• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Solusi Ketika Android Mulai Lambat

Posted on Selasa, 09 Juli 2013 - 18.23 with 3 comments

Sering kali kita merasa kesal ketika perangkat android kita mulai lambat. Banyak hal terkadang kita lakukan agar perangkat kita tidak menjadi lambat, namun apakah hal tersebut akan mempercepat kinerja perangkat atau malah membuat perangkat semakin lambat? Mari kita berbagi bersama tips droid, solusi ketika android mulai lambat.

Pendahuluan
Apakah android itu?
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. 
Kemudian untuk mengembangkan android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. 
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. 
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Pengertian "lambat" dalam android
Menurut saya , terdapat beberapa istilah yang nyaris sama yaitu lambat, lag dan freeze:
Pengertian lambat adalah peristiwa yang menjadikan perangkat lambat atau patah-patah dalam menjalankan akses atau aplikasi. Untuk penyebab lambat perangkat, akan kita bahas di bawah ini. 
Pengertian lag adalah peristiwa perbedaan waktu kita ma waktu server dan biasa ketika kita melakukan akses pada aplikasi online. Penyebab lag, adanya overload, latency bandwidth, multitask dan masih banyak lagi. 
Pengertian freeze adalah beku (dalam bahasa indo) oleh karena itu jika perangkat kita terlalu lambat (offline) atau lag yang berlebih (online) maka akan timbul freeze atau mungkin lebih dikenal dengan hang. CMIIW
Penyebab android menjadi lambat
1. Penyebab yang paling utama jika Android Lemot adalah karena terdapat beberapa aplikasi (baik dengan atau tanpa sepengetahuan kita) yang berjalan pada Android, kasus ini sering terjadi pada Android yang bertipe low-end.

2. Penyebab yang kedua adalah karena RAM yang kecil, RAM disini berfungsi sebagai Penyimpanan sementara. RAM merupakan salah satu dari beberapa penentu kecepatan atau performa pada Mesin Komputer. Jika suatu aplikasi dijalankan secara bersamaan atau multitasking, maka penyimpanan pada RAM akan semakin penuh, dan membuat Android Lemot.

3. Aplikasi yang banyak, aplikasi yang banyak memang membuat perangkat kita menjadi lebih lengkap dan banyak fitur yang tersedia, tapi tahukah anda, semakin banyak aplikasi yang terinstal maka performa kecepatan akan semakin lambat, karena beberapa aplikasi ada yang tetap berjalan pada background system, untuk mengetahuinya anda dapat masuk ke Pengaturan>> Aplikasi>> Menjalankan Layanan>> Berjalan. Selain itu, banyak aplikasi pada perangkat yang memiliki memory penyimpanan kecil juga dapat menyebabkan perangkat anda menjadi lambat.

4. Sampah data yang menumpuk pada perangkat anda dapat juga menyebabkan perangkat lambat, beberapa aplikasi terkadang mempunyai sampah data, baik yang masih terpasang maupun yang sudah anda uninstall tapi tidak secara benar sehingga masih tersisa sampah yang ada.

5. Adanya virus atau malware terkadang juga menyebabkan perangkat anda menjadi super lambat.

6. Jika anda menggunakan aplikasi yang dapat memindahkan aplikasi pada memory external dan memory external anda mempunyai kecepatan baca/tulis yang rendah atau mungkin memory external anda bermasalah, hal tersebut dapat juga menyebabkan lambat juga.

7. Sebenarnya masih ada beberapa permasalahan lagi yang dapat menyebabkan perangkat lambat, menurut saya 6 hal di atas yang merupakan pemicu utama lambatnya perangkat. Mungkin anda bersedia menambahkan alasan utama perangkat lambat?

Solusi agar perangkat tidak lambat
1.Gunakan aplikasi utility tweak yang mampu mendongkrak kinerja perangkat anda dan jika perangkat anda sudah ROOT, anda dapat mencoba menggunakan script tweak, sehingga perangkat anda tidak lambat, beberapa contoh diantaranya (saya bantu memilih beberapa aplikasi yang aman dan baik untuk perangkat, dapat juga anda download dengan klik gambar icon):
Rakun Optimizer
Alasan: Rakun optimizer aplikasi mod kami yang merupakan gabungan dari beberapa aplikasi dan script tweak, sehingga memudahkan agar perangkat anda ebih optimal, tidak lambat dan beberapa fitur lain juga tersedia.
Seeder
Alasan: Banyak task android berjalan lebih lambat dari yang seharusnya, karena mengkonsumsi sejumlah besar data acak dari sumber yang terbatas. Data acak digunakan untuk menghasilkan kunci sesi dan pengidentifikasi unik, dalam SSL, wifi dan lainnya, saat mulai proses, dan selama komunikasi antar-proses. Data acak pada RAM yang dikenal entropi tersebut sering habis, dan yang menyebabkan proses membaca dari perangkat memblokir untuk sementara berhenti merespons. Seeder membantu mengurangi lambatnya perangkat anda.

Selain kedua aplikasi tersebut, masih banyak lagi aplikasi dan script yang dapat anda gunakan untuk tweak agar perangkat anda lebih cepat.

2.Install aplikasi yang anda anggap penting saja dan uninstall yang tidak penting, semakin banyak aplikasi terlebih jika aplikasi tersebut jalan di background system akan membuat perangkat anda ambat. Jika anda masih merasa membutuhkan aplikasi namun jarang digunakan, coba anda reeze aplikasi tersebut sehingga tidak memakan memory RAM.

3.Jika anda melakukan pertukaran data dari perangkat lain atau anda berselancar dengan internet, hindari hal yang dapat menimbulkan virus dan malware. Karena virus dan malware dapat menyebabkan perangkat tidak hanya lambat namun dapat juga merusak. Selain itu jika anda bermain safe, anda tidak perlu install antivirus, karena antivirus terkadang malah memberatkan perangkat dan menyebabkan lambat (jika anda tidak memasang antivirus, pastikan perangkat anda aman dan jangan melakukan transfer data dengan perangkat yang terinfeksi virus atau berselancar pada situs yang rawan virus).

4.Bersihkan hal2 yang tidak penting, sebagai contoh:
-Bersihkan cache secara berkala. Pada dasarnya memori Cache adalah sarana untuk membuat perangkat android anda lebih cepat. Elemen yang sering digunakan disimpan pada perangkat sehingga mereka menghemat banyak waktu untuk tugas-tugas tertentu, namun memiliki cache yang sangat besar dapat menyebabkan memory penuh dan perangkat menjadi lambat. 
-Bersihkan file yang terduplikasi, terkadang kita tidak menyadari hal tersebut namun hal tersebut dapat memicu ruang penyimpanan menjadi sempit dan perangkat menjadi lambat, untuk membersihkan anda apat menggunakan aplikasi duplikat remover yang dapat di download pada playstore atau dapat juga menggunakan rakun optimizer.
5.Batasi penggunaan task, anda dapat juga membatasi task ketika perangkat anda hidupkan (statup task), karena semakin banyak task yang berjalan perangkat dapat menjadi lambat.

6.Membatasi hal2 yang menyebabkan RAM penuh seperti contohnya pembatasan menggunakan animasi, aplikasi yang berat (contoh: pilih launcher yang ringan pd perangkat low-end), widget berlebih, pembatasan sinkronisasi yang berlebih.

7.Gunakan koneksi yang bagus, mungkin hal tersebut sering kita lupakan, mengapa? Karena jika koneksi anda lemot, sinkronisasi menjadi lambat, jika lambat maka kinerja RAM juga akan memperlambat perangkat anda juga. 

8.Masih banyak lagi sebenarnya, namun saya rasa point di atas yang menjadi titik acuan dalam perpercepat kinerja perangkat anda  Jika anda memiliki tips untuk mempercepat perangkat anda kiranya berkenan menambahkannya.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam mempercepat perangkat android anda
1. Task killer
Beberapa dari anda mungkin berpikir menggunakan task killer dapat mempercepat kinerja android, untuk jangka pendek memang, namun untuk jangka panjang malah sebaliknya, alasanya: ketika ente kill task dan ketika ente panggil ulang maka aplikasi harus memulai dari awal, hal ini dapat menyebabkan perangkat menjadi lambat dan menguras baterai.

2. Antivirus
Antivirus merupakan aplikasi yang tergolong penting, namun jika anda menggunakan perangkat secara safe (dalam bertukar data atau berselancar di internet pada situs yang aman saja), saya rasa anda tidak memerlukan antivirus, karena antivirus berjalan dibackground dan biasanya memakan RAM secara besar

3. Overclock
Overclock memang mempercepat kinerja perangkat, untuk jangka pendek. Namun untuk jangka panjang dapat memperpendek usia perangkat karena kinerja dipaksakan

4. Menyimpan aplikasi pada external memory
Jika anda menggunakan cara ini, mungkin memory internal anda menjadi lebih longgar, namun jika anda menggunakan external dengan kelas yang rendah (4,6) akan memperlambat kinerja ketika aplikasi berjalan, selain itu cara ini dapat memperpendek usia external memory anda.

5. Menggunakan script atau tweak dan setting secara berlebih
Script dan tweak akan mempercepat kinerja perangkat, namun ketika anda menggunakan secara extrem (over dari yang dianjurkan developer) maka akan menimbulkan efek negatif pada perangkat anda (efek bergantung tingkat extrem settingan anda).

6. Menggunakan ROM, kernel atau aplikasi yang banyak bug
Sebelum download dan install saran saya, anda lihat review terlebih dahulu, karena bug dapat juga menyebabkan tidak hanya lambat namun juga menimbulkan efek yang lain

7. Mungkin anda jika mempunyai masukan lain anda dapat memberi masukan melalui comment.
Judul Solusi Ketika Android Mulai Lambat
Deskripsi Sering kali kita merasa kesal ketika perangkat android kita mulai lambat. Banyak hal terkadang ki...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

3 komentar:

  1. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come more formerly again as
    exactly the same nearly very often inside case you
    shield this increase.

    my web page ... green tea weight loss

    BalasHapus
  2. Info yang bermanfaat gan,

    thanks..

    Silahkan mampir ke blog ane gan tentang Buku Servis Smartphone ANDROID dan HP CINA:
    http://jualbukuonline1.blogspot.com/

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger