• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Ubuntu Phone dan Ubuntu For Android

Posted on Senin, 18 Februari 2013 - 19.19 with 6 comments

Ubuntu, anda pasti tidak asing lagi dengan kata "ubuntu". Di tengah persaingan antar OS smartphone, ubuntu kembali akan ikut bersaing dan release ubuntu phone dan ubuntu for android. Apakah ubuntu phone dan ubuntu for android? Mari kita berbagi bersama tips droid.

Canonical, perusahaan dibalik pengembangan sistem operasi Ubuntu juga menambahkan bahwa smartphone Ubuntu yang akan hadir pada 21 Februari mendatang ini ditujukan untuk para pengembang dan belum cocok untuk digunakan oleh pengguna biasa melalui situsnya.

Ubuntu phone
Berdasarkan pengumuman dari Canonical, smartphone Ubuntu ini hadir dengan dukungan dari smartphone Galaxy Nexus dan Nexus 4. Sistem operasi tersebut dibuat untuk perangkat berbasis Android. Ubuntu Phone OS, nama dari sistem operasi tersebut, akan mendukung perangkat yang menggunakan prosesor ARM maupun x86, namun tak mendukung penggunaan Java Virtual Machine. Ubuntu Phones ini dijanjikan bisa digunakan pada ponsel berbasis Android dengan sedikit penyesuaian.


Namun sampai saat ini, belum ada operator ataupun pembuat perangkat mobile yang mengatakan akan mendukung penggunaan sistem operasi tersebut, namun perangkat perdana dengan sistem operasi tersebut akan disediakan oleh pembuat perangkat Android high-end.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa smartphone Ubuntu untuk konsumen akan hadir bulan Oktober 2013 mendatang. Meski demikian, banyak yang tak yakin bahwa sistem operasi Ubuntu untuk smartphone telah siap pada bulan tersebut. Beberapa pihak malah memperkirakan bahwa smartphone Ubuntu baru hadir pada 2014 mendatang, namun saat ini Canonical memiliki sejumlah ponsel untuk memperagakan sistem operasi tersebut.  Versi awal sistem operasi tersebut bisa diunduh dalam waktu beberapa minggu ke depan. Sampai saat ini, Ubuntu Phone OS baru mendukung penggunaannya pada perangkat Samsung Galaxy Nexus dan Nexus 4.

Antarmuka perangkat dengan sistem operasi Ubuntu ini mempunyai sejumlah fitur unik sebagai pembeda dengan kompetitornya. Navigasi perpindahan menu dalam Ubuntu Phones OS sepenuhnya memanfaatkan berbagai gestures yang mereka sediakan. Sepintas, gesture untuk mode multitasking mirip dengan yang digunakan oleh Microsoft dalam Windows phone.

Ubuntu for android
Ubuntu juga tersedia unutk device Android dual core arm. Mark Shuttleworth mengumumkan kepada publik akan hadirnya sebuah kolaborasi antara sistem operasi yang ada di desktop dengan yang ada di telepon genggam. Sebuah kolaborasi yang kemudian disebut Ubuntu for Android ini membuat banyak orang terkesan.

Sebagaimana diketahui Ubuntu adalah sistem operasi untuk desktop baik di rumah, sekolah, lab maupun kantor. Sedangkan Android adalah sistem operasi (yang biasa dijumpai) pada tablet, telepon genggam, jam tangan, hingga perangkat rumah tangga.

Ubuntu for Android adalah sebuah sistem yang menghadirkan Android dan Ubuntu sehingga pengguna dapat menggunakan Ubuntu dari handphone Android hanya melalui monitor.
Namun, tidak hanya itu. Ubuntu for Android ini bukan sekedar mengakses Ubuntu dari Android melainkan menggabungkan keduanya ke dalam satu sistem operasi yang terpadu, seirama dan berjalan secara simultan. Ini adalah kolaborasi dua produk besar dan ternama dari dunia open source yang membuat kita terkagum.

Nyata sekali dan tidak dapat dipungkiri bahwa sifat open source yang ada pada kedua produk inilah yang menjadikan semuanya serba mungkin. Sifat terbuka dari kode sumber ini membuat developer paham akan isi masing-masing produk.

Dengan pahamnya isi produk maka akhirnya mereka mampu menyisipkan beberapa baris kode untuk menjadikan penyatuan ini mungkin. Jika salah satu bukan produk open source, apakah penyatuan ini tidak mungkin dilakukan? Mungkin, tentu saja. Namun, akan memerlukan waktu yang jauh lebih lama dari yang dapat kita bayangkan. Dan pada akhirnya bisa menjadi tidak mungkin.

Panduan untuk developer
Tak hanya itu, Canonical juga dikabarkan akan segera menghadirkan perangkat lunak dan tool yang diperlukan untuk melakukan eksplorasi dan flashing smartphone Ubuntu agar pengembang dapat terus mengikuti tahap pengembangan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone ini. Mengantisipasi rilis smartphone Ubuntu, Canonical juga telah merilis Ubuntu Preview software Developer kit (SDK) lengkap dengan panduan untuk membuat aplikasi yang memungkinkan pengembang dapat membuat aplikasi seluruh platform Ubuntu, baik Ubuntu desktop maupun smartphone Ubuntu.

Selain itu, awal minggu ini Canonical juga sudah menyiapkan panduan membuat aplikasi pada sistem operasi Ubuntu. Panduan ini memberikan wawasan kepada para developer untuk mendesain dan membuat aplikasi di Ubuntu. Untuk membuat aplikasi pada sistem operasi ini, Canonical sebuah software development kit (SDK) bagi para developer, para developer dapat memilih beberapa bahasa pemrograman. SDK Toolkit tersebut menyediakan berbagai template yang didokumentasikan untuk memungkinkan aplikasi asli dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Ini menggunakan aplikasi native QT/QML (Qt Meta Language) widget, HTML5 dan OpenGL untuk mengembangkan antarmuka aplikasi yang cepat.

Bagi anda yang berminat, anda bisa melihat beberapa situs tertaut berikut:

Anda penasaran? Mungkin anda bisa melihat video di bawah ini.

Sumber: Berbagai artikel di internet
Judul Ubuntu Phone dan Ubuntu For Android
Deskripsi Ubuntu, anda pasti tidak asing lagi dengan kata "ubuntu". Di tengah persaingan antar OS...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. Ubuntu memang gak asing bagi Ane Gan, tapi Ubuntu buat smartphone kayaknya ane baru dengar sekarang. Tapi bagus juga gan, hadirnya ubuntu mobile ini bisa membuat pangsa pasar smartphone semakin bersaing.

    BalasHapus
  2. Coba aja gan main ke link officialnya yg ane tautin di atas, per tanggal 21 Feb sudah diluncurkan koq perangkat lunaknya tp br unt beberapa type perangkat aja (nexus), coba check di link tertaut di atas :)

    BalasHapus
  3. Sob ubuntu untuk android galaxy note 1 kompatible ngak.. Mohon infonya.

    BalasHapus
  4. Ane blm pernah coba install di gal note gan. Coba silakan cari referensi di google dengan kata kunci "install ubuntu galaxy note" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siippp bro ane coba yah klu ad infokan linknya disini yah bro...

      Hapus
  5. Siap bro, ditunggu infonya :D

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger