• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

BBM Akan Hadir di Android dan iOS

Posted on Jumat, 17 Mei 2013 - 10.52 with 3 comments

Bagi anda yang suka chat, BBM tentu saja tidak asing lagi. Sebuah aplikasi chat exclusive milik perangkat blackberry. Namun kini akan hadir pada perangkat berbasis android dan iOS. Kapan BBM tersebut akan hadir? Apa saja yang dibutuhkan? Mengapa BB melepas BBM untuk perangkat android dan iOS? Pada artikel tips droid ini mari kita berbagi bersama tentang kehadiran BBM di android dan iOS.
BBM sering kali membuat heboh dan menjadi trend topik pada jejaring sosial baik twitter maupun facebook. Bahkan pada pengguna android sering kali melontarkan pertanyaan serupa pada akun twitter kami @droidindonesia  Pada artikel ini kami sebagai blog resmi @droidindonesia hendak berbagi kepada anda tentang adanya BBM yang akan hadir pada perangkat android dan iOS.

Pada artikel sebelumnya, sering kali kita membahas tentang BBM, diantaranya kirim pesan dari android ke bbm dan adakah bbm for android yang pada waktu itu sempat dihebohkan sebuah aplikasi pada play store yang mengaku sebagai bbm for android. Namun semua impian tersebut akan segera terealisasikan dengan hadirnya BBM untuk android dan iOS.

Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger a.k.a BBM selama ini selalu menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya tersedia di smartphone BlackBerry. Namun, eksklusivitas tersebut akan segera hilang begitu BlackBerry merilis aplikasi BBM untuk iOS dan Android pada pertengahan 2013 mendatang untuk tiap-tiap platform.
Langkah yang mengejutkan ini disebut CEO BlackBerry Thorsten Heins sebagai sebuah "pernyataan percaya diri" perusahaannya. BlackBerry berharap bisa memperluas basis pelanggan BBM dan memonetisasi aplikasi tersebut begitu hal itu tercapai. Meski bisa membuat BBM menjadi lebih relevan di tengah-tengah meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan lintas platform, keputusan tersebut juga berpotensi menjadi bumerang bagi handset BlackBerry.
Larry Magid dari Forbes berpendapat bahwa pengguna BlackBerry yang memakai perangkat tersebut untuk chatting melalui BBM nantinya bisa beralih dengan bebas ke iPhone ataupun ponsel Android karena tak lagi terikat dengan eksklusivitas BBM.

Topik ini menjadi perbincangan hangat di kalangan konsumen BlackBerry, termasuk di Indonesia. Sebuah thread yang membahas kemungkinan di atas bahkan terpilih menjadi salah satu "hot thread" di forum komunitas online Kaskus. Lantaran populer di Indonesia, handset BlackBerry banyak dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan. Smartphone BlackBerry kerap terlihat dalam genggaman, bersama iPhone atau smartphone Android, karena pemiliknya tidak bisa lepas dari kontak BBM yang sudah terlanjur banyak serta hanya bisa diakses dari perangkat BlackBerry.

Kini, dengan adanya BBM di iOS dan Android, apa alasan untuk tetap menggunakan ponsel BlackBerry?
Biarpun mungkin terkesan bisa menimbulkan bumerang, keputusan BlackBerry ini sebenarnya dimaksudkan justru untuk mencegah pengguna BlackBerry beralih ke lain hati. Harapannya, keberadaan BBM di iPhone dan Android bisa mendongkrak popularitas layanan chatting tersebut sekaligus memberi jaringan kontak yang lebih luas bagi pengguna BBM di BlackBerry.
Mengapa baru sekarang?
Jim Dawson, kepala analis bidang telekomunikasi lembaga riset Ovum, mengatakan bahwa BlackBerry sudah lama berencana melepas BBM ke Android dan iOS. Hal ini baru menjadi kenyataan setelah dipicu oleh menurunnya basis pelanggan BlackBerry. Hingga kuartal kedua tahun lalu, jumlah pelanggan BlackBerry secara terus-menerus mencatat peningkatan. Namun semenjak itu, kecenderungan sebaliknya terjadi: jumlah pelanggan BlackBerry berangsur turun dari angka puncaknya sebesar 80 juta. 
"Banyak pengguna BlackBerry yang beralih ke platform lain dan oleh karena itu meninggalkan BBM. Nilai aplikasi itu jadi berkurang," ujar Dawson, seperti dikutip oleh The Verge. "Kalau ditunggu lebih lama lagi, bisa-bisa BBM benar-benar tidak ada artinya. Mereka (BlackBerry) ingin melakukan itu selagi masih ada waktu untuk memanfaatkan basis pengguna BBM." 
BlackBerry mengklaim saat ini terdapat 60 juta pengguna BBM di seluruh dunia. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap harinya, ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi pesan instan lain. Dengan turut hadir di iPhone dan Android, BBM nantinya akan bersaing langsung dengan aplikasi pesan instan lain, seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk, ataupun WeChat yang lebih dulu meraih pengguna di kedua platform tersebut. Whatsapp, misalnya, sudah memiliki 200 juta pengguna secara global.
Menurut penjelasan di dalam blog BlackBerry, BBM untuk iPhone dan Android pada awalnya hanya akan memiliki fungsi-fungsi dasar seperti multi-chat serta membuat grup BlackBerry hingga 30 kontak dengan pembagian kalender, foto, dan file. Dukungan voice dan video chat rencananya akan ditambahkan ke BBM versi iOS dan Android pada akhir tahun ini.

Apakah syarat untuk dapat menggunakan BBM for android dan iOS?
CEO BlackBerry, Thorsten Heins, mengatakan, BBM untuk platform lain akan tersedia pertengahan tahun ini untuk perangkat iPhone (iOS 6 ke atas) dan Android (Ice Cream Sandwich)
Apakah BBM for android dan iOS berbayar atau gratis?
Aplikasi BBM akan tersedia secara gratis di App Store dan Google Play Store. Pernyataan ini dapat anda baca pada situs tertaut resmi dari blackberry di sini.
Bagaimana mendapatkan info download BBM for android dan iOS?
Untuk saat ini anda dapat mendaftarkan melalui email, jika kelak akan release bbm for android dan iOS maka anda akan mendapatkan informasi tersebut. Anda dapat melakukan registrasi pada:

Fitur yang ditawarkan BBM for android dan iOS adalah:
1.Live BBM chats
2.Multi person chats
3.Voice note sharing
4.BBM group yang dapat berisikan hingga 30 orang
5.Share foto, file, audio dan lain sebagainya
6.BBM channel dan masih banyak fitur lainnya

Apakah BBM channel?
BBM Channel adalah sarana komunikasi sosial / jejaring sosial yang hampir menyerupai jejaring sosial twitter, sehingga antara pengguna dengan para pengikut atau temannya yang juga dapat digunakan sebagai sarana penghubung antara brand, sejumlah perusahaan, komunitas, bahkan para selebritis dengan pihak lainnya. 
Pada dasarnya, BBM Channel adalah ekstensi dari BBM, yang memungkinkan BlackBerry untuk mendapatkan aliran tambahan pendapatan dari sejumlah fiturnya. BBM Channel disebut memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki BBM Music.
Oleh karena itu yang menjadikan alasan dari pihak blackberry melepas BBM untuk perangkat android dan iOS secara gratis, dengan adanya sebuah mediasi iklan yang menjadikan sebagai tambahan pemasukan (iklan tidak harus berupa banner namun juga dapat sebagai media kampanye atau lain-lain)

Untuk saat ini BBM Channel baru dapat dinikmati oleh pengguna perangkat blackberry saja, namun kelak dapat anda gunakan pada perangkat android dan iOS, jika anda ingin melihat silakan berkunjung pada situs tertaut BBM channel di bawah ini.
Untuk info lebih lanjut anda dapat mencari pada mesin pencari google atau dapat juga mengunjungi situs dan jejaring sosial resmi blackberry.

Sumber: dari berbagai artikel di internet
Judul BBM Akan Hadir di Android dan iOS
Deskripsi Bagi anda yang suka chat, BBM tentu saja tidak asing lagi. Sebuah aplikasi chat exclusive milik perangkat blackberry. Namun kini akan had...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

3 komentar:

  1. Wahh kasian jg aplikasi yg lain kalo bbm hadir di andoid sama ios -_-
    tp pengguna bb bakal berkurang :D

    BalasHapus
  2. Namanya juga strategi bisnis gan :D
    Mungkin pihak bb lebih konsen dalam software dbanding hardware n dsana mereka akan mencapai titik keuntungan tersendiri :)

    BalasHapus
  3. ane denger seh secara resminya masih lama, bukan waktu dekat ini.

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger