaran, masalah dengan hardware, konektivitas internet, keterbatasan dukungan bahasa atau bahkan masalah klasik seputar kode yang menyertai aplikasi. 

Dengan data terbaru dari Crittercism ini, Android yang telah mendapat berbagai tuduhan mulai dari fragmentasi dalam pasar Android, aplikasi yang tidak kompatibel serta penutupan aplikasi secara paksa ternyata masih lebih stabil daripada iOS. Bagaimana pendapat Anda? ;)



Perbandingan lain Android vs iOS
1.Open source :
- Banyak orang yang bilang lebih enak Android dikarenakan open source bisa di custom, etc.
pertanyaannya : Pernahkah anda memakai iphone? Pernahkah anda jailbreak iphone?

Android : Seperti yang kita tahu android memang open source lu bisa dimodifikasi dan di custom, tapi repotnya anda harus mencari crack untuk menjalankan aplikasi tersebut, terkadang memang susah untuk mencarinya.

iOS : Cukup merepotkan, apalagi jika iOS anda tidak anda jailbreak hanya sebatas itu saja, tapi setelah anda jailbreak, semua bisa anda dapatkan dengan mudah

Score: 1-0

2.Apps and game :
- Sebuah pertanyaan menyatakan apa alasan anda membeli device dengan platform iOS? Aplikasinya mahal !! lebih enak android gratis, etc...

Android : Beberapa game yang bayar di iphone itu gratis di android, tapi anda kurang nyaman dengan popup iklannya dan perlu cara untuk menghilangkan iklan, dan beberapa apps di android ada pula yang berbayar

iOS : Game bagusnya memang mahal, apps gratis sebatas trial tapi tidak semua, ada juga yang gratis tapi bagus sama seperti android, cuman kalo sudah dijailbreak. Hal ini seperti layaknya android dengan root.

Score: 1-1

3. Android banyak pilihan :
-android memang banyak pilihan beberapa vendor seperti motorola, sony , samsung, LG, HTC, etc. 

Android : Dari sisi Android banyak yang pakai seperti merk terkenal dalam dunia gadget, itu jadi sisi bagusnya Android, dikarenakan sering update maka gadget lama akan terpuruk harganya, memang terdapat sisi baiknya dimana perkembangan akan cepat di jangkau namun sisi negatifnya adalah purna jual dari device tersebut.

iOS : iOS memang keluar 1 tahun sekali dan juga devicenya juga nampak tidak ada perubahan yang significan, hal ini menyebabkan perkembangan yang akan lambat namun disisi baik, harga iOS lebih stabil dibandingkan dengan android

Score: 2-2

4. Hardware :
Hardware Android terkadang memang jauh di atas iOS secara spesifikasi, namun perlu diperhatikan juga dengan performa hardware iOS dengan manajemen system yang ada pada iOS

Android : secara spesifikasi hardware android dan iOS bisa dikatakan hampir berimbang, namun manajemen system iOS sedikit lebih unggul dibandingkan pada android (dapat anda lihat dari survey di atas)

iOS : hardware pada perangkat iOS secara spesifikasi hampir sama dengan android namun dikarenakan system manajemen yang ada maka membuat iOS lebih stabil tanpa perlu anda overclock, tweak dan sebagainya

Score: 2-3


5.Price :
well "again" it's about price tag. yes it is..
well di segmen memang perlu diakui bahwa Android menang mutlak.

Android : memang banyak pilihan dari murah sampai mahal tersedia. Semua tergantung dari kebutuhan pengguna dan kemampuan daya beli pengguna.

iOS : harganya memang jauh di atas android, dengan spek yang sama terkadang harga berlipat ganda

Score : 3-3
Kesimpulan : Tidak ada gading yang tidak retak, demikianlah adanya pepatah itu, tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna selain Sang Pencipta, oleh karena itu marilah kita saling menghormati dan melengkapi satu sama lain. Saran saya sebagai penulis, jika anda membeli gadget sesuaikan dengan kebutuhan dan pertimbangan yang ada, anda dapat memperoleh panduannya untuk memilih android device di sini.

Sumber : Kaskus dan beberapa sumber yang lain.

Perbandingan android platform version

Tambahan:
Jika anda hendak mencari referensi lain anda dapat mencari dengan menggunakan mesin pencari google atau dapat juga membaca artikel review dari cnetsquidoo atau survey nielsen.
Judul Kualitas Android dan iOS
Deskripsi Perkembangan smartphone saat ini sangat berkembang dengan pesat, berbagai fitur ditawarkan. Pad...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

8 komentar:

  1. Ijin copas gan :D salam sejahtera !

    BalasHapus
  2. Silakan gan, kami akan support anda jika anda tidak lupa menuliskan sumber :)
    Bahkan kami akan memberi source berupa html yang akan kami kirim ke email anda juga, jika anda tidak lupa menulis sumber :)

    Thx udah kunjung blog saya

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak gan. :) sukses terus buat blognya :D

    BalasHapus
  4. Sama-sama bro
    Sukses juga pada blog anda :D

    BalasHapus
  5. Maaf saya harus bilang, artikel yang sangat menyesatan...
    - Jailbreak di iOS jauh lebih mudah daripada root di Android
    - Semua apps harganya sama. Yg gratis di Android juga gratis di iOS, yg bayar di iOS juga bayar di Android. ini merupakan hal penting yg banyak salah kaprah. Banyak yg mengira semua Apps di iOS harus bayar. Padahal apps gratis di iOS lebih banyak yg berkualitas dibanding apps di Market yang dipenuhi sampah.
    Penilain apps dan game diatas sangat salah.
    - Open Source. Sebelum membahas ini, sebaiknya mencoba jailbreak terlebih dahulu. Susah mendiskusikan hal ini jika hanya membaca tanpa mencoba terlebih dahulu.
    Thanks
    Pengguna iPhone 4S n Galaxy S 1

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas masukannya dan saranny :) sesuai dengan yg saya katakan di "KESIMPULAN" maka tiada gading yg tak retak, beberapa review di atas berdasarkan beberapa pengalaman dari saya, oleh karena itu saya mohon maaf jika ada salah kata.

    Stau saya ketika saya melakukan root pada android lbh mudah dbanding dengan jailbreak pada iphone :)

    *Pengguna:
    iPhone 3, Optimus 2x, Samsung Focus WinPhone

    BalasHapus
  7. memang kenyataan nya seperti itu, ios hanya mendidik kita menjadi pembeli sejati,
    aplikasi berbayar di ios cuma jadi sampah di android. jadi yg di dijual ios adalah sampah android. stratagi dagang kaum kapitalis udah jelas kalah dan tidak berlaku dengan masyarakat yg sudah pintar2.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berkunjung pada blog saya :D

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger