• Terima Kasih Telah Berkunjung Tips Droid, Semoga Artikel Pada Tips Droid Bermanfaat Untuk Optimalisasi Android Anda. Klik Tombol Share dan +1 Jika Anda Merasa Artikel Kami Bermanfaat Bagi Anda.

Kenapa Android Saya?

Posted on Kamis, 14 Maret 2013 - 22.19 with 6 comments

Artikel ini merupakan artikel lepas, sebuah artikel yang mengajak anda untuk instropeksi, oleh karena ini tag pada artikel tips droid ini berbeda dengan artikel lain yang lebih membahas pada info, tips dan tutorial seputar dunia android. Pada artikel ini tips droid juga tidak menggunakan tata bahasa formal seperti pada artikel lainnya oleh karena itu saya akan mempergunakan tag "other" pada artikel ini.

Berawal dari teman saya, bapak doni, yang share sebuah tulisan dari bapak yanuar harry pada sebuah group di facebook. Semula saya membaca tulisan tersebut dan mencoba untuk memahami saya mulai tertarik dan kemudian saya mencoba untuk berbagi kepada anda melalui artikel ini.

Beberapa pertanyaan tentang android:
1.Untuk apa anda membeli android device?
Mungkin anda pernah bertanya kepada teman, saudara, atau senior anda yang memakai android. Spek apa yang akan anda dapatkan dengan sejumlah budget yang telah anda tentukan, atau mungkin anda telah membaca artikel tips droid tentang "Alasan menggunakan android"; "Tips membeli android"; "Memilih android GSM atau CDMA"; "Tips membeli android 2nd"; "Tips memilih android lokal dengan budget terjangkau"; "Tips memilih android single SIM atau Multi SIM"; "Memilih android single core atau multi core". Beberapa bahasan dan pertanyaan di atas sering kali kita tanyakan, hal tersebut membuktikan bahwa anda selektif dalam memilih perangkat android, namun satu hal yang sering kita lupakan adalah sebuah pertanyaan "untuk apa anda membeli android device?". Oleh karena itu untuk mengoptimalkan perangkat anda, tips droid mengajak anda untuk lebih memahami untuk apa anda membeli android.

2.Jangan terpengaruh oleh iklan
Iklan memang dibuat seindah mungkin sehingga menarik kita untuk membeli perangkat yang diiklankan. Namun membeli android jangan hanya melihat dari  segi harga yang murah dan spek mantap, tapi lihat juga kualitas, firmware yang tersedia dan info mengenai hardwarenya sebaik mungkin sehingga anda tidak menyesal setelah membeli. Sebelum membeli ada baiknya memang melihat review device yang ditargetkan pada majalah, web, koran, dan sebagainya.

Namun anda perlu lebih cermat lagi dalam mempertimbangkan perangkat yang hendak anda beli, lihat lagi pada website vendor device tersebut, cek apakah ada info hardware secara detail, agar sesuai dengan apa yang ada didevice tersebut, kebanyakan review terbalik menyebutkan spec atau hardware di device tersebut, dan juga cek apakah mereka menyediakan firmware stock dan flashing tool, apabila tidak ada coba tanyakan, anggap saja sebagai referensi anda sebelum membeli, disamping itu apabila vendor menyediakan stock firmware, berarti mereka siap membantu jika ada masalah, dalam hal ini gratis flash diservice center resmi, dan anda juga bisa flashing sendiri, jadi ada ilmu tambahan tentang android secara tidak langsung.

3.Murah dan spec bagus, yakinkah anda?
Harga merupakan sebuah pertimbangan yang menarik ketika anda membeli perangkat."Murah dan spec bagus" itulah yang sering kali diinginkan oleh calon pembeli, namun jika perangkat yang anda beli tersebut membuat anda kesulitan, perangkat tersebut buat apa? Mungkin jawaban yang lebih tepat adalah "untuk ganjal pintu" :D

Semua device pasti akan rusak, apabila terus digunakan maupun anda display  dan tidak anda gunakan. Ketika device rusak apa yang anda lakukan? Mencoba perbaiki, ya betul, perbaiki, tapi tidak semudah itu, kecuali jika anda memang ahli / teknisi device. Yang anda perlu pasti adalah info hardware, jadi bisa memastikan mana yang harus anda perbaiki itu juga jika anda teknisi, lalu bagaimana jika tidak bisa anda perbaiki sendiri? Pasti anda akan mencari service center, seandainya tidak ada atau bahkan pihak vendor belum membuka cabang pada daerah anda, bagaimana? Ke toko anda membeli? Yakin? Device android berbeda dengan hp biasa, karena menggunakan SoC, dan ini faktor utama yang paling mahal di device, kalau sudah rusak dan anda tidak menemukan service center sebaiknya beli baru. Dengan tidak adanya service center berarti akan mempersulit diri anda sendiri ketika ingin perbaiki, pasti anda akan bingung mau kemana, apabila terpaksa harus titip teman atau memaksa anda ke luar kota hanya untuk service device kesayangan, tentu menyusahkan. Terlebih lagi jika suku cadang belum diproduksi banyak atau kosong dan yang lebih menyakitkan lagi, setelah service  beberapa saat kemudian rusak lagi, apa yang anda lakukan? Harga dan spec bagus saja yang akan menjadi pertimbangan anda dalam membeli? Silakan jawab pertanyaan tersebut.


4.Info hardware kurang lengkap

Seperti yang telah dijelaskan pada kalimat di atas, iklan murah dan spec mantap, namun jika spec tersebut tidak jelas maka anda seperti "membeli kucing dalam karung" atau membeli sesuatu yang tidak jelas.

Kalimat ini penegasan kalimat pertama, dunia android banyak jenis SoC (System on Chip/sebuah integrated circuit (IC) yang mengintegrasikan semua komponen dari computer atau sistem elektronik lainnya menjadi chip tunggal. Chip ini mungkin saja mengandung digital, analog, sinyal gabungan, dan biasanya fungsi radio-frekwensi. Semuanya pada substrat chip tunggal.), SoC ada yang ARM, MIPS, EuGINE, x86, dsb,


Anda bisa mengetahui bedanya dimana? Yang pasti harus pihak vendor yang memberikan info, karena mereka yang membuat, mereka yang lebih tau, kita semua hanya hanya sebatas user karena sebagian besar belum pernah liat SoC yang ada pada device anda, saat ini peredaran device android begitu banyak sehingga persaingan para vendor sangat licik, ada yg menutupi jenis SoC yg digunakan, ada juga yang membuat iklan yang akan membikin kita tergiur oleh penawaran mereka, kenyataannya berbeda dengan yang didapat, dan jika anda sering baca pada website vendor, anda pasti tahu perbedaan tersebut, namun tidak semua vendor memasang infonya, terkadang vendor hanya menyebut SoC yang digunakan adalah cortex-A8 atau A9 tidak menyebutkan itu ARM base atau apa, jika anda tidak cermat disini, anda bakal kena kelicikan mereka, dan tentu anda yang akan rugi, kenapa? Misal vendor hanya menyebutkan cortex-a8 snapdragon, lalu kita tergiur dan membelinya, dan setelah digunakan banyak aplikasi android tidak dapat anda jalankan atau support, ini bukan hanya versi android yang digunakan tapi jenis SoC juga berpengaruh, seperti MIPS dan EuGINE tidak bisa menjalankan aplikasi yang compile untuk ARM based, dan harus menggunakan emulator untuk itu, tapi tidak semua bisa, apakah anda merasa tertipu? Silakan jawab pertanyaan tersebut.


5.Android hanya untuk game, chat, sms, telp, browsing, music dan jejaring sosial?

Jika anda membeli perangkat android hanya untuk hal tersebut maka anda akan menyesal. Anda mengetahui android dari siapa? Teman? Toko? Iklan? atau baca info forum, web atau majalah?

Game android memang keren, terkadang game android lebih bagus dari pada console game , tapi pada lain sisi, anda pasti akan mendengar android bisa anda optimalisasi dengan berbagai carai, hanya org munafik, yang berkata android tidak perlu modding, ketika anda main game, atau menjalankan aplikasi jejaring sosial dan anda merasa ada sesuatu yang aneh, sebagai contoh perangkat anda terasa lag, atau bahkan kekurangan internal memory karena begitu banyaknya game dan aplikasi yang ingin dimiliki, pasti anda akan optimalisasi perangkat, sebagai contoh install app ram booster atau aplikasi lainnya.


Ada yang bilang android cuma buat game atau aplikasi tertentu, akhirnya beli device tidak jelas seperti yang telah tips droid tanyakan pada pertanyaan 1,2,3 dan 4, dan anda akan sampai tahap kebosanan ketika anda tidak bisa optimalkan perangkat anda, pada akhirnya anda akan posting curhat dan parahnya lagi akan menghujat perangkat tersebut di grup, forum, time line jejaring sosial dan lainnya, akibatnya android ikut tercemar, padahal hal tersebut tidak ada hubungannya, yakin anda tidak seperti itu? Silakan anda renungi pertanyaan tersebut.


6.Pilih android brand lebih bagus?

Sering kali kalimat tersebut anda dengar dan jumpai, namun apakah hal tersebut benar? Silakan baca dan renungi lagi setiap kalimat pada point di atas dalam artikel ini. Menurut saya lebih bagus seseorang dengan perangkat yang sederhana namun bisa menggunakan dengan optimal dibanding mempunyai perangkat canggih namun tidak tahu harus anda lakukan pada perangkat tersebut.


7.Device saya jelek dan harus membeli yang baru?

Jika anda mendengar seseorang mengeluh soal firmware atau device jelek, walau spec mempunyai core banyak, anda silakan tertawa.


Sebelum bahas kalimat ini, ada yang hendak saya tanya, adakah merk/brand yang termasuk dalam kategori "jelek"? Secara logika jika jelek tentu saja tidak akan dipasarkan. Tapi anda sendiri yang memberi kategori device, jadi berpikir positif sebelum mengeluh.


Menurut saya device jelek adalah device yang tidak tersedianya firmware stock, info hardware yang jelas oleh pihak vendor dan service dari vendor yang buruk, saya juga tidak membedakan device buatan manapun.


Kebanyakan pada mengeluh soal firmware pada forum atau grup jejaring sosial, jika saya bilang buat apa, hal tersebut tidak ada gunanya, kalau mau mengeluh kenapa tidak langsung pada vendor? Kita juga bakal bantu jika hal itu, mau bikin petition silahkan, atau apa, namun jika hanya mengeluh dan menghujan dengan posting di grup atau forum hal tersebut akan menjadi bahan canda dan anda akan kembali ditanya mengapa tidak berpikir panjang sebelum membeli? Hal tersebut akan membuat terapi shock, supaya anda mau berusaha mencari info dulu, jangan tergantung sama orang, yakin diri anda bisa, jangan menyerah, dan jika anda dapat menyelesaikan masalah anda tentu akan bangga.



8.Lebih baik bertanya dari pada tersesat?

Seperti pepatah "Malu bertanya sesat di jalan" . Namun jika yang anda tanyakan telah ditanyakan sebelumnya oleh orang lain dan anda malas untuk berusaha mencari solusi hal tersebut terkadang malah akan membuat anda rugi. Selain anda tidak akan maju dan berkembang, terkadang anda akan diabaikan dan menjadi putus asa sendiri. Tetaplah semangat untuk berusaha, cobalah untuk mencari pada mesin pencari, forum, timeline jejaring sosial dan blog. Berbagai artikel tersedia sebagai contohnya pada blog tips droid ini. Bertanyalah ketika anda telah berusaha dan gagal, jangan malas untuk mencoba dan mencari. Apakah anda sering malas mencari dan langsung mengajukan pertanyaan?

9.Aplikasi dan ROM yang buruk

Seperti layaknya pada device, terkadang jika kita menemui bug atau sisi negatif pada suatu aplikasi atau ROM, hal tersebut diakibatkan anda malas untuk membaca review, jika anda tidak yakin, cobalah tunggu hingga ada yang memberi review. Jangan langsung menghujat aplikasi, ROM bahkan developer. Developer juga manusia dan tidak ada manusia yang sempurna, namun berikan masukan yang bersifat membangun agar aplikasi atau ROM tersebut lebih baik.



Akhir kata, mari kita instropeksi diri kita sendiri

JANGANLAH BERHARAP PADA SESUATU YANG SEMPURNA, NAMUN BUATLAH SESUATU YANG TIDAK SEMPURNA TERSEBUT DENGAN CARA YANG SEMPURNA DAN MENJADI SEMPURNA BAGI ANDA DAN SEMUA ORANG. SEMANGAT SELALU DAN TERUSLAH BERUSAHA, KARENA SEGALA SESUATU PASTI AKAN INDAH PADA WAKTUNYA SEPERTI LAYAKNYA SEEKOR ULAT YANG AKAN TUMBUH MENJADI KUPU-KUPU YANG INDAH.

Turut mengucapkan terima kasih kepada narasumber, Bapak Yanuar Harry dan juga terima kasih kepada Bapak Doni M.A.C yang telah berbagi pengalaman android kepada saya, serta segenap follower @droidindonesia, serta teman-teman di group whatsapp, kaskus, android-indonesia dan XDA yang sering support saya dalam segala hal.
Judul Kenapa Android Saya?
Deskripsi Artikel ini merupakan artikel lepas, sebuah artikel yang mengajak anda untuk instropeksi, oleh ka...
Author
Rating
4.5/ 5 Point
Share this article :

6 komentar:

  1. Trims infonya. Artikel ini memberikan 'pencerahan' & bermanfaat buat saya, terutama poin 2, 3, 4 & 6. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Sama2 gan :D
    Lam kenal juga :D

    BalasHapus
  3. mantap gan. biar grup kelas berat kmbali ke kodrat nya. ga diisi pertanyaan ì†'☋' 2 aja

    BalasHapus
  4. Wkwkwkwk.... :D
    Gak ikut2 dah ane :P

    BalasHapus
  5. maaf gan,saya kurang paham intinya,lha trs baiknya gmn kalo punya android ??

    BalasHapus
  6. Jadilah yg terbaik dengan mencoba dan jangan malu untuk bertanya :)

    BalasHapus

Translate

 
Support : @DroidIndonesia | M.A.C | Tips Droid
Copyright © 2013. Tips Droid - info | tutorial | tips dan trik | android - All Rights Reserved
Published by Tips Droid
Proudly powered by Blogger