• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mengenal Android 4.1 Jelly Bean

Posted on Minggu, 07 Oktober 2012 - 21.01 with 5 comments

Bagi pengguna android mungkin istilah "ICS" atau android versi 4.0 sudah tidak asing lagi, namun setelah adanya kemunculan android 4.0, google kembali melakukan release untuk versi terbarunya 4.1 dengan code "Jelly Bean". Sebelumnya telah dibahas pada tips droid "Mengenal Android 4.0 ICS". Pada artikel ini Mari kita berbagi bersama tentang Jelly Bean. Fitur apa saja yang akan disematkan pada android versi 4.1 ini?

Android 4.1 Jelly Bean akhirnya resmi diumumkan bersamaan dengan perangkat terbaru tablet Nexus 7. Sebagai versi lanjutan dari sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, tentunya akan ada banyak fitur baru yang ditambahkan ke dalamnya.
Fitur yang ditawarkan android 4.1
Sumber: wikipedia, inetdetik, pulsa dan beberapa artikel di internet
VersionRelease dateFeatures
4.1.1July 9, 2012
  • Smoother user interface:
    • Vsync timing across all drawing and animation done by the Android framework, including application rendering, touch events, screen composition and display refresh
    • Triple buffering in the graphics pipeline
  • Enhanced accessibility
  • Bi-directional text and other language support
  • User-installable keyboard maps
  • Expandable notifications
  • Ability to turn off notifications on an app specific basis
  • Shortcuts and widgets can automatically be re-arranged or re-sized to allow new items to fit on home screens
  • Bluetooth data transfer for Android Beam
  • Offline voice dictation
  • New interface layout for tablets with smaller screens or phablets (whose screens more closely resemble that of a phone)
  • Improved voice search
  • Improved camera app
  • Google Wallet (for the Nexus 7)
  • High-resolution Google+ contact photos
  • Google Now search application
  • Multichannel audio[73]
  • USB audio (for external sound DACs)
  • Audio chaining (also known as gapless playback)
  • Stock Android browser is replaced with the Android mobile version of Google Chrome in devices with Android 4.1 preinstalled
  • The abillity to allow other launchers to add widgets from the app drawer without requiring root access.
1.Fast & smooth
Android ICS sudah cukup mempesona dengan tingkat responsifitas yang lebih baik, namun Jelly Bean menawarkan kenyamanan yang lebih berkat Project Butter. Project Butter dalam Jelly Bean tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel.

Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.


2.Google Now

Google Now merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean. Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna.
Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.

3.Expandable, actionable notifications
Bar notifikasi yang ada di Jelly Bean kini dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut.

Selain itu notifikasi kini juga mencakup untuk berbagai aplikasi seperti Music, Pulse, dan Gmail yang diperluas untuk memberikan rincian lebih lanjut tanpa harus membuka aplikasi.
4.Widget yang cerdas
Widget kini semakin cerdas. Widget tersebut kini dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar. Sehingga widget berukuran besar sekali pun akan tetap lebih sedap dipandang.
5.Gallery photo baru
Pada Android ICS pengguna sudah ditawarkan mengambil gambar tanpa lag serta kemampuan Burst yang memukau, di Jelly Bean pembenahan justru dilakukan pada aplikasi galery foto.
Pada Android Jelly Bean, mengambil gambar/foto pun diklaim akan lebih intuitif. Dengan membawa tampilan antarmuka dan fungsi gerak baru, pengguna pun cukup menggeser ke samping untuk mengakses galeri. Pengguna juga dapat dengan cepat menghapus gambar dengan cara menggesernya dari layar.

6.Pencarian dengan suara lebih smart

Memang, sudah sejak lama pengguna bisa melakukan pencarian web dengan perintah suara di Android, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab.

Aplikasi paling lawas di perangkat Android, Google Search, secara signifikan juga telah mengalami perubahan. Di mana, Google Search kini telah support dengan perintah bahasa alami. Dengan begitu, Google tampaknya telah siap untuk menghadirkan calon penantang serius bagi Siri. Ketika pengguna melakukan pencarian, pengguna akan memperoleh sebuah kartu berdesain minimalis. Menariknya, ketika pengguna menggesek ke kiri, kartu itu kan memperlihatkan kepada pengguna daftar hasil pencarian dari Google Search.


7.Keyboard and Voice Input
Sebagai alat input teks, keyboard pada Jelly Bean juga diklaim telah mengalami peningkatan, dengan prediksi kaya yang lebih baik dan lebih akurat serta kamus yang telah diperluas. Pada sistem operasi terbaru itu, fitur Voice Typing kini juga tersedia dalam modus offline. Ini berarti pengguna tidak lagi memerlukan koneksi data untuk melakukannya, selain itu kinerja fitur itu juga tidak terpengaruh oleh kecepatan yang lambat.
8.Aksesibilitas
Dengan Jelly Bean, pengguna tunanetra dapat menggunakan 'Mode Gesture' untuk melakukan navigasi UI menggunakan sentuhan dan gerakan menggesek dalam kombinasi dengan keluaran suara. Jelly Bean juga menambahkan dukungan untuk plugin aksesibilitas untuk memungkinkan masukan Braille eksternal dan perangkat output melalui USB dan Bluetooth.
Beberapa fitur lain dapat anda baca situs official di sini.

Judul Mengenal Android 4.1 Jelly Bean
Deskripsi Bagi pengguna android mungkin istilah " ICS " atau android versi 4.0 sudah tidak asin...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

5 komentar:

  1. Kunjungan balik ane, postingan yang bagus :)

    BalasHapus
  2. Mantappppppppp dah androiiiid dgn google nie :-D

    BalasHapus
  3. min mau tanya ni.maaf sbelumnya saya newbie.apakah galmin 2 a.k.a jena bisa d upgrade ke jelybean?kalo bisa caranya gimana?kalo g bs ke jb,ke ics bs gak?trimakasih banyak min jika berkenan menjawab.kalo mimin mw di email in dsni jg blh.yoni.sansan@gmail.com

    BalasHapus
  4. Unt galmin 2 anda dapat mencari pada thread tertaut di kaskus, anda dapat klik di sini
    Di sana anda akan menemukan ROM sekaligus link untuk downloadnya

    Semoga bisa membantu :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger