• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Mengenal Screen Density Android

Posted on Kamis, 18 Oktober 2012 - 20.21 with No comments

Kata pixel density dan screen density atau densitas layar sering kita dengar, ketika kita hendak membeli sebuah perangkat android dan anda membaca keterangan perangkat yang tertera pada dos atau promo iklan perangkat, mungkin anda telah membaca keterangan densitas layar. Apakah densitas layar atau screen density tersebut? Pada artikel tips droid ini saya hendak berbagi kepada anda tentang screen density pada android.

Pengertian tentang pixel telah tips droid bahas sebelumnya pada artikel Kamus istilah android. Pada artikel ini saya hendak berbagi kembali tentang mengenal screen density.

Pixel / Piksel
Pixel berasal dari "pix" (untuk "picture") dan el (untuk "element"). Pixel adalah bagian terkecil dari informasi pada gambar atau suatu unsur gambar dan representasi dari sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis.
Inch / Inci
Merupakan salah satu satuan/unit Imperial untuk mengukur panjang (1 Inci = 2.54 cm).
Pixel Density
Mengacu pada konsentrasi piksel pada layar tertentu, diukur dalam pixel per inch (ppi). Kerapatan piksel dihitung dengan membagi resolusi pixel diagonal layar dengan ukuran diagonal.
Sering kali kita menilai bahwa layar handphone yang lebih besar itu lebih baik. Ternyata anggapan ini salah. Bagus tidaknya layar itu dinilai oleh tajam tidaknya layar. Lalu apa itu ketajaman layar? Ketajaman layar itu dinilai apakah masih terlihat piksel-piksel dalam layar tersebut. Mengapa ketajaman layar itu dikatakan sebagai sesuatu hal yang sangat penting ? Ya karena seperti kita ketahui bahwa yang kita lihat terus-menerus pada handphone adalah layar itu sendiri.




Pada artikel ini yang akan kita bahas adalah satuan ketajaman layar (densitas piksel) yakni pixel per inch yang biasa disingkat ppi. Pada tampilan  android contohnya, pixel density seringkali mengindikasikan seberapa banyak piksel yang terdapat di dalam area tertentu pada layar. Setiap piksel pada layar merupakan sebuah titik cahaya yang berfungsi membuat gambar tampil pada layar. Jadi ppi adalah satuan banyaknya piksel dalam inch. Semakin besar ppi maka semakin jernih pula layar tersebut. Semakin kecil ppi maka semakin buruk layar tersebut.




Lalu bagaimana menghitung ketajaman layar (ppi)? berikut rumusnya:
Sebagai contoh kasus, Galaxy Mini memiliki layar 3.2 inch dan Galaxy Pocket memiliki layar 2.8 inch. Tapi ternyata layar dari kedua Smartphone Android tersebut lebih jernihan Galaxy Pocket. Mengapa ? Karena resolusi layar keduanya sama yakni QVGA 240x320 piksel sedangkan lebar diagonal layar beda. Sehingga otomatis pada resolusi layar yang sama, diagonal layar yang paling kecil akan lebih baik. Mari kita buktikan jawabannya:

GALAXY POCKET
Resolusi: 240x320 pixels
Layar: 2.8 inch


GALAXY MINI
Resolusi : 240x320 pixels
Layar : 3.14 inch
Jadi Ketajaman Layar (Densitas Piksel) Galaxy Pocket adalah 142 ppi lebih besar dari pada Galaxy Mini 127 ppi.

Saran saya, kalau pilih smartphone Android pilihlah yang memiliki densitas layar diatas 300 ppi. Hal ini akan membuat retina mata anda tidak akan bisa membedakan piksel yang satu dengan yang lainnya sehingga layar smartphone anda akan super jernih.

Jika anda kesulitan dalam melakukan perhitungan, anda dapat memasukan angka pada kalkulator penghitung piksel di bawah ini:
Calculator Tips Droid pixels
pixels
inches (xxcm)
Loading...
Terkadang ada beberapa istilah yang berkaitan dengan screen density, mungkin istilah LDPI, MDPI, HDPI dan XHDPI telah sering terdengar. Beberapa istilah tersebut dapat anda lihat keterangannya pada gambar di bawah ini. 
Jika anda ingin mengubah density layar android anda, anda dapat membaca artikel tips droid tentang Mengubah Density Android.


Sumber: WikipediaGsm ArenaBlog Bpk Ari, artikel di internet dan beberapa tambahan dari penulis tips droid.
Judul Mengenal Screen Density Android
Deskripsi Kata pixel density dan screen density atau densitas layar sering kita dengar, ketika kita hendak ...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger