• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Optimalkan Audio Dengan Rakun Audio

Posted on Minggu, 31 Maret 2013 - 11.38 with 29 comments

Setelah sebelumnya telah berbagi kepada anda aplikasi rakun optimizer (RO) dan whatsapp rakun (WAKun), kini tips droid mencoba berbagi kepada anda sebuah aplikasi develope tips droid untuk optimalkan audio pada perangkat android anda.

Sebelum memulai berbagi aplikasi Rakun Audio (RA), kami mengucapkan terima kasih kepada beberapa orang yang telah membantu dalam pembuatan Rakun Audio.
Special Thanks:
1.Masruf Arif (Donator/MAC)
2.Sitha (Donator/MAC)
3.Deny Listiyono (Icon dan Interface/MAC)
4.Wisnu (Setting Audio/Droid Indonesia)
5.Rofidah (Tester/MAC)
6.Erma Dwi Hermawati (Tester/MAC)
7.Lina (Tester/MAC)
8.Fatma Hernawati (Tester/MAC)
9.Rachman Andriawan (Tester/MAC)
10.Agus Prihantoro (Tester/MAC)
11.Dita (Tester/MAC)
12.Doni (Tester/MAC)
13.Widi (Tester/MAC)
14.Windarjoe (Tester/MAC)
15.Ghea Difalara (Tester/Droid Indonesia)
16.Desvita Dwiyanti (Tester/Droid Indonesia)

Rakun Audio
Apakah Rakun Audio?
Rakun audio adalah aplikasi optimalisasi audio pada perangkat audio yang merupakan modifikasi dan gabungan dari beberapa aplikasi sound enhancer dengan interface dari noozx yang disederhanakan dan dimodifikasi dengan menggabungkan beberapa engine sound enhancer lainnya sehingga dapat anda gunakan pada berbagai perangkat baik root maupun unroot.
Dimanakah saya dapat download Rakun Audio?
Untuk download anda silakan klik pada gambar di bawah ini.
RAKUN Enhancer v3.1
RAKUN Enhancer v3.1 khusus Gal Y / Pocket / Duos / Wonder

Apa yang membedakan Rakun Audio dengan aplikasi sound enhancer lain?
Yang membedakan adalah RA lebih mengacu pada optimalisasi suara pada perangkat android dan menjaga stabilitas hardware penunjang audio pada perangkat. Selain itu RA dalam melakukan install cukup mudah. Install RA tanpa menggunakan CWM, Install RA tanpa push ke system, RA dapat berjalan pada perangkat yang unroot, RA tidak beresiko brick atau bootloop.
Pada versi android apa saja RA dapat aktif?
Mulai dari gingerbread sampai dengan jelly bean, namun pada froyo RA tidak dapat berjalan lancar.
Update Rakun Audio v2 Pro 15 Feb 2013
Rakun audio v2 lebih smooth dan lebih banyak kompatibel dengan music player atau pemutar audio seperti youtube, browser dan lain-lain. Selain itu interface lebih menarik (untuk ics). Menggunakan engine dari sound enhancer yang telah di optimalisasi sehingga cocok untuk rakun audio dan dapat digunakan secara universal di berbagai ROM dan perangkat.
Update Rakun Enhancer v3.1 31 Mar 2013
Rakun Enhancer v2.8 change log:
-Lebih smooth dan lebih banyak kompatibel dengan music player atau pemutar audio seperti youtube, browser dan lain-lain dibanding versi sebelumnya.

-Terdapat penambahan fitur DolbyMobile (ROOT Only)


-Terdapat penambahan fitur Eq Vol Boost


-Perubahan minor UI dan fitur

Rakun Enhancer v2.9 change log:

-Force closed bug fixed


Rakun Enhancer v3.1 change log:
-Force closed bug on surround and dolby fixed

-Add new virtualizer wallpaper (tidak boros daya)


Cara Install Rakun Audio
1.Download RA pada link di atas.

2.Install Rakun Audio kemudian buka aplikasi tersebut
3.Rakun Audio akan menampilkan beberapa pilihan di antaranya: line-out audio (optimalisasi audio ketika perangkat terhubung dengan line out, sebagai contoh: headset, speaker aktif, etc); build-in audio (optimalisasi perangkat keras audio ketika tidak terhubung apapun / speaker hp atau tablet); wireless audio (optimalisasi audio ketika terhubung pada perangkat terhubung dengan perangkat audio nirkabel contoh: bluetooth headset, etc); visit our blog dan follow our twitter (rujukan jejaring sosial) 
4.Pada masing-masing opsi setting perangkat audio anda terdapat beberapa pilihan di antaranya kompresi suara; bass boost; equalizer; peningkatan volume; dan virtual surrond yang akan memberikan efek surround. Setting sesuai dengan music yang anda mainkan dan kemampuan perangkat keras anda.

5.Rasakan perbedaannya sebelum dan sesudah menggunakan rakun audio.


FAQ (Harap di baca sebelum operasikan rakun audio)

Q:RA hanya berukuran kecil?
A:Betul, RA merupakan gabungan dari beberapa audio enhancer seperti yang telah tips droid jelaskan di atas, untuk interface kami menggunakan dari noozxoide, namun kami sederhanakan dan modifikasi. Pertimbangan kami adalah file kecil sehingga bagi anda yang memiliki memori yang kecil juga dapat ikut merasakan RA, selain itu kami memiliki beberapa pertimbangan lain  khususnya untuk low device.

Q:Apakah RA aman dijalankan?

A:Aman, karena cara install RA relatif mudah dan tidak menyebabkan brick, bootloop seperti ketika anda install aplikasi audio enhancer yang harus menggunakan CWM, atau push ke system. Selain itu RA seperti layaknya aplikasi dan artikel pada tips droid lainnya selalu melalui tahap test terlebih dahulu sebelum tips droid publikasi sehingga pembaca aman menggunakan aplikasi dan tutorial kami. RA juga aman dari virus dan mallware (di uji dengan beberapa antivirus pada PC dan android dan dinyatakan clear dari virus dan mallware)

Q:RA dapat berjalan lancar pada android versi berapa?

A:RA kami test berjalan lancar pada stock ROM dan beberapa custom ROM dari beberapa perangkat yang berbeda baik vendor (samsung,LG,sony,HTC,Hi-Sense) maupun type. Pada Gingerbread, ICS dan Jelly Bean berjalan lancar, namun pada froyo tidak berjalan lancar.

Q:Setelah menggunakan RA kenapa pengaruh suara kecil bahkan nyaris tidak ada perubahan?

A:Selain RA, berjalan atau tidak bergantung pada kompresi lagu, ketika anda menggunakan lagu yang terkompresi secara tidak beraturan, RA tidak dapat berjalan optimal.

Q:RA saya force close, bagaimana solusinya?

A:Kami meminimalkan kejadian tersebut, beberapa test kami lakukan, namun untuk beberapa aplikasi audio enhancer, RA tidak dapat berjalan secara bersamaan sehingga crash, khususnya audio enhancer sony yaitu xloud dan clearbass. Seandainya berjalan RA akan memberikan efek kecil pada optimalisasi audio bahkan nyaris tidak ada perubahan. Jika anda mengalami force close, tips droid sarankan untuk freeze atau uninstall terlebih dahulu audio enhancer anda kemudian baru gunakan RA.

Q:Apakah RA hanya memberi efek pada music player saja?

A:Tidak, RA akan memberi efek audio secara keseluruhan, seperti pada aplikasi youtube, browser, file manajer yang mempunyai pemutar suara, ringtone dan lainnya (termasuk suara ketika anda telepon, namun hanya berefek kecil saja untuk mengurangi noise sehingga suara dapat terdengar jelas ketika anda telpon, hal ini juga bergantung pada signal anda dan lawan bicara anda selain itu juga mic lawan bicara anda dan speaker anda)

Q:Apakah RA bisa merusak perangkat keras audio?

A:RA membantu anda untuk optimalisasi perangkat keras dan lunak audio anda. Jika anda melakukan setting yang tepat pada RA, perangkat audio anda akan lebih awet dan optimal dibanding tidak menggunakan RA, namun jika anda melakukan setting bersifat memaksa perangkat secara berlebih, akan menyebabkan kerusakan pada perangkat audio anda.
Sebenarnya tidak hanya RA, tapi semua aplikasi enhancer dan music player dapat merusak perangkat keras audio anda, jika anda melakukan pengaturan yang salah sebagai contoh volume dimaximalkan, pengaturan dimaximalkan tanpa toleransi. Tanpa aplikasi RA atau audio enhancer pun jika anda memaksa memaximalkan secara terus dan berkala, saya dapat garansi perangkat keras anda akan rusak, selain itu ketika anda dengar kurang nyaman dan dapat merusak organ pendengaran anda. DWYOR.

Q:Bagaimana cara setting RA yang terbaik?

A:Untuk pertanyaan tersebut saya jawab "relative", kami sarankan anda untuk mencoba melakukan setting sendiri sesuai selera, lagu dan kemampuan perangkat audio anda. Jika anda binggung anda dapat mencari referensi di internet cara untuk mengatur equalizer pada android yang tepat dan terbaik.

Q:Setelah menggunakan RA, kenapa music menjadi pecah?

A:Pastikan music yang anda putar bagus dan tidak terkompresi secara extrem, pastikan juga bitrate dari lagu, pastikan music player anda dan kemampuan speaker dari perangkat audio anda. Selain itu pastikan RA berjalan dan tidak crash dengan audio enhancer yang anda gunakan sebelum anda install RA. Setting RA juga mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.


Q:RA v2.0 tidak bisa di install pada galaxy y atau pocket?
A:Coba download RA v2.0 khusus untuk galaxy y / pocket, perbedaannya dengan RA v2.0 yang regular adalah engine dari acid audio yang saya kurangi, untuk value setting dan tampilan sama dengan yang regular. Untuk download klik gambar di atas khusus untuk galaxy y, pocket, duos atau wonder.

Anda dapat mengunjungi thread rakun audio pada forum XDA, dengan klik di sini.


HARAP MEMBACA TERLEBIH DAHULU CARA PENGGUNAAN RAKUN AUDIO, LAKUKAN SETTING YANG TEPAT AKAN MENINGKATKAN AUDIO ANDA SECARA OPTIMAL, NAMUN JIKA ANDA TIDAK MEMBACA TERLEBIH DAHULU DAN MELAKUKAN SETTING YANG BERSIFAT "MEMAKSA PERANGKAT" AKAN MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA PERANGKAT AUDIO DAN ORGAN PENDENGARAN ANDA.


TERIMA KASIH ANDA TELAH MEMPERCAYAKAN APLIKASI PENGEMBANGAN DARI TIPS DROID / @DROIDINDONESIA, JIKA ANDA MERASA BERGUNA TIAP APLIKASI HASIL PENGEMBANGAN KAMI, KIRANYA ANDA BERKENAN UNTUK KLIK IKLAN KAMI, KLIK TOMBOL LIKE, SERTA TIDAK MELAKUKAN MIRROR PADA APLIKASI KAMI. JIKA ANDA BERKENAN UNTUK MELAKUKAN DONASI, SILAKAN KIRIM KOMENTAR DAN TIPS DROID AKAN MENGHUBUNGI ANDA. 60% DARI YANG ANDA DONASIKAN AKAN KAMI SUMBANGKAN PADA YANG MEMBUTUHKAN / YAYASAN SOSIAL UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN DAN 40% AKAN KAMI GUNAKAN UNTUK BIAYA TEST ARTIKEL, UPDATE APLIKASI DAN MAINTENANCE.
Judul Optimalkan Audio Dengan Rakun Audio
Deskripsi Setelah sebelumnya telah berbagi kepada anda aplikasi rakun optimizer (RO) dan whatsapp rakun (W...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

29 komentar:

  1. Sama2 gan
    Udah dcoba? Gmana hasilnya gan? :-D

    BalasHapus
  2. gan di galaxy y ane ga mau di install knp yah???? ane pake custom rom rep 3.5 "Aplikasi tidak diinstall"

    BalasHapus
  3. (^Ő^)/ ŐĶĂŶ....,
    thx masukanny
    Nanti scepatny akan saya fix
    Unt smentara silakan pakai yg v1 unt download klik gmbr di atas

    BalasHapus
  4. versi 2 ini kan lebih semut, gan,,,nunggu yg ini fix ajah...hehehehe.....
    makan dulu gan,,,lanjutin ngoprek lagi ntar,,,hihihi....

    *nasgor ayemkamiiingg.... :v

    BalasHapus
  5. Hedeh.... makan sendiri.... -___-"
    Bagi2 wooiiiii......

    Ini barusan saya update untuk yg gal y / pocket :D

    BalasHapus
  6. HH ane lagi kesurupan gan,,,ane suruh kerja rodi mulu...wkwkwkwk...ntar ane sembur dulu, baru jajal RA ver 2 lagi...

    lanjuuuutttt......

    BalasHapus
  7. Bro apa rakun audio hanya jalan pada perangkat rooted saja?
    Seperti rakun optimizer

    BalasHapus
  8. Rakun audio bisa jalan dperangkat root maupun unroot
    Hampir smua rom n perangkat baik lokal maupun branded :)

    BalasHapus
  9. mmm gan, ane kan masih pakai DSp manage nihh nah kalo misal ane pasang RA apa dsp managernya mesti di uninstal dlo, oiya RA cocok buaat galaxy ace kah?

    BalasHapus
  10. RA cocok unt smua hh n rom koq
    Ăϑα baikny ϑ¡ uninstall dlu stlh itu bndingkan perbedaanny ktika menggunakan RA :-)

    BalasHapus
  11. tanya gan, apakah RA juga bisa mempengaruhi (menjadi lebih bagus) kualitas audio game? Makasih

    BalasHapus
  12. Relatif jawabanny, tp sebagian besar bisa :)
    Ra ga berpengaruh cuma pada suara telpon (ga mungkin banget kan ntar suara lawan bicara ente ada echo/gema kl RA efek ke telp wkwkwkw)
    selain itu juga pada radio

    Dua hal ini yg RA ga ber efek

    BalasHapus
  13. gan update terbaru RA enhancer 2.8 buat galaxy y duos kog forceclosed terus pas set equalizer??

    BalasHapus
  14. Gan,kok force close terus pas set equalizer Rakun enhancer 2.8 ?
    Ada solusi nya ?
    hh ane motorola fireXT 530 root.

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas masukannya, baru saja saya mencoba untuk memperbaiki dan berhasil
    Silakan download ulang Rakun Enhancer 2.9 tersebut nanti malam, saya hendak upload namun inet sedang lambat
    Maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi :)

    BalasHapus
  16. Haiiizzzz.... ngapain nich ente comment -___-"
    Mana woi artikelnya? Tugas ente bukan tulis comment tapi tulis di blog ini, admin blog dilarang comment >.<

    BalasHapus
  17. thankz bro aplksi.a mantap

    BalasHapus
  18. muantabb dah ini om rakun aplikasinya :D
    lebih berasa pake handset. jedug2

    BalasHapus
  19. gan bagaimana solusinya rakun audio force close terus di galaxy y.sebelumnya saya install beats audio tapi sudah saya uninstall.masih pakai stock rom

    BalasHapus
  20. Saya yakin pasti ada yg crash dng enhancer anda yg lain
    Anda menggunakan rakun audio yg khusus unt gal y kan?

    BalasHapus
  21. @romol: makasih gan atas reviewnya :D

    BalasHapus
  22. iya.saya pakai rakun audio khusus galaxy y.udah nyoba hapus beats audio lewat ES file explorer masuk ke sistem folder init d.juga udah nyari cara hapus beats audio juga gak ketemu. tetep aja force close rakun radionya.apa HHnya mesti diflash ulang ?

    BalasHapus
  23. coba cari di system/app cari file apk nya kemudian hapus secara manual

    BalasHapus
  24. kok ga bisa. dibuka adfly nya gan

    BalasHapus
  25. Bisa koq gan, setelah keluar adfly truz klik lanjut di kanan atas :)

    BalasHapus
  26. Tested di Xplay, suaranya lbh mantep apalagi bassnya,
    Tq gan ini yg ane cari

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger